Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lirik Lagu IPNU-IPPNU untuk Bangsa

KANGIZZA — Setelah beberapa hari terakhir disibukkan dengan rutinitas yang begitu padat, akhirnya saya bisa meluangkan waktu untuk corat-coret berbagi informasi, pengalaman lewat blog pribadi saya ini. Untuk kali ini saya akan berbagi kepada kalian tentang sebuah lagu — yang menurut saya sangat menginspirasi, menggugah kesadaran serta mengetuk keikhlasan para kader NU, terutama kader IPNU-IPPNU dalam melakukan khidmah perjuangan demi tegaknya agama dan demi keutuhan bangsa dan negara. Lagu ini berjudul “IPNU-IPPNU untuk Bangsa”.

Lirik Lagu IPNU-IPPNU untuk Bangsa

Lagu IPNU-IPPNU untuk Bangsa — tidak juga kalau dikatakan baru, saya pernah mendengarnya sekitar satu tahun yang lalu, namun beberapa bulan terakhir lagu ciptaan Rekan Sandi R.M. dan Rekan Nasoihul Ibad ini sangat booming di kalangan pelajar NU, terutama di  Trenggalek. Di setiap kegiatan pasti mereka memutar lagu berdurasi 5 menit ini — dan sepertinya kurang afdhol bagi kader jika di handphone-nya belum tersimpan lagu yang divokali oleh Rekan Sandi sendiri bersama dua vokalis yang lain Rekan Noval dan Rekanita Sania. Berdasarkan informasi yang saya dapat, lagu organisasi ber-genre pop ini adalah buah karya rekan-rekanita yang notabene merupakan kader IPNU-IPPNU Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.
ipnu ippnu untuk bangsa lirik





Tentang IPNU-IPPNU

IPNU adalah singkatan dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, merupakan organisasi sayap Nahdlatul Ulama yang bergerak di bidang pengkaderan pelajar putra. Sedangkan untuk yang pelajar putri, NU menyediakan wadah tersendiri yakni di IPPNU, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama. IPNU-IPPNU tidak bisa dilepaskan keterkaitannya dengan NU, bahwasannya — keduanya memiliki pedoman garis perjuangan NU dalam menegakkan nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyyah dan Pancasila sebagai dasar melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Secara garis besar organisasi, IPNU-IPPNU ini memiliki karakter yang sama, yakni sama-sama organisasi yang bersifat keterpelajaran, kekaderan, kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan — yang membedakan antara keduanya hanyalah gender-nya saja. IPNU lahir pada tanggal 24 Februari 1954 M di Semarang, satu tahun kemudian IPPNU turut dilahirkan untuk menjadi wadah pengkaderan pelajar putri tepatnya pada tanggal 02 Maret 1955 di Malang.

Karena kedua organisasi ini basic-nya adalah organisasi pengkaderan, maka orientasi organisasi ini tidak lain untuk mencetak kader-kader berkualitas untuk meneruskan perjuangan para pendahulunya, menyiapkan kader-kader terbaik dengan jiwa kepemimpinan yang matang, berpandangan visioner jauh melampaui masanya, selalu bisa berfikir solutif dalam menghadapi setiap permasalahan, dan tentunya siap mengambil peran penting dalam setiap dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pun demikian, mentalitas kader IPNU-IPPNU tidak semata-mata untuk meraih ambisi untuk menjadi pemimpin saja, namun mereka terdidik untuk selalu siap jika diamanahi sebuah tanggungjawab. Karakter kader-kader yang ada tidak lepas dari sebuah doktrin yang begitu mengakar dari para pendiri. Prof. Dr. H. M Tolchah Mansoer, pendiri IPNU — pernah berpesan "Tjita-tjita daripada Ikatan Peladjar Nahdlatul 'Ulama jalah membentuk manusia jang berilmu, tetapi bukan manusia calon kasta elite di dalam masyarakat".

Sangat jelas dalam pesan tersebut dari harapan seorang pendiri IPNU, bahwa kader-kader IPNU tidak diorientasikan menjadi kelompok-kelompok borjuis yang cenderung elitis, melainkan kader-kader IPNU dicetak menjadi problem solver di tengah masyarakat dimana mereka berada, menjadi oase di tengah hamparan gurun masalah di ruang kehidupan sekitarnya. Puncak dari output kader IPNU-IPPNU adalah khoirunnas anfa'uhum linnas (sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lainnya.

Lirik Lagu IPNU-IPPNU untuk Bangsa

Seiring berjalannya waktu
Dunia tak lagi sempurna
Seiring berjalannya waktu
Kepeduliaan semakin hilang
Kami para pelajar tak akan menyerah
Menjaga kedaulatan bangsa dan agama

Reff :
Untuk agamaku jiwa dan ragaku
Untuk negaraku IPNU-IPPNU
Bangkitlah bangsaku kami bersamamu
Diiringi doa para ulama’mu
Nahdlatul Ulama

Jangan bertanya apa yang kan kau dapatkan
Tapi bertanyalah apa yang bisa kau berikan
Agama dan juga semua yang kau punya
Akan selalu ada dalam jiwa

Back to reff

Untuk lagunya sendiri bisa kalian download melalui situs-situs yang menyediakan lagu IPNU-IPPNU untuk Bangsa. Sekian informasi yang dapat saya bagi kepada kalian, semoga bermanfaat. Dan tidak lupa sebagai penutup, sudah menjadi ciri khas kader-kader IPNU-IPPNU untuk mengucapkan selamat Belajar, Berjuang dan Bertaqwa ...!!!! selamat berjumpa pada artikel-artikel berikutnya.