Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Grand Whiz Hotel Bromo: Fasilitas, Harga Kamar dan Pengalaman Menginap

Artikel ini adalah pengalaman saya menginap di Grand Whiz Hotel Bromo. Disini akan saya bagikan informasi mengenai fasilitas, harga kamar dan pengalaman menginap di salah satu hotel dalam rangkaian liburan ke gunung Bromo.

Ceritanya, beberapa waktu yang lalu, kantor saya mengadakan acara liburan untuk seluruh pegawainya, dan Gunung Bromo menjadi pilihan untuk mengisi liburan akhir tahun 2022 ini.

Singkat cerita, tanggal, teknis pemberangkatan dan tempat menginap sudah diputuskan. Persiapan seadanya dari rumah dan saya berangkat bersama rombongan kantor menuju ke Probolinggo, sebelum melanjutkan rangkaian liburan ke destinasi wisata di Gunung Bromo dan sekitarnya.

review grand whiz hotel bromo

Pastinya dari setiap yang ikut rombongan ada motivasi tersendiri untuk mengikuti liburan akhir tahun ini, ada yang memang ingin refreshing untuk melepas penat dan mungkin ada yang tidak mau kehilangan kesempatan karena liburan ke gunung Bromo ini adalah pengalaman untuk pertama kalinya.

Berbeda dengan kedua motif di atas, saya lebih punya keinginan untuk merasakan pengalaman menginap di salah satu hotel yang berada di area wisata gunung Bromo ini, yakni Grand Whiz Bromo Hotel.

Pada tanggal yang ditentukan, saya dan rombongan berangkat dari Kabupaten Trenggalek ke Probolinggo menggunakan dua armada bus. Lama perjalanan ini kurang lebih memakan waktu 5-6 jam untuk sampai ke lokasi penginapan dengan melalui jalur tol.

Barangkali melalui review hotel kali ini bisa menjadi referensi bagi kalian yang membutuhkan informasi mengenai penginapan Bromo via Probolinggo.

Grand Whiz Hotel Bromo: Penginapan Bromo Probolinggo

Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan dengan cuaca cukup panas, seketika suhu mendadak dingin sesaat ketika akan memasuki jalur menuju hotel. Apalagi pada saat itu dibarengi hujan turun sangat deras, menandakan saya hampir sampai ke tempat tujuan.

Tidak berselang lama kemudian, setelah melalui jalanan yang berkelok-kelok naik-turun, akhirnya bus dengan sopir handalnya berhenti di tempat parkir hotel. Segera saya dan rombongan mengambil bawaan masuk ke lobi hotel untuk membagikan kunci kamar.

review grand whiz hotel bromo 1

Pada saat pertama kali menginjakkan kaki di halaman depan hotel, sudah sangat terasa bagaimana suasana sejuk nan dingin khas Bromo. Nampak sekilas bangunan hotel yang menurut saya menambah nuansa klasik pedesaan.

Informasi dari salah satu kanal menyebutkan, sebelum bernama Grand Whiz Hotel Bromo, merupakan hotel yang saat pendiriannya diresmikan oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto.

Namun dalam perjalanannya, hotel tersebut harus ditutup pada tahun 1997 karena adanya krisis moneter. Kemudian pada tahun 2017 hotel tersebut dibuka kembali dan dikelola oleh Intiwhiz Internasional, semacam penyedia manajemen hotel. Jadilah hotel ini beroperasi kembali seperti sekarang dengan nama Grand Whiz Hotel Bromo .

Maka tidak mengherankan, jika kesan pertama saat melihat model bangunan dari hotel ini terdapat nuansa klasik. Bagi kamu yang suka nuansa klasik tentunya hal ini justru menambah kesan menginap disini.

Seusai pembagian kunci kamar, saya dan rombongan lekas menuju kamar masing-masing untuk menaruh barang bawaan dan istirahat.

Sejauh mata memandang saat perjalanan menuju kamar, saya bisa melihat dan merasakan nuansa sejuk nan asri dari hotel ini. Tidak hanya bersih, nuansa yang ditawarkan dari hotel ini benar-benar bisa memberikan rasa nyaman bagi pengunjungnya.

review grand whiz hotel bromo 2

Sebagai salah satu penginapan Bromo terbaik, nampak tersedia beberapa fasilitas disana diantaranya; kolam renang, kebun binatang mini, hall untuk pertemuan, camp ground (tempat camping terbuka), dan di sudut sebelah gerbang masuk hotel terdapat tempat nongkrong terbuka dengan konsep pujasera.

Fasilitas-fasilitas tersebut harusnya bisa saya nikmati, namun sayang, karena kebetulan pada saat itu hujan turun lumayan deras, melihatnya saja sudah cukup, kapan-kapan lagi kalau ada rezeki lebih, main kesana lagi bersama istri, hehe.

Sedangkan untuk fasilitas lainnya, kurang lebih seperti fasilitas hotel pada umumnya seperti; wifi gratis, loundry, resto, layanan kamar, resepsionis 24 jam, lapangan tenis dan ATV serta fasilitas umum lainnya.

Harga Kamar Grand Whiz Bromo Hotel

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi mengenai jenis kamar apa saja yang tersedia di salah satu rekomendasi penginapan di Bromo, Grand Whiz Bromo Hotel serta review mengenai fasilitas apa saja yang didapatkan tamu dan harga permalamnya.

review grand whiz hotel bromo 3

1. Capsule

Bagi para traveler tentu sudah tidak asing dengan hotel kapsul, sebuah kamar dengan konsep tampilan layaknya kapsul untuk menerobos dimensi ke masa depan, ya hotel ini menyediakan. Hotel ini menyediakan kamar kapsul sejumlah 36 kapsul.

Kamar kapsul ini hanya boleh diisi satu orang per kamar. Mengapa demikian? Memang ukuran kamar ini berukuran kecil, hanya muat untuk satu orang saja. Namun, di dalamnya banyak fasilitas yang bisa memanjakan kamu saat istirahat.

Seperti kasur dan bantal yang empuk, led tv, di dalam juga ada ac dengan setting ventilasi yang berimbang sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan udara yang pengap saat berada di dalamnya. Selain itu juga, kamu juga bisa menyesuaikan warna lampu di dalam sesuai dengan keinginan kamu. Pastinya kenyamanan bisa kamu dapatkan dengan segala fasilitas canggih dari kamar ini.

Untuk per malamnya Rp. 350.000.

2. Superior Room

Grand Whiz Hotel Bromo untuk kelas superior room menyediakan 45 kamar. Jika kamu mengambil kamar ini, kamu akan mendapatkan kamar dengan pemandangan langsung menghadap kolam renang.

Di dalamnya terdapat twin bad atau dua tempat tidur. Selain itu, di kamar ini kamu bisa menikmati bathub dengan air hangat yang tentu bisa menghangatkan suhu tubuh di tengah suhu dingin area gunung Bromo.

Selebihnya, seperti fasilitas kamar pada umumnya seperti; kamar mandi dalam, lcd tv, dan lain sebagainya. Kamar ini tidak ada ac-nya ya. Saya yakin penginapan di sekitar bromo sepertinya kebanyakan tidak menggunakan ac. Tanpa ac saja di sini sudah lumayan sejuk.

Kamar ini bisa kamu pesan dengan harga terbaru sebesar Rp. 750.000.

3. Deluxe Room

Untuk kelas deluxe, hotel bromo ini menyediakan sejumlah 20 kamar. Dengan harga yang beda sedikit dari sebelumnya, kamu bisa menikmati menginap bersama pasangan kamu disini dengan satu tempat tidur berukuran besar.

Mandi air hangat, tentu ada pastinya. Kamu akan semakin nyaman jika memilih kamar ini, pasalnya ia menyuguhkan pemandangan yang mendinginkan mata dengan view yang menghadap ke jalan raya ke arah gunung Bromo.

Namun juga tergantung sih, kalau pas yang lewat itu motor dengan knalpot brong, ngegas-ngegas, lagi pasti bikin suasana agak tidak nyaman. Kebetulan saya kebagian kamar deluxe ini, hehe

Tapi overall, semua fasilitas yang tersedia disini cukup untuk memberikan pengunjung kenyamanan selama menginap disini.

Harga terbaru yang ditawarkan untuk kamar kelas deluxe sebesar Rp.850.000 per malam.

Selain ketiga jenis kamar di atas, di hotel ini juga terdapat pilihan tempat menginap jenis villa, ada dua kelas diantaranya; standard dan VIP dengan harga Rp.2.000.000 dan Rp. 3.500.000 per malam.

Berdasarkan pemaparan harga kamar di atas, mungkin bisa dikatakan bukan penginapan murah di Bromo. Namun, persoalan mahal atau murah tentunya sangat tergantung isi dompet masing-masing. Toh melihat fasilitas yang ditawarkan oleh pihak hotel saya rasa cukup worth it, apalagi ini berada di kawasan wisata Gunung Bromo.

Tips Berlibur ke Gunung Bromo

Barangkali ini sebagai informasi tambahan saja, pasalnya saya dan rombongan keesokan dini hari melanjutkan agenda menuju ke destinasi wisata ke Gunung Bromo.

Bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke Gunung Bromo, biasanya yang menjadi momok adalah suhu yang cukup dingin. Oleh karenanya, perlu beberapa hal yang musti dipersiapkan agar liburanmu menyenangkan.

review grand whiz hotel bromo 4

Sedingin-dinginya suhu di Gunung Bromo, menurut saya dinginnya masih kategori bisa ditolerir kok, tidak sedingin yang dibayangkan. Tapi untuk kamu yang parno, alangkah baiknya tetap menyiapkan beberapa perlengkapan guna mengurangi suhu dingin ketika berada di sana.

Perlengkapan yang perlu dibawa diantaranya sebagai berikut:

  1. Jaket tebal
  2. Masker
  3. Sarung tangan
  4. Kaos kaki
  5. Sepatu
  6. Kupluk/ciet

Paling tidak enam perlengkapan di atas harus melekat di tubuhmu saat kamu naik ke gunung Bromo jika tidak ingin kedinginan. Kalau perlu, kamu kenakan dua baju/kaos dan celana sekaligus agar tubuhmu semakin hangat.

Pastikan satu hal lagi yang paling penting, yang haram untuk ditinggalkan sebagai prasyarat perjalanan liburan kamu, uang yang banyak. Alat satu ini membantu kamu mengatasi semua permalasahan selama liburan. Betul kan? 

Perjalanan dari Grand Whiz Hotel ke Gunung kurang lebih memakan waktu 1,5-2 jam, kalau tidak keliru, menggunakan jasa sewa Jeep yang ada di seputaran Bromo.

Selama perjalanan saya sempatkan ngobrol-ngobrol dengan sopir. Ia menjelaskan biaya sewa Jeep dari lokasi hotel Grand Whiz ini ke gunung Bromo dibandrol sebesar Rp.600.000 untuk satu kendaraan dengan kapasitas maksimal 5 orang pulang pergi.

Harga tersebut menyesuaikan dengan jarak lokasi penjemputan. Jadi, seandainya kamu memilih salah satu homestay di bromo yang jaraknya lebih dekat, tentu harganya akan lebih murah lagi.

Ketika berada di lautan pasir Bromo, kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang indah nan elok. Hamparan pasir yang sangat luas dengan banyak kumpulan mobil Jeep yang berjejer dan berlalu lalang disana.

review grand whiz hotel bromo 5

Disini kamu dapat ngopi-ngopi santai di deretan warung yang ada. Selain itu kamu bisa menikmati kawah gunung Bromo yang masih aktif yang letaknya lumayan jauh dari lokasi parkir di depan warung tadi.

Agar tidak terlalu capek, kamu bisa memilih menyewa jasa kuda kepada pemilik disana. Untuk harga sewa kuda ini cukup dengan uang sebesar Rp.50.000.

Nah, kalau ingin sekedar foto-foto denga pose menunggang kuda, kamu bisa mencoba ngobrol terlebih dulu dengan pemiliknya untuk meminta izin. Kalau beruntung bisa jadi kamu akan dapat foto dengan menunggang kuda dilengkapi view lautan pasir gunung Bromo gratis, lumayan kan bisa buat bahan stori dengan caption “nyunnah kanjeng nabi,” muehehe.

Kesimpulannya, hotel ini cukup menjadi alternatif tempat beristirahat ketika kamu berlibur ke gunung Bromo. Meskipun tidak bisa dikatakan murah, tapi ya worth it lah dengan segala fasilitas yang tersedia. Terutama bagi wisatawan yang datang dengan rombongan bus besar, pasalnya hotel ini merupakan satu-satunya hotel yang bisa dijadikan pos sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi utama wisata di gunung Bromo, selebihnya hanya bus ukurang sedang dan kendaraan kecil lainnya yang bisa naik.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan, tentunya masih banyak hal yang perlu saya tuliskan disini mengenai seputar tips liburan ke Bromo dan deretan homestay bromo murah lainnya yang barangkali dapat menambah referensi liburan akhir tahun.

Semoga informasi tentang Grand Whiz Hotel Bromo ini bermanfaat, dan selamat berlibur.