Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Tema HP Xiaomi Hilang, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Enak-enak lagi streaming di handphone kesayangan, Redmi 7, tiba-tiba ada notif dari Google Play Store. Disitu menerangkan ada deteksi virus membahayakan pada aplikasi tema MIUI, sehingga membuatnya harus dihapus. Lho, kalau dihapus nggak bisa ganti tema dong?. Artikel kali ini akan membahas cara mengatasi aplikasi tema hp Xiaomi hilang.

Mengenai aplikasi tema pada hp Xiaomi yang hilang, terdapat beberapa spekulasi tentang penyebabnya. Apakah memang ada kesengajaan dari pihak Xiaomi yang membuatnya terdeteksi sebagai virus? Atau memang ini bug sementara? Atau memang hal ini disebabkan Google Protect melakukan kesalahan deteksi?. Nanti akan kita bahas lebih lanjut.

aplikasi tema hp xiaomi hilang

Namun, yang jelas pada kasus ini berefek pada hilangnya menu tema pada hp Xiaomi kita. Sehingga, kita tidak bisa lagi mengganti tampilan tema hp melalui aplikasi bawaaan seperti biasanya.

Cara mengembalikan Aplikasi Tema HP Xiaomi yang Hilang

Perlu diketahui, tutorial yang akan kita bagikan disini bersifat sementara, artinya tidak ada jaminan akan berhasil atau kembali berjalan normal. Pasalnya, dalam beberapa kasus, ada teman yang setelah melakukan tutorial ini kemudian merestartnya, tema kembali hilang.

Namun, dalam kasus yang saya alami , setelah mengikuti tutorial yang bersumber dari laman resmi Xiaomi, meskipun hp sudah direstrart aplikasi tema bawaan di hp saya tetap ada.

Jadi, teman-teman yang mengalami kejadian serupa tidak ada salahnya juga mencoba tutorial yang akan saya bagikan di bawah ini.

Langkah-langkah Mengembalikan Aplikasi Tema HP Xiaomi

  1. Buka hp Xiaomi kalian
  2. Silahkan pergi ke menu “Setelan” atau pengaturan
  3. Kemudian pilih menu “Aplikasi”
  4. Selanjutnya pilih menu “Kelola Aplikasi”
  5. Klik “titik tiga” pada bagian kanan pojok atas layar
  6. Pilih “Setel ulang preferensi apl”
  7. Setelah itu akan muncul notifikasi peringatan pada layar, langsung saja pilih “Setel ulang apl”
  8. Silahkan kembali ke menu utama, dan lihat aplikasi tema bawaan Xiaomi sudah muncul kembali

Seperti keterangan sebelumnya, tutorial ini bersifat sementara. Untuk mengatasi aplikasi tema bawaan hp Xiaomi kembali diblokir Google Play Protect, silahkan “Uninstall Pembaruan” pada aplikasi tema.

Caranya dengan tekan tahan pada menu aplikasi tema. Selanjutnya pilih “Info apl”. Kemudian scroll ke bawah dan pilih unistall pembaruan.

Silahkan masuk ke aplikasi tema bawaan hp Xiaomi teman-teman, apakah sudah kembali normal? Ya iya dong. Sudah bisa digunakan buat ganti tampilan hp kamu? Ya jelas iso tho mas brow.

Sebagai catatan, jangan kaget seandainya setelah menggunakan tutorial ini kemudian nama-nama kontak aplikasi chat WhatsUp tiba-tiba hilang, hanya tertulis nomor hp-nya saja. Tidak perlu khawatir, itu hanya faktor teman-teman telah mensetel ulang preferensi aplikasi.

Teman-teman tinggal membuka aplikasi yang barangkali urgen, seperti aplikasi kontak atau aplikasi yang lainnya, dan tinggal memberikan izin akses di setiap aplikasi yang teman-teman buka. WA yang sebelumnya tanpa nama akan kembali normal seperti semula.

Penyebab Aplikasi Tema HP Xiaomi Hilang

Melansir dari salah satu artikel di xiaomiui.net yang berjudul ¬“MIUI Themes app got banned from Playstore [Updated: Problem Fixed]”, pihak Xiaomi mengkonfirmasi bahwa seminggu lalu sejak artikel ini diterbitkan, banyak pengguna melaporkan bahwa aplikasi tema bawaan Xiaomi oleh pihak Google Play Protect dianggap sebagai aplikasi berbahaya.

Pihak Xiaomi sendiri juga belum mengetahui alasan pasti mengapa Google Play Protect mendeteksi aplikasi tema MIUI tersebut sebagai malware.

Pun demikian, bukan Xiaomi namanya kalau tidak segera memberikan servis terbaik bagi pelanggan untuk menyikapi kasus ini. Xiaomi melalui rilis artikel tersebut menerangkan, masalah itu hanya bersifat sementara, mereka memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut, diantaranya dengan meng-update aplikasi tema ke versi V2.1.0.3-global.

Semoga artikel mengenai aplikasi tema HP Xiaomi hilang bisa membantu teman-teman mengatasi kasus serupa seperti yang saya alami.

Salam.