Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merokok di Kamar Non Smoking Hotel Dengan Aman

Bagi para perokok, area tertutup, ber-AC, ditambah simbol larangan merokok yang tertempel di tembok, niscaya adalah sebuah musibah. Bagaimana bukan musibah? Nggak bisa ngrokok Je. Kalau pas liburan, trus nginep di hotel, ndelalah dapatnya kamar non smoking, kira-kira gimana solusinya. Nah, tak kasih tau solusinya gimana cara merokok di kamar non smoking hotel dengan aman.

Memang – kalau udah jadi perokok berat, nggak ngerokok bisa membuat pikiran nggak tenang, mulut terasa kecut, mau ngapain aja nggak bisa fokus, ujung-ujungnya malah bikin kerjaan nggak kunjung selesai. Perasaan ini hanya bisa diresapi para perokok ya.

Sewaktu liburan adakalanya kita ada pada situasi dimana harus nginap di hotel, tapi ternyata kamar hotel untuk perokok udah penuh, dan yang tersisa hanya kamar non smoking. Lalu gimana caranya biar bisa merokok dengan tenang?.

cara merokok di kamar non smoking

Sebelum masuk pada tipsnya, kita bahas dulu sedikit tentang dunia perokokan.

Masyarakat Indonesia pasti mengenal beberapa perusahaan-perusahaan rokok raksasa, seperti PT. Gudang Garam dan PT. Djarum. Kabarnya, perusahaan rokok inilah yang menjadi salah satu penyumbang pajak terbesar untuk kas negara.

Hal ini selaras dengan tingginya tingkat konsumsi masyarakat terhadap komoditas rokok. Bahkan, masyarakat secara umum bisa mendapatkan cipratan berkah dari adanya pabrik dan aktivitas produksi rokok yang terus menerus dengan menjadi buruh/ atau karyawan di perusahaan tersebut. Artinya, pada sisi ini jelas ada kebermanfaatannya untuk kepentingan publik.

Clear ya, clear.

Namun, di satu sisi yang lain, terkadang kasihan juga komoditas satu ini. Dimana-mana diiklankan sumber perusak kesehatan ya rokok, penyebab kanker, impoten, dan lain-lain. Semacam kayak dizholimi gitu.

Kenapa kok nggak gula misalnya? Kan kalau orang kebanyakan makan gula bisa jadi pemicu kadar gula naik dan potensi besar kena diabetes. Betul nggak?

Nah, yang heran, alih-alih seakan terus-terusan didzholimi, kita tidak bisa menutup mata bahwa banyak juga kan kontribusinya, seperti pajak bagi negara, lapangan pekerjaan, beasiswa kuliah, dana-dana sosial, pemberdayaan dan lain sebagainya untuk kepentingan masyarakat secara luas.

Pun demikian, bukannya kok ini sebagai pembelaan bagi para perokok, nggak juga. Pernyataan rokok sebagai pemicu penyakit, juga sepakat. Tapi alangkah baiknya kita perlu sudut pandang yang lebih luas untuk menilai rokok dan penikmatnya.

Segitu saja obrolannya, nanti kalau terlalu panjang dikiranya blog ini sedang menentang kebijakan dari kementerian kesehatan, perkumpulan dokter dan praktisi-praktisi kesehatan lainnya, muehehe

Kembali ke topik ya gaes.

Cara Merokok di Kamar Non Smoking Hotel

Ingin tertawa rasanya ketika mau membagikan tips ini. Kalau tips-nya dengan cara yang baik, dengan tujuan yang baik sih oke-oke saja. Tapi ya gimana, mimin yakin terutama perokok pasti nyari tips ini kalau-kalau terjebak pada situasi yang pernah mimin alami.

Repot juga kan kalau sampai kena charge (denda) hotel. Hanya gara-gara terpaksa ngrokok di dalam kamar hotel. Namanya charge hotel pasti lumayan juga ya, nggak mungkin cuma 20 atau 30 ribu, pasti ratusan ribu.

Tapi-tapi, tak tekankan ya, mimin nggak ngajarin yang jelek lho ya, ini kalau-kalau kamu hanya dalam keadaan terpaksa aja.

Apalagi ngajarin merokok, nggak. Bagaimanapun ceritanya, tidak merokok adalah sebuah keputusan bijak. Lebih arif lagi, nggak sampai kemudian menghakimi mereka yang memilih menjadi perokok. Sebuah pilihan pribadi masing-masing.

Berikut ini beberapa tips merokok di kamar non smoking hotel :

1. Buka jendela kamar hotel

Karakter asap rokok berbeda dengan kentut. Apabila seseorang kentut maka bisa segera hilang jika ada angin yang berhembus tanpa kemudian tersisa. Nah, sedangkan asap rokok berbeda, pernah lihat kan gimana jarinya perokok, terkadang ada sedikit warna kekuningan sebab sering kena asap rokok.

Jadi ada sedikit gambaran bahwa asap rokok termasuk dzat yang tidak mudah hilang. Apalagi kalau sampai kelamaan di ruang tertutup, pasti bau asap rokok tersebut akan mengendap di dalamnya dan pasti berbau. Maka solusi pertama yang bisa dicoba adalah dengan membuka jendela kamar hotel terlebih dulu sebelum merokok, agar asap rokok kamu nggak mengendap dan membuat bau kamar hotel.

Itupun kalau jendela kamar hotelmu bisa dibuka, terkadang ada kan yang nggak bisa dibuka. Jadi bisa lanjut tips lainnya.

2. Merokok di dalam toilet kamar hotel

Kebanyakan perokok kalau udah masuk ke wc, kurang afdhol rasanya kalau nggak berbekal smartphone dan sebatang rokok. Ya gimana ya, kalau nggak ada dua perangkat ini rasanya seperti ingah-ingih, wakakakakak

Iya nggak iya nggak?

Lha kalau terjebak di kamar hotel non smoking gimana, ditambah jendela kamarnya nggak bisa dibuka. Solusinya ya di toilet. Tutup pintu toilet rapat-rapat, nyalakan blower dan mulai nikmati anugerah Tuhan atas kesehatan pencernaan yang diberikan sambil ditemani sebatang rokok yang menambah penghayatanmu.

Tapi, untuk tips ini tidak sebatas sini saja. Selama menginap pastikan blower dalam toilet kamar hotel menyala terus agar asap rokok bisa langsung keluar. Selain itu ketika mandi ada baiknya gosok-gosok juga dinding toilet untuk mengurangi lebih banyak bau rokok di dalam toilet.

3. Merokok di balkon kamar hotel

Tips teraman berikutnya adalah merokok di balkon kamar hotel. Itupun kalau ada fasilitas balkon di bagian luar kamar. Biasanya hotel yang ada balkonnya juga kalau udah bintangnya minimal tiga.

Kalau nggak ada balkon, ya nggak perlu maksa juga nyari tukang buat bangunin balkon dulu biar kamu bisa nerapin tips ketiga ini, muehehe.

4. Jangan merokok di dalam kamar hotel

Dan inilah solusi teraman dan ternyaman, jangan pernah merokok di dalam kamar hotel non smoking untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi semua pihak, baik kamunya atau pihak hotelnya.

Nggak usah maksa harus ngerokok di dalam kamar hotel. Kalau kepengenan merokokmu udah nggak tertahankan sebaiknya keluar dulu dari kamar dan cari smoking area di hotel, pasti pihak hotel juga nyediain fasilitas yang memang digunakan untuk area merokok.

Dari pada kenapa-kenapa coba, misalkan kamu ngerokok, eh nggak sengaja selimut di kasurmu kena, trus bolong, apa nggak malah jadi tambah rugi kena charge.

Atau kamu udah merasa aman-aman aja karena udah nyoba tips-tips di atas, tetapi nggak tahunya waktu mau check-out ditahan resepsionis hotel gara-gara petugas kebersihan hotel pas  ngecek kamarmu tercium bau rokok. Kena charge deh.

Jadi kesimpulannya adalah, kalau udah terlanjur dapat kamar non smoking nggak perlu nyoba-nyoba ngakalin petugas hotel soal kenakalan satu ini. Mending kamu ngalah keluar dulu dari kamar, cari smoking area yang nyaman. Habis itu nikmatilah salah satu komoditas yang menyumbang pajak terbesar bagi negara ini.

Sepakat?

Tetap jaga kesehatan, yang belum terlanjur merokok jangan pernah merokok.

Semoga tips cara merokok di kamar non smoking hotel dengan aman ini bermanfaat. Salam.