Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Sepeda Motor Bebek Paling Tangguh Irit yang Pernah Ada di Indonesia

Meski banyak ragam inovasi dari perusahaan-perusahaan motor, dalam perjalanannya sampai sekarang masih banyak masyarakat yang setia sebagai pengguna motor bebek. Kali ini kita akan bahas 7 sepeda motor bebek paling tangguh irit yang pernah ada di Indonesia.
sepeda motor bebek paling tangguh irit

Ada ragam alasan mengapa sebagian besar masyarakat di Indonesia masih menjadikan motor bebek sebagai primadona. Pun dewasa ini banyak sekali inovasi-inovasi dari perusahaan motor untuk semakin me-modern-kan produk mereka.

Seperti motor-motor keluaran terbaru yang rata-rata dibekali cc mesin tinggi, body motor yang semakin lega dan sporty, sistem mesin injeksi, ditambah adanya fitur-fitur sarat teknologi lainnya dengan kesan lebih futuristik.

Pun begitu, bisa kita buktikan di lingkungan sekitar. Sebanyak atau sepunya apapun motor yang dimiliki di rumah, ntah itu matic semacam Vario Injeksi, Scoopy, NMax, atau PCX – pasti ada space di bagasi rumah minimal satu sepeda motor bebek. Betul nggak?

Beberapa hal yang menjadikan alasan mengapa motor bebek masih digemari di Indonesia diantaranya karena ketangguhan mesin dan konsumsi bbm yang ramah kantong, tentunya motor bebek 4 tak ya.

Sepeda Motor Bebek Paling Tangguh Irit di Indonesia

Fakta, masih banyak pengguna sepeda motor bebek di Indonesia. Sebut saja Honda Astrea Supra 100 cc salah satunya, motor bebek paling irit dengan mesin bandel cocok untuk segala medan. Motor paling irit ini merupakan motor yang kuat untuk naik gunung dan jarak jauh juga. Meskipun hanya motor bebek, tapi tidak perlu diragukan ketangguhan mesinnya.

Berikut ini daftar sepeda motor bebek paling tangguh dan irit yang pernah ada di Indonesia :

  1. Honda Astrea Supra
  2. Yamaha Vega R
  3. Honda Astrea Grand
  4. Yamaha Jupiter
  5. Honda Revo
  6. Supra X 125
  7. Suzuki Smash

1. Honda Astrea Supra

sepeda motor bebek paling tangguh irit 1

Motor bebek paling tangguh dan irit yang pertama adalah Honda Astrea Supra. Sudah dipastikan tidak ada yang meragukan setangguh dan seirit apa motor Honda satu ini. Mengusung mesin berkapasitas 100 cc dengan kode C100 SOHC 2 Valve Air Cooled (C100), menjadikannya sebagai motor paling irit yang pernah ada di Indonesia.

Pengaplikasian mesin ini digunakan pada Astrea Supra baik pada generasi pertama (1997-2001) maupun kedua (2001-2005) dengan penambahan “X” di belakangnya. Pun hanya dibekali 100 cc, Honda supra ini memiliki kompresi mesin lebih tinggi dibandingkan dengan motor sekelasnya yang membuatnya lebih bertenaga.

Selain itu, Pengguna Astrea Supra dimudahkan dengan perawatan kendaraan yang tidak gampang rewel, paling-paling cuma oli secara rutin. Seandainya perlu mengganti sparepat, juga tidak sulit untuk menemukannya, ketersedian sparepart Astrea Supra melimpah.

2. Yamaha Vega R

sepeda motor bebek paling tangguh irit 2

Sepeda motor bebek paling tangguh irit kedua yakni Yamaha Vega R. Berada di era yang sama dengan Astre Supra X, Yamaha Vega bisa dikatakan juga menjadi pelopor motor bebek mesin 4 tak pada masa tahun 2000-an.

Mulai diproduksi tahun 1999, Yamaha membekalinya dengan mesin berkapasitas 110 cc dengan daya tawar kepada konsumen berupa ketangguhan mesin dan ke-iritan konsumsi BBM.

Yamaha Vega R memiliki spesifikasi motor yang mumpuni dan masih layak digunakan sampai sekarang, diantaranya mesin SOHC 4 tak, kapasitas tangki 4,2 liter, sistem pendingin udara, pola transisi rotari, dan hanya dengan bobot 99 kg bisa membuatnya semakin tangguh diajak menempuh jarak jauh.

3. Honda Astrea Grand

sepeda motor bebek paling tangguh irit 3

Salah satu alasan mengapa Honda Astrea Grand ini laris di pasaran, apalagi kalau bukan soal keiritannya. Ibarat kata, kecium bau bensin saja sudah bisa jalan. Ya, begitulah keunggulan Honda Astrea Grand.

Apalagi menghadapi situasi seperti sekarang dengan adanya kenaikan harga BBM, nggak ngaruh sama sekali. Dikala pemerintah menghimbau masyarakatnya untuk menggunakan Pertamax karena dinilai kualitas lebih baik dari Pertalite, himbauan ini sepertinya tidak berlaku bagi pengguna Astrea Grand, muntah kalau diisi Pertamax, wakakakakak.

