Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Molase dari Gula Merah Sendiri di Rumah

Keberhasilan proses pembuatan fermentasi pakan ternak sangat bergantung kepada bahan-bahan harus disediakan peternak, selain Suplemen Organik Cair (SOC), ada satu bahan yang tidak boleh ketinggalan, yakni Molase. Peternak bisa mendapatkan molase dengan membelinya di toko online atau di toko peternakan. Namun, sebenarnya molase bisa kita buat sendiri. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat molase dari gula merah sendiri di rumah.

Molase atau tetes tebu, biasanya digunakan oleh masyarakat di Indonesia sebagai salah satu komponen penting dalam dunia peternakan dan pertanian. Pasalnya, molase merupakan sumber gula dan vitamin yang bermanfaat untuk mengaktifkan mikroba pada media tanam dan bisa membantu proses fermentasi dalam pembuatan pakan ternak.

Penggunaan molase dalam dunia peternakan, biasanya digunakan sebagai campuran pakan. Hasil dari percampuran molase ini dapat membuat pakan menjadi lebih lunak sehingga membuat pakan lebih mudah dicerna hewan ternak. Jadi, sangat penting bagi peternak mengetahui fungsi molase sebagai salah satu komponen penting dalam menjalankan industri peternakan.

Bagi para peternak yang memang sedari awal sudah menyiapkan modal lebih, mungkin tidak perlu khawatir dengan harga molase yang ada di kisaran 80 – 90 ribuan. Tetapi, kalau molase sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah kenapa tidak, hitung-hitung juga sebagai siyasah untuk menekan cost yang dikeluarkan.

cara membuat molase dari gula merah

Dengan memanfaatkan Gula merah sebagai bahan utama molase, kita bisa memenuhi B1, karbohidrat, kalsium dan zat besi yang dibutuhkan tumbuhan dan ternak untuk mendapatkan hasil panen yang terbaik. Maka dari itu dibawah ini akan kami bagikan cara membuat tetes tebu atau molase yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Cara Membuat Molase dari Gula Merah

Membuat molase sendiri di rumah sangat mudah sekali. Kita cukup memanfaatkan perlengkapan-perlengkapan yang ada di rumah, ditambah beberapa bahan utama yang sangat mudah didapatkan.

Ada beberapa bahan dan perlengkapan yang perlu disediakan untuk mempermudah pembuatan molase, sebagai berikut.

Bahan dan Perlengkapan Membuat Molase dari Gula Merah

Bahan :

  • Gula merah 500 gr
  • Gula putih 500 gr
  • Air putih 1 liter

Perlengkapan :

  • Tlenan / tatakan
  • Pisau
  • Gelas ukur
  • Panci
  • Pengaduk
  • Botol bekas

Langkah Membuat Molase dari Gula Merah

  1. Panaskan air putih sebanyak 1 liter tadi menggunakan panci sampai mendidih
  2. Sambil menunggu air mendidih, kita bisa siapkan gula merah dengan mengirisnya tipis-tipis agar mudah larut
  3. Setelah air mendidih, masukkan gula pasir 500 gr ke dalam panci sambil diaduk sampai larut
  4. Jika gula pasir sudah benar-benar larut, masukkan gula merah yang sudah diiris tadi ke dalam panci
  5. Aduk terus sampai gula merah larut. Catatan, jangan terlalu lama, karena dikhawatirkan gula merah akan menjadi karamel
  6. Angkat panci dan biarkan sampai dingin
  7. Masukkan ke dalam botol untuk disimpan.

Molase buatan sendiri sudah jadi dan bisa digunakan kapan saja, baik untuk campuran bahan pembuatan pakan fermentasi ternak maupun penyubur tanaman.

Bagaimana? Cukup mudah mudah bukan proses pembuatannya?

Hasil larutan sebagaimana takaran di atas bisa menghasilkan molase kurang lebih 1,5 liter. Untuk menghasilkan molase yang lebih banyak, Anda tinggal menambahkan saja takaran gula merah, gula pasir dan air putihnya.

Mengenai dosis pengaplikasiannya, per 10 ml molase yang telah dibuat tadi bisa dicampur dengan 10 liter air biasa. Dengan mengetahui cara membuat molase dari gula merah sendiri di rumah dan Anda mau membuatnya, tentu hal ini bisa membuat kantong lebih irit, hewan ternak bisa tambah gemuk dan tanaman Anda dapat lebih subur.

Terima kasih sudah berkunjung ke laman kami. Semoga artikel peternakan dari kami bermanfaat untuk pembaca sekalian.