Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lagu IPNU-IPPNU: Lirik Mars IPNU, Mars IPPNU dan Hymne Pelajar NU Lengkap

Menjadi seorang kader dalam sebuah organisasi wajib hukumnya hafal mars dari organisasi tersebut. Tidak terkecuali bagi kader IPNU-IPPNU. Kami bagikan kepada pembaca lagu IPNU-IPPNU: lirik Mars IPNU, Mars IPPNU dan Hymne Pelajar NU.

Selain Mars, masyhurnya bagi sebuah organisasi juga memiliki Hymne. IPNU-IPPNU juga memiliki hymne dengan nama Hymne Pelajar NU. Barangkali di sini rekan-rekanita masih banyak yang belum terbiasa menyanyikannya saat acara-acara organisasi karena tidak hafal atau mungkin malah belum tahu.

Oleh karenanya, kami juga ingin mengabadikannya dalam mesin pencari Google, syukur-syukur bisa menjadi situs peringkat teratas (page one Google) ketika rekan dan rekanita mencari lirik Mars IPNU, Mars IPPNU dan Hymne Pelajar NU.

lagu ipnu ippnu: lirik mars ipnu, mars ippnu dan hymne pelajar nu

Apa perbedaan antara Mars dan Hymne?

Lagu Mars merupakan nyanyian yang biasanya identik dengan atmosfer semangat, penuh perjuangan dengan lirik-lirik provokatif menggelora. Lagu Mars memang biasanya ditujukan untuk membakar semangat anggota organisasi sekaligus menjadi media doktrinasi kepada para kader.

Maka tidak mengherankan bukan, jika dalam proses kaderisasi sebuah organisasi peserta berkali-kali diperdengarkan dan diminta untuk mengulangi mars organisasi sampai hafal. Pasalnya, hafal dan tidaknya mars organisasi bisa menjadi tolak ukur seberapa militan kader tersebut dalam berkhidmat (mengabdi) kepada organisasi.

Sedangkan hymne memiliki karakter lagu atau musik yang berisi ekspresi rasa syukur, doa, pengharapan, perjuangan, perenungan dan kesan-kesan penuh keagungan. Sebagaimana pengalaman kita selama ini, saat menyanyikan Hymne Guru setiap upacara bendera hari senin di sekolah – alunan musiknya cenderung kalem kan.

Kembali ke topik dalam artikel, bagaimana pun ceritanya, sebagai kader IPNU-IPPNU wajib hukumnya hafal lirik Mars IPNU, Mars IPPNU dan Hymne Pelajar di luar kepala. Pasalnya, ini salah satu bukti tingkat militansi kader terhadap organisasi.

Lagu IPNU-IPPNU: Lirik Mars IPNU, Mars IPPNU dan Hymne Pelajar NU

Organisasi IPNU dan IPPNU merupakan wadah perkumpulan para pelajar Nahdlatul Ulama untuk menggembleng diri menjadi kader yang berilmu, berakhlaqul karimah, memiliki cita-cita besar terhadap perjuangan NU dan bangsa dengan bekal wawasan kebangsaan yang matang tentunya dengan hirah Islam Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyyah.

Ada quote populer yang harus diingat-ingat oleh kader IPNU-IPPNU. Prof. Dr. H. Toelhah Mansoer sebagai ketua pertama IPNU memberikan pesan kepada generasi-generasinya seperti ini, “Tjita-tjita daripada Ikatan Peladjar Nahdlotoel Oelama jalah membentuk manusia jang berilmu, tetapi bukan manusia calon kasta elite di dalam masjarakat”.

Kader pelajar NU sejak awal berproses dalam organisasi harus menegaskan diri, bahwa orientasi masa depan bukan lah untuk bagaimana menjadi elit-elit negri semata, melainkan lebih dari pada itu. Orientasi para kader harus lah didasari untuk menjadi manusia yang berilmu dan mampu mengamalkannya di tengah-tengah masyarakat.

Dibawah ini lirik lagu IPNU-IPPNU selengkapnya.

1. Mars IPNU

Wahai Pelajar Indonesia
Siapkanlah barisanmu
Bertekad bulat bersatu
Dibawah kibaran panji IPNU

Ayo hai Pelajar Islam yang setia
Kembangkanlah agamamu
Dalam negara Indonesia
Tanah air yang kucinta

Dengan berpedoman kita belajar
Berjuang serta bertaqwa
Kita bina watak nusa dan bangsa
Tuk kejayaan masa depan

Bersatu wahai Pelajar Islam jaya
Tunaikanlah kewajiban yang mulia
Ayo maju ... pantang mundur ...
Dengan rahmat Tuhan
Kita perjuangkan
Ayo maju .... pantang mundur ...
Pasti tercapai adil makmur

2. Mars IPPNU

Sirnalah gelap terbitlah terang
Mentari timur sudah bercahya
Ayunkan langkah pukul genderang
Sgala rintangan mundur semua

Tiada laut sedalam iman
Tiada gunung setinggi cita
Sujud kepala kepada Tuhan
Tegak kepala lawan derita

Di malam yang sepi
Di pagi yang terang
Hatiku teguh bagimu Ikatan
Di malam yang hening
Di hati membakar
Hatiku penuh bagimu pertiwi

Mekar seribu bunga di taman
Mekar cintaku pada Ikatan
Ilmu ku cari amal kuberi
Untuk Agama Bangsa Negeri

3. Hymne Pelajar NU

Bersemilah-bersemilah
Tunas-tunas NU
Tumbuh subur - tumbuh subur
di persada NU

Masa depan di tanganmu
untuk meneruskan perjuangan

Mekar indah - mekar indah
Kau harapan NU
Kita bangun - kita bangun
Jiwa besar NU

Nan bertakwa nan berjiwa
Islam Ahlussunnah wal Jama'ah

Bersemilah-bersemilah
tunas-tunas NU

Bersemilah-bersemilah
Tunas-tunas NU
Tumbuh subur - tumbuh subur
di persada NU

Hari depan mengharapkan
Dharma bakti akan kita abdikan

Bersemilah-bersemilah
Tunas-tunas NU

Supaya lebih hafal dan fasih dalam melantunkannya, ada baiknya rekan-rekanita lebih sering lagi mengikuti kegiatan-kegiatan formal IPNU-IPPNU di lingkungan masing-masing. Tidak perlu ngoyo-ngoyo menghafal, nanti akan hafal dengan sendirinya.

Bisa juga rekan-rekanita belajar melalui video-video Lirik lagu Mars IPNU, Mars IPPNU dan Hymne Pelajar NU yang tersedia di Youtube. Mengapa demikian? Ya biar berkat Adsense-nya merata, rekan-rekanita lain yang nge-Youtube biar kebagian juga.

Semoga bermanfaat. Salam Pelajar.