Ibaratnya semacam itu kalau soal keiritan Honda Astrea Grand. Lantas bagaimana mengenai ketangguhannya? Jawabannya cukup sederhana. Kalau tidak tangguh, mana mungkin petani-petani menjadikannya tunggangan untuk naik turun ke ladang yang ada di gunung buat angkut hasil panen, jerami untuk pakan sapi, rambanan dan lain sebagainya.

Sampai sini sudah jelas ya? :D

4. Yamaha Jupiter Z

sepeda motor bebek paling tangguh irit 4

Yamaha Jupiter Z juga termasuk dalam kategori sepeda motor bebek paling tangguh irit. Pasalnya, apalagi generasi pertama, Jupiter Z dikenalkan ke publik sebagai motor bebek CDI dengan limiter tertinggi sehingga membuat tarikannya lebih bertenaga.

Masih ingat kan bagaimana iklannya, Komeng kalau naik Jupiter Z pakaiannya bisa sampai dedel duwel karena sangking kencengnya motor ini, hehe.

Jupiter Z pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001, dengan tampilan sporty, aerodinamis, ditambah body bagian belakang agak njungking, menjadikannya motor anak muda paling diidam-idamkan.

Oleh Yamaha, Jupiter Z dipasangkan mesin SOHC bervolume silinder 101,8 cc, berpendingin udara dengan perbandingan kompresi 9:1 membuatnya mampu berlari kencang tetapi tetap ramah konsumsi BBM. Pada perkembangannya, karena pasar cukup menjanjikan, Jupiter Z diupgrade desainnya layaknya seperti kepala burung hantu dan pada gilirannya lahir lah Jupiter MX.

5. Honda Revo

sepeda motor bebek paling tangguh irit 5

Hayoo siapa yang tegang ketika melihat Honda Revo ini? Pasalnya motor bebek jenis ini sebagian besar digunakan oleh para pegawai leasing motor yang bertugas untuk menagih hutang kepada para nasabah hehe...

Honda Revo merupakan salah satu motor favorit khususnya bagi kalangan pria karena motor ini nyaman dikendarai. Keunggulan dari Honda Revo ini adalah berkarakter dinamis, lebih gesit dan sporty. Revo karbu saja sudah menawarkan keiritan BBM yang luar biasa, apalagi yang sudah dibekali dengan sistem PGM-FI, iritnya na’udzubillah

Pada bagian depan, Honda Revo memiliki front cover belekuk dan sirip udara yang membuatnya terlihat lebih garang, nah maka dari itu motor ini khas sekali dengan tampilan pegawai leasing.

6. Supra X 125

sepeda motor bebek paling tangguh irit 6

Motor bebek berikutnya adalah Honda Supra X 125, adalah generasi penerus dari Honda Astrea Supra X 100 cc. Supra X 125 bisa nobatkan sebagai sepeda motor bebek paling tangguh dan irit bbm sampai sekarang. Tidak mengherankan di tengah gelombang motor matic dengan cc besar pun masih banyak yang menjadikannya teman dalam beraktifitas harian.

Ada dua tipe mesin Supra X yang dikeluarkan Honda, yakni mesin karburator dan PGM-FI atau mesin injeksi. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Barangkali untuk X 125 injeksi perlu perawatan lebih telaten dibandingkan Supra Karbu.

Honda Supra X 125 mesin karbu bisa dikatakan sebagai motor bebek dengan mesin yang tangguh, mudah dalam perawatan, tangguh, dan irit. Pantas jika motor ini disebut sebagai motor bebek terbaik untuk jarak jauh.

7. Suzuki Smash

sepeda motor bebek paling tangguh irit 7

Si Gesit Irit dari Suzuki, ya, Smash, salah satu produk unggulan Suzuki yang dihadirkan pada era tahun 2002-an. Berkapasitas mesin 110 cc, body aerodinamis, pelopor motor bebek 4 tak berpenampilan sporty, menjadikan Suzuki Smash banyak digemari anak muda pada masa itu.

Memang pada masa itu pabrikan motor berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah produk kendaraan bermotor yang bisa memenuhi standart pasar Indonesia, jadi persoalan ketangguhan dan keiritan BBM Suzuki Smash bisa diadu.

Pada tahun berikutnya, Suzuki memunculkan versi terbaru dari Suzuki Smash dengan hadirnya Smash SR, yakni varian Smash dengan tampil lebih sporty lagi ditambah pengaplikasian rem tromol dan cakram, sporty striping, dan velg racing.

Inovasi itulah yang kemudian membuat Suzuki Smash semakin naik daun karena bisa memenuhi hasrat konsumen di Indonesia untuk memiliki motor lebih sporty tapi dengan harga yang murah.

Sekian pembahasan kali ini, semoga artikel tentang 7 sepeda motor bebek paling tangguh irit yang pernah ada di Indonesia bisa menjadi tambahan referensi bagi pembaca sekalian.

Salam.

Silahkan klik link mobil sedan bekas murah bagi pembaca yang mencari informasi tentang sedan klasik yang masih digandrungi oleh pasar hari ini.