Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol On/Off (Karena Tombol Rusak)

Xiaomi adalah satu brand hp yang banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia dewasa ini. Tidak hanya sekarang saja, namun produk hp Xiaomi sudah lama digandrungi karena harga dan bandelnya produk. Tapi yang namanya barang elektronik, lama pemakaian pasti mempengaruhi performa dan beberapa fungsi hp, sebagaimana yang saya alami sekarang, tombol On/Off hp xiaomi saya rusak. Maka, disini saya akan berbagi tentang cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol On/Off, teman-teman yang berkunjung kesini pasti membutuhkannya atau mungkin buat jaga-jaga jika suatu saat mengalami hal yang sama.

Seperti pada artikel beberapa waktu yang lalu, hp Redmi 7 saya mengalami restart terus menerus. Kemudian saya bawa ke tukang servis dan walhasil problemnya terletak pada tombol on/off yang rusak. Dimana terjadi malfungsi di dalamnya yang membuat hp seakan menekan tombol on/off terus-menerus sehingga hp menjadi restart-restart sendiri.

cara menghidupkan hp xiaomi tanpa tombol on/off

Setelah diservis tipis-tipis, hp saya kemudian berfungsi normal, hanya saja memang ada yang kurang nyaman sih, pasalnya tombol kurang membal. Kendati begitu, saya tidak terlalu mempermasalahkannya. Saya pun juga kirim pesan ke tukang servisnya untuk janjian kapan-kapan untuk disempurnakan lagi.

Sayangnya, karena kesibukan dan memang hp Redmi 7 ini satunya-satunya, membuat saya belum ada kesempatan untuk kembali ke konter. Sampai kemudian kemarin lusa tombol on/off hp saya rusak total, tidak membal sama sekali. Bingung juga saat mengalaminya, ini gimana cara menyalakan dan mematikan hp.

Setelah mencoba mencari beberapa trik yang bertebaran di internet, saya dapatkan trik jitu yang cocok dengan hp Redmi 7. Bagaimana triknya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Menyentuh Tombol On/Off

Pastinya membuat kita khawatir ketika hp tidak bisa dihidupkan sebab kerusakan pada tombol On/Off, apalagi mungkin beberapa data penting ada di dalamnya.

Sekarang kamu tidak perlu mengkhawatirkannya, setidaknya trik yang akan saya bagikan disini bisa sedikit membantu kamu sebelum hp dibawa ke tempat service untuk diperbaiki secara sempurna.

Cara menghidupkan hp Xiaomi tanpa menyentuh tombol On/Off ini bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan hp Xiaomi-mu yang mati dan charge-nya
  2. Colokkan kepala charger ke stopkontak
  3. Tekan dan tahan tombol volume atas
  4. Colokkan kabel charge ke hp sebagai pancingan agar menyala
  5. Jika kamu berhasil, maka tampilan hp akan masuk ke menu “recovery” seperti di bawah ini
    cara menghidupkan hp xiaomi tanpa tombol on/off 1
  6. Tunggu dan biarkan 2-3 menit tampilan seperti itu, hp akan masuk ke menu utama
  7. Hp Xiaomi-mu yang tombol on/off-nya rusak sudah bisa dinyalakan.

Bagaimana? Mudah kan?

Setelah hp bisa menyala, tentunya kamu masih dihadapkan dengan cara mematikannya. Bagaimana mau mematikannya, wong tombol on/off-nya rusak. Tenang, bagi pengguna hp Redmi 7, di dalamnya sudah tersedia fitur mati/hidup otomatis yang bisa dimanfaatkan. Setidaknya dengan cara ini kamu dapat memberikan waktu jeda untuk hp-mu beristirahat.

Kasihan juga kalau hp nyala terus.Nah, berikut ini langkah selanjutnya yang perlu kamu setting di hp kamu.

Langkah mengaktifkan fitur “Jadwal daya hidup/mati” hp Xiaomi

  1. Silahkan pergi ke menu “Setelan”
  2. Pilih menu “Baterai dan persorma”
  3. Klik tab “Baterai”
  4. Kemudian pilih “Jadwal daya hidup/mati
  5. Aktifkan tab waktu daya hidup dan waktu daya mati serta tentukan jamnya.

Tips : Kamu bisa memilih waktu malam sebagai jadwal hp untuk beristirahat. Sehingga dalam pengaplikasiannya, Pukul 00.00 WIB dijadikan patokan untuk pengisian “waktu daya mati” dan Pukul 06.00 WIB untuk mengisi “waktu daya hidup”. Dengan begitu hp kamu setiap tengah malam akan mati secara otomatis dan akan hidup secara otomatis pada pagi hari.

Demikian tips dan tutorial kali ini tentang cara menghidupkan hp Xiaomi tanpa tombol on/off. Semoga dapat membantu kamu yang tombol hp-nya sedang rusak. Bisa jadi tips di atas belum tentu bisa diterapkan pada merk hp lainnya. Jadi, selamat mencoba.

Jika sudah ada waktu, segera bawa ke tukang servis yak hp-nya.

Salam.