Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hotel Kapsul Jogja, Solusi Traveler Budget Minimalis

hotel kapsul jogja

KANGIZZA - Yogyakarta ― atau lebih enak kita menyebutnya Jogja, merupakan kota yang memiliki sebutan lain 'Kota Pelajar'. Julukan ini mengacu pada banyaknya universitas-universitas besar nan kondang yang berdiri di kota tersebut, sebut saja Universitas Gajah Mada dan UIN Sunan Kalijaga. Jogja itu adalah kota yang memang amat sangat dirindukan. Budayanya, suasananya, kulinernya dan semua yg ada di jogja mampu memikat siapapun yang mengunjunginya. 

Tidak mengherankan dengan ragam destinasi wisata yang ada di sana ― Jogja menjadi salah satu kota tujuan para traveler baik itu lokal sampai mancanegara.

Bagi para traveler, barangkali kamu salah satunya, sebelum melakukan perjalanan ― tentu sudah mempersiapkan banyak hal agar acara traveling berjalan dengan lancar dan bisa benar-benar dinikmati. Mulai dari perlengkapan, baju ganti, destinasi wisata yang mau dikunjungi, dan yang pasti dan wajib adalah budget. Tidak jarang ― dalam perjalanan ke destinasi-destinasi wisata yang dikunjungi, para traveler mengalami beberapa hambatan, misalnya kendaraan mogok, transportasi umum yang mengalami delay ― keterlambatan jadwal atau perubahan jadwal yang mendadak, atau malah tujuan wisata yang mau dikunjungi ternyata masih ditutup, seperti di musim pandemi sekarang ini. Apabila kamu mengalami situasi yang semacam ini, maka kamu dituntut untuk memutar otak ― agar bagaimana tujuan traveling kamu tetap berjalan sesuai rencana.

Seandainya teman-teman traveling sendirian dan mengalami hambatan seperti di atas dengan tujuan wisata di seputaran Jogja, Malioboro misalnya ― dan mungkin karena perjalanan yang jauh dan melelahkan yang kemudian mengharuskan teman-teman untuk segera beristirahat sementara waktu, apalagi kondisi budget yang minim, saya memiliki rekomendasi tempat beristirahat yang cocok, unik, nyaman dan pastinya relate dengan isi kantong. 

Pernahkah kamu mendengar Hotel Kapsul?

Dilansir dari berbagai sumber, Hotel Kapsul untuk pertama kalinya hadir di Tokyo, Jepang pada tahun 1972. Kemunculan hotel dengan kamar minimalis ini dilatarbelakangi oleh budaya dedikasi pekerja orang Jepang yang tinggi sehingga membuat mereka lebih memilih lembur dan tidak pulang ke rumah. Peluang ini ditangkap oleh seorang arsitek Jepang, Kisho Kurokawa yang kemudian ia membangun Hotel Kapsul untuk para pekerja yang bisa disewa untuk beberapa jam saja dengan biaya murah ― sehingga para pekerja tidak kerepotan harus pulang ke rumah dengan jam istirahat yang mepet. Dalam perkembangannya Hotel Kapsul telah menjadi tempat menginap andalan para traveler backpacker karena dinilai lebih efisien dan ekonomis. Pada tahun 2017, Hotel Kapsul mulai diperkenalkan di Indonesia. Keberadaan Hotel Kapsul ini bisa kita temukan di kota-kota besar yang memiliki ragam destinasi wisata atau kota-kota yang seringkali menjadi transit para wisatawan backpacker seperti Jakarta, Surabaya, Malang, dan Yogyakarta.

The Capsule Malioboro Yogyakarta

Bagi temen-teman yang sendirian berkunjung ke Yogyakarta dan membutuhkan tempat menginap nyaman dan ekonomis, salah satu Hotel Kapsul ini bisa menjadi salah satu alternatif, The Capsule Malioboro. Berlokasi di jalan Sosrowijayan, dengan lokasi ini dapat memudahkan akses teman-teman mengunjungi destinasi wisata di area kota Yogyakarta ― karena lokasi hotel ini bisa dikatakan strategis, ramai dan tidak jauh dari pusat Malioboro. Bagaimana dengan fasilitas Hotel Kapsul ini?. Padahal kalau kita sudah sedikit punya gambaran ― yang namanya Hotel Kapsul ukuran kamarnya kecil, hanya muat untuk satu orang. Dengan ukuran kamar yang demikian tamu hotel dapat fasilitas apa di dalamnya?. Di dalam kamar isinya apa saja?. Tenang ... akan saya jelaskan di bawah ini.

hotel kapsul malioboro yogyakarta

Fasilitas Hotel Kapsul "The Capsule Malioboro"

Berbicara mengenai Hotel Kapsul ― setiap perusahaan penyedia penginapan kamar minimalis semacam ini sudah melengkapi fasilitas hotel yang cukup untuk memberikan kenyamanan kepada para tamunya. Seperti di The Capsule Malioboro ini, dalam satu kamar yang hanya bisa diisi oleh satu orang ― kita bisa mendapatkan fasilitas springbed yang empuk lengkap dengan selimutnya. Selain itu, ada fasilitas-fasilitas lain yang semakin memanjakan kita menginap seperti, tv LED 32', WIFI,  headphone, AC, handuk yang bersih dan wangi, lampu LED yang bisa berganti-ganti warna bisa disesuaikan dengan suasana kamar yang diinginkan. Pun selengkap-lengkapnya fasilitas hotel kapsul, tetap ada perbedaan fasilitas yang ada di hotel pada umumnya.

Misalnya tamu hotel kapsul oleh pihak penyedia penginapan diberikan loker sebagai tempat untuk menyimpan barang bawaan, ini dimaksudkan agar kamar tamu hotel tetap terasa lega karena barang bawaan yang menumpuk. Kamar mandi di hotel kapsul yang jelas terpisah dengan kamar hotel ― jadi berada di luar kamar dan itu digunakan bersama-sama seluruh tamu hotel yang lain. Tapi kamu tidak perlu khawatir, kamar mandi di hotel ini dijamin bersih. Di kamar mandi hotel juga disediakan hair dryer yang bisa kamu gunakan untuk mengeringkan rambut. 

Beberapa kekurangan hotel kapsul "The Capsule Malioboro" yang paling kentara setidaknya ada dua hal. Pertama, hotel tidak ramah bagi tamu yang perokok. Apabila kamu adalah seorang perokok maka sebaiknya ketika ingin menyalakan rokok saat di luar hotel saja. Kedua, menjadi konsekuensi bagi para tamu ― karena bentuk dari kamar hotel yang minimalis kemudian penempatannya saling berdempetan ― maka kamu tidak bisa "guyonan" dengan suara yang keras untuk menjaga kenyamanan sesama tamu hotel. Lantas, untuk dapat merasakan pengalaman menginap di hotel kapsul ini ― berapa sih budget yang harus kamu keluarkan?

Harga kamar Hotel Kapsul

Kamar Hotel Kapsul di kota manapun rata-rata dibandrol dengan harga yang terjangkau. Dan untuk The Capsule Malioboro ini menawarkan dua tipe harga, yakni 85 ribu dan 100 ribu per malam. Jika kamu untuk paginya tidak ingin repot beli sarapan sendiri, maka alangkah praktisnya ambil harga kedua ― harga 100 ribu kamu dapat menginap satu malam dan paginya kamu diberikan fasilitas sarapan oleh pihak hotel.

Kesimpulannya ― banyak jalan menuju Roma. Bagi kamu yang hobbi traveling meskipun ada kendala seperti budget yang minim, atau ternyata di tengah perjalanan traveling ada hambatan lainnya yang memaksa kamu harus cari penginapan ― kamu tidak perlu khawatