Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi HTTPS Tidak Valid dan Mungkin Tidak Dapat Diindeks pada GSC

Beberapa waktu yang lalu sempat terkejut setelah mendapatkan notif pada Google Search Console seperti ini “HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks”. Tetapi alhamdulillah permasalahan itu sudah teratasi. Bagaimana solusinya? Di bawah pembahasan selengkapnya.

Google Search Console atau familier disebut GSC oleh para blogger, merupakan salah satu layanan dari Google yang berfungsi untuk memantau seluk beluk suatu website dalam pencarian Google.

GSC sudah menjadi barang wajib untuk dikuasai oleh para blogger, terutama yang menggunakan platform Blogspot guna menganalisa sejauh mana performa website selama berdinamika dalam mesin pencari Google.

mengatasi https tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks

Selain itu, dengan menguasai data di dalam GSC maka seorang blogger dapat memanfaatkannya sebagai bahan analisa untuk meningkatkan performa website yang dikelola.

Namun begitulah, terkadang ada saja notif diterima yang para blogger tidak tahu sumber permasalahannya dari mana. Seperti disinggung di awal, salah satu persoalan akhir-akhir ini adalah munculnya peringatan “HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks”.

Cara Mengatasi HTTPS Tidak Valid dan Mungkin Tidak Dapat Diindeks

Pada saat baru posting sebuah artikel, blogger pengguna platform blogspot pasti wajib mengindeks artikelnya pada GSC. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pengindeksan artikel pada mesin pencari Google.

Berbeda dengan pengguna Wordpress, biasanya proses indeks pada mesin pencari Google sudah tidak lagi menjadi masalah. Pasalnya, sesaat setelah artikel diposting, ia secara otomatis terindeks pada mesin pencari dengan jangka waktu yang tidak lama.

Bagi pengguna blogspot, tentu notif HTTPS tidak valid menjadi persoalan yang merisaukan. Bagaimana tidak? Sudah susah payah nulis artikel panjang-panjang, tiba-tiba ada peringatan “mungkin tidak dapat diindeks”.

Tapi, alhamdulillah nya saya sudah melewatinya. Nah, dibawah ini hal-hal yang saya lakukan ketika GSC tertanda HTTPS tidak valid.

1. Jangan Panik

Terjadi error atau kendala pada platform digital sudah menjadi barang yang lumrah. Terkadang platform raksasa seperti Shopee, Facebook, Youtube bisa saja down secara tiba-tiba.

Tanpa mengetahui sebabnya apa, bisa jadi GSC yang demikian juga tidak menutup kemungkinan terjadi karena di sistem internalnya sendiri. Kalau bagi saya yang hanya blogger dengan blog gado-gado receh begini, biarkan error ini dianalisa pakar-pakar blog tingkat dewa saja.

Jadi tidak perlu panik secara berlebihan.

2. Fokus Membuat Konten

Memang sih, risih kalau melihat tampilan notif merah-merah pada GSC. Seakan pikiran digiring untuk berasumsi bahwa website kita sedang bermasalah.

Seperti disinggung di point pertama, jangan panik. Kalau perlu abaikan saja. Hal yang perlu kita lakukan adalah fokus saja terus untuk membuat artikel yang menarik dan bermanfaat untuk pembaca website kita.

Kalau memang bukan pakar, fokus konten adalah langkah kongkrit yang bisa dilakukan oleh para blogger. Daripada pikiran harus terbebani gara-gara notif HTPPS tidak valid, mending terus menulis untuk menambah konten-konten postingan di website.

3. Cek Langsung di Mesin Pencari

Redaksi peringatan sudah jelas, “mungkin tidak dapat diindeks”. Artinya, disini dapat dipahami bahwa ada dua kemungkinan yang terjadi pada postingan baru kita. Bisa jadi diindeks, atau tidak terindeks.

Berdasarkan pengalaman, saya mencoba mengecek sendiri bagaimana tampilan postingan terbaru artikel di mesin pencari. Hasilnya tetap muncul tuh di Google. Padahal pada GSC, sangat jelas artikel yang baru saya posting tertera peringatan semacam itu.

Sehingga benar, jika pembaca mengalihkan fokus dari pada memikirkan peringatan ini, lebih baik jangan panik dan fokus saja terus untuk memproduksi konten.

4. Tanyakan ke Pakarnya

Apabila masih belum tenang, coba tanyakan langsung ke pakarnya kira-kira bagaimana solusinya. Langkah ini yang saya lakukan di saat-saat awal mengetahui kebagian notif yang bikin resah para blogger.

Siapa yang tidak tahu tentang Mas Sugeng. Salah satu blogger kawakan, pembuat template blogger terlaris di Indonesia, VioMagz seperti yang saya pakai pada blog ini diantaranya.

Sebagai member, saya sudah beberapa kali berkonsultasi mengenai beberapa kendala selama mengelola blog. Persoalan HTTPS tidak valid saya tanyakan kepada Mas Sugeng. Dan jawabannya adalah, banyak blogger yang mengalaminya. Untuk saat ini ia belum tahu pasti penyebabnya apa.

Ada kemungkinan masalahnya terletak pada sisi server blognya. Ia menyarankan untuk sementara waktu dibiarkan saja dulu, selama blognya masih dapat diakses dengan normal.

Jadi, mengenai hal ini bisa disimpulkan, tidak perlu panik, fokus saja ke konten. Pun pada GSC ada peringatan yang demikian, setelah dicek faktanya artikel tetap diindeks di mesin pencarian Google.

Semoga artikel cara mengatasi HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Salam.