Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Sendiri Terus Menerus

Apakah hp kamu merk Xiaomi? Apakah hp Xiaomi mu mengalami masalah suka restart sendiri terus-menerus? dan apakah kamu sekarang sedang mencari solusinya?. Maka kamu sekarang sudah berada pada situs yang tepat. Karena disini saya akan bagikan solusi mengenai cara mengatasi hp Xiaomi restart sendiri terus menerus.

Smartphone produk dari Xiaomi telah menjadi gadget yang masyhur bagi semua kalangan. Terutama bagi masyarakat dengan budget kelas entry level. Pun begitu, bukan xiaomi namanya kalau tidak bisa memanjakan penggemarnya, meskipun ia memberikan produk dengan harga murah, namun performa dan keawetan hp-nya boleh diadu.

cara mengatasi hp xiaomi restart sendiri terus menerus

Termasuk saya sendiri juga pengguna Xiaomi. Awal-awal saya menjatuhkan pilihan pada Redmi 4X, tanpa kemudian memperdebatkan perbedaan Xiaomi dan Redmi, saya anggap sanak saudara. Masih sangat teringat di kepala, hp ini saya miliki pada saat masa awal rilis Mobile Legend.

Pada saat itu Redmi 4X masih enak-enak aja buat main Mobile Legend, tapi kalau sekarang ya maksa. Beberapa waktu berlalu, suatu ketika ada teman yang jual Redmi 7 dengan harga 1,9 juta pada tahun 2018, ini kalau tidak salah sih.

Karena Redmi 4X masih menggunakan Hybird Simcard, sedangkan saya butuh memasang dua simcard dan satu kartu memory, akhirnya terpaksa Redmi 4X yang masih dalam kondisi oke-oke saja itu, saya tukar tambah dengan Redmi 7.

Dan sejak saat itu saya menggunakan hp perjuangan Redmi 7 sampai sekarang. Selama penggunaan tidak begitu ada kendala berarti. Sangat cukup untuk kebutuhan mobilitas kerja, yang penting bukan untuk kebutuhan yang aneh-aneh.

HP Xiaomi Restart Sendiri

Hanya saja, beberapa waktu yang lalu ada yang aneh dengan hp Xiaomi saya, setelah aplikasi tema bawaan hp Xiaomi hilang, tampilan layar tiba-tiba mati sendiri sebelum waktunya. Namun ketika saya menemukan kejanggalan itu, tidak saya indahkan. Biarkan begitu saja.

Tapi tidak berselang lama, kok tiba-tiba restart-restart sendiri, kalau perlu restartnya itu terus menerus sampai bikin hp panas. Jadi kasus hp xiaomi restart terus menerus ini bukan karena bootloop yak, bukan tidak mau masuk ke menu utama, bukan.

Tidak tinggal diam, saya berinisiatif untuk mematikannya saja. Kasihan hp jadi panas gara-gara masalah ini. Setelah hp xiaomi saya masuk ke menu utama, segera saya matikan.

Pada saat itu saya sedang di luar rumah. Setelah hp saya matikan, seketika saya segera otw pulang ke rumah. Tanpa disangka tanpa diduga, setelah sampai rumah, ambil hp, kok ya ternyata hp hidup sendiri.

Hmmmm, mulai terbaca permasalahannya dimana.

Penyebab HP Xiaomi Restart Sendiri

Untuk mendapatkan solusi yang tepat, tentunya perlu dicarikan faktor penyebab pastinya. Mungkin beberapa dari kalian sudah mencari informasi dari kanal lain dengan beragam solusi. Atau bahkan sudah pernah mempraktekannya tapi tidak berhasil.

Solusi yang akan saya bagikan bisa kalian gunakan apabila hp Xiaomi restart sendiri dengan tiga gejala seperti di bawah ini :

1. Bukan Bootloop

Bootloop, ntah bagaimana penulisan yang benar, adalah mal-kondisi pada smartphone dimana sistem operasi hp tidak bisa ke dalam menu utama. Pada smartphone android ditandai dengan sistem operasi hanya mandek pada saat mau masuk, jadi hanya muncul tulisan android saja.

Apabila hp Xioami kalian mengalami hal demikian, tutorial ini bukan solusi yang tepat. Pasalnya jika hp mengalami bootloop, maka cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reboot ulang hp atau kemungkinan dengan tindak flash-ing hp ke servis hp terdekat.

Namun, apabila kalian mengamati hp masih ada kesempatan untuk masuk ke menu utama tapi tiba-tiba restart sendiri maka lanjutkan membaca tutorial ini.

2. Layar HP Mati Sendiri

Gejala kedua adalah layar hp suka mati sendiri. Pada hp kondisi normal, setelah pemakaian biasanya setting normalnya akan membiarkan layar terus hidup sampai beberapa detik kemudian akan mati dengan sendirinya, sesuai dalam pengaturan layar hp.

Namun sangat berbeda dengan kasus hp Xioami restart terus menerus disini. Gejala yang muncul adalah layar hp tiba-tiba suka mati sendiri, padahal dalam menu pengaturan, settingannnya layar akan mati setelah 30 detik, umpamanya.

3. HP Xiaomi Nyala Sendiri

Seperti saya singgul di awal, hp Xiaomi saya mengalami gejala yang aneh. Padahal hp sudah dimatikan, tapi setelah ditinggal dalam perjalanan, sesampainya di rumah ternyata hp sudah dalam kondisi menyala.

Artinya, hp Xiaomi bisa menyala sendiri tanpa kalian hidupkan. Jangan-jangan ada hantu yang usil, hiiiiii. Pastinya bukan faktor mistis yak.

Lantas apa yang menjadi penyebab hp Xiaomi restart terus menerus?

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus

Informasi dari beberapa kanal menyebutkan bahwa solusi dari permasalahan ini adalah mengganti baterai hp Xiaomi dengan yang baru. Namun faktanya, di luar sana mereka yang sudah mencoba ternyata hp tetap saja restart-restart sendiri.

Penyebab hp Xiaomi restart sendiri adalah terjadi kerusakan pada tombol on/offnya. Sehingga, solusi yang tepat adalah dengan mencoba mengoprek bagian tombol on/off pada hp Xiaomi. Atau bisa menggantinya dengan hardware berupa kuningan tombol on/off hp Xiaomi.

Hardware ini bisa kalian beli di situs jual beli dengan kisaran harga 70 ribuan.

Jadi, sebenarnya simpel untuk mendeteksi kerusakan hp Xiaomi dengan gejala restart terus menerus. Permasalahannya bukan terletak pada software-nya, melainkan memang bagian tombol on/off nya perlu diperbaiki atau diganti.

Kerusakan hardware-nya ini menyebabkan seolah-olah tombol on/off terus menekan, padahal kita tidak menyentuhnya sama sekali.

Oleh karenanya, jika mengalami hal demikian, hp Xiaomi restart terus menerus, solusinya bawa saja ke tukang service hp terdekat. Nggak mahal biayanya, dan hp Xioami kamu bisa normal kembali.