Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Tampilan Iklan Adsense Tidak Simetris pada Template Viomagz Versi Mobile

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya bulan September 2022, Mas Sugeng telah merilis update terbaru dari template viomagz-4.9.3 (06 September 2022). Sebagai member, tentunya hal ini membuat saya lebih bersemangat lagi ngeblog.

Pasalnya, setiap update-an dari template ini, pasti ada perbaikan-perbaikan dari Mas Sugeng untuk semakin meningkatkan performa Viomagz. Tanpa menunggu lama, melalui link member saya download rilis update template tersebut dan pasang di blog pribadi ini.

Sebelum dipasang, pastinya saya uji terlebih dulu performa website melalui pagespeed untuk membandingkan performa website sebelum dan sesudah pasang template viomagz terbaru.

Hasilnya bagaimana setelah dipasang?

Benar, performa website berdasarkan hasil uji tes melalui situs pagespeed meningkat dengan cukup signifikan baik pada tampilan versi web maupun mobile.

tampilan iklan adsense tidak simetris

Seketika nafsu positif untuk terus produktif menulis tulisan-tulisan bergejolak. Setiap hari, disela-sela menjalani pekerjaan offline sebagai pendamping PKH. Pikiran terus diajak untuk mencari ide keyword sebagai judul artikel yang akan saya tulis sesampainya di rumah.

Tapi, ya namanya ide yang sarat akan ketergantungan terhadap mood, setelah sampai rumah badan dan pikiran lelah minta diistirahatkan, jadinya tidak jadi menulis.

Paling rebah-rebahan di kamar sambil buka-buka Youtube, kalau nggak gitu mantengin traffic blog yang nggak naik-naik juga. Padahal sudah lama sekali punya impinan traffic blog ini rutin setiap hari paling sedikit 1000 blogview.

Biasalah keluhan blogger receh, muehehe.

Disela-sela rebahan tersebut, saat melihat tampilan mobile blog ini, tiba-tiba saya fokus pada tampilan iklan adsense bagian atas, tepatnya dibawah nama blog. Sepertinya ada yang aneh pada tampilan iklan adsense tersebut.

Setelah saya amati betul-betul, ternyata benar. Ada yang mengganggu pandangan saya. Setelah mengupdate template viomagz terbaru dari Mas Sugeng (viomagz-4.9.3), tampilan iklan adsense bagian atas pada tampilan mobile terlihat tidak simetris dan sangat terlihat seperti ada bagian tampilan iklan yang terpotong.

Sebenarnya hal ini bukan masalah yang serius sih. Cuma bagi saya sendiri kurang nyaman dilihat apabila tidak dicarikan solusi.

Tampilan Iklan Adsense pada Viomagz Tidak Simetris

Seperti biasa, untuk mencari informasi yang cepat dan tepat, saya lebih memilih browsing melalui Google Chrome dibandingkan harus menggunakan Youtube untuk mencari solusi dari permasalahan ini.

Sekaligus menghargai jerih payah pemuda-pemuda Indonesia yang hari ini sama-sama berjuang dan menikmati menjadi blogger, siapa tahu sudah ada yang menuliskan tips dan tutorial untuk menyelesaikan permasalahan tampilan iklan adsense tidak simetris pada Viomagz.

Setelah browsing, ternyata tidak ada yang berbagi tips soal ini.

Kalau sudah begini, solusinya cuma satu. Langsung bertanya ke empunya template, Mas Sugeng. Apabila kamu mengikuti bagaimana perjalanan blogging saya, pastinya sudah tahu, bagaimana humble seorang mastah satu ini.

Ia sangat terbuka untuk diajak berkonsultasi jika terjadi permasalahan seputar blogging, terutama mengenai produk template-nya. Khusus member lho ya tapi, muhehe.

Wal hasil, inbox gmail di laptop saya buka. Kemudian scroll untuk mencari riwayat percakapan dengan Mas Sugeng. Pesan disiapkan, ketik dan kirim pesan ke alamat email-nya.

Keesokan harinya saya dapat balasan darinya, dan di bawah ini solusinya.

Cara Mengatasi Iklan Tidak Simetris dan Terpotong pada Viomagz Mas Sugeng

Saya yakin, artikel ini tidak lah banyak yang mencari. Pasalnya sekilas melihat riset kata kunci kecil-kecil-an hasilnya juga 0. Kebetulan saat saya menulis artikel ini belum memiliki ide atau topik sebagai bahan tulisan, makanya artikel ini saya tulis.

Hitung-hitung membantu teman-teman blogger sesama pengguna viomagz dan sekaligus membantu Mas Sugeng untuk menjawab member yang lain.

Dan saya sangat yakin, berdasarkan topik yang saya bahas ini pasti pageone. Karena memang belum ada saingannya, wakakakakak.

Kejanggalan tampilan iklan pada template terbaru Mas Sugeng ini hanya terjadi pada tampilan mobile saja, untuk tampilan web aman-aman saja.

Begini solusi dari empunya template yang dibagikan kepada saya.

Tambahkan kode berikut ini ke dalam widget “Custom CSS” :

@media only screen and (max-width: 480px) { 
.bellow-header-widget, .bellow-header-widget2 {
margin: 0;
}}

Kemudian lihat hasilnya. Berdasarkan pengalaman, permasalahan tampilan iklan adsense tidak simetris ini bisa teratasi. Sehingga membuat tampilan blog pada versi mobile lebih enak dipandang oleh pembaca.

Terimakasih sudah mampir, semoga bermanfaat.