Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngaji Blog Bersama Mastah dan Newbie Blogger Trenggalek

KANGIZZA - Cerita ini bermula saat saya menjalani aktifitas dunia maya di rumah. Saat membuka facebook ada sebuah postingan dari salah satu mastah Blogger Trenggalek yang selama ini menjadi misteri sendiri bagi saya, Trigus Dodik Susilo pemilik situs mastrigus.com.

Blogger Trenggalek

Postingan tersebut semakin membuat semangat saya untuk ngeblog semakin tinggi, apalagi sebelum mendapat info ini—saya pernah mengutarakan keinginan pada artikel sebelumnya untuk belajar bersama para mastah dalam sebuah wadah Internet Marketers Nahdlatul Ulama (IMNU). Sayangnya sampai detik ini saya kesulitan untuk memperoleh keikhlasan mereka berbagi ilmu tentang internet marketing, khususnya di Kabupaten Trenggalek.

Semacam ketiban durian runtuh, keinginan saya tersebut akhirnya terpenuhi melalui postingan Mas Trigus yang mengadakan event kecil-kecilan dalam acara “Ayo Sinau Ngeblog Bareng-Bareng”, gratis. Sebenarnya saya juga ada acara lain yang jamnya bersamaan, karena tidak ingin melewatkan kesempatan emas ini—saya akhirnya berangkat untuk ngaji blog bersama mastah dan newbie Blogger Trenggalek.

Tepat hari ini, Ahad, 19 November 2017 agenda Ngaji Blog diselenggarakan, dimulai pada pukul 09.00 WIB bertempat di Kantor LPPM PAMA yang beralamatkan di Jl. Patimura, No. 17 Ngantru Kabupaten Trenggalek.

Berdasarkan postingan Mas Trigus—sebenarnya agenda ini diperuntukan untuk 20 peserta yang ingin belajar ngeblog khususnya untuk wilayah Trenggalek, namun setelah sampai di lokasi—ternyata tidak sedikit wajah-wajah lama yang nampak di sini, teman-teman dari Tulungagung bolo ngopi saat kuliah di IAIN juga banyak yang ikut gabung. Jadi selain mendapatkan barokah silaturahim dengan teman-teman baru—momen ini menjadi serasa reuni bareng.

Karena cuaca kurang bersahabat membuat banyak teman-teman yang hadir terlambat, termasuk saya sendiri, hehe. Acara dimulai sedikit molor dari jam yang sudah ditentukan. Kemudian acara dibuka oleh Mas Trigus dengan memaparkan beberapa materi yang akan dipelajari bersama para mastah dan newbie diantaranya,

  1. Belajar membuat blog
  2. Belajar membuat post blog
  3. Belajar research keyword
  4. Optimasi on-page & off-page

Forum ini merupakan forum belajar ngeblog pertama yang pernah saya ikuti, berkumpul bareng bersama mastah dan newbie Blogger Trenggalek dan Tulungagung—ditemani laptop, kopi dan tidak boleh ketinggalan sebungkus surya yang membuat forum Ngaji Blog ini semakin nikmat. Total peserta yang hadir dalam acara ini sejumlah 21 orang.

Berawal dari kegiatan semi formal blogging pertama yang saya ikuti ini, alhamdulillah sebagaimana teman-teman lihat sekarang, di beberapa bagian dalam blog saya sudah bisa menampilkan iklan Adsense.

Tentu proses blog saya untuk hanya sekedar menampilkan iklan AdSense ada cerita tersendiri. Semangat yang naik turun, otak-atik sana sini, ditolak pengajuan AdSense berkali-kali dan lain sebagainya.

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui bagaimana proses saya berjuang mendapatkan iklan Google AdSense, teman-teman bisa melanjutkan baca di artikel ini.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi blog dan membaca artikel saya, semoga teman-teman dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang lancar.

Salam.

Posting Komentar untuk "Ngaji Blog Bersama Mastah dan Newbie Blogger Trenggalek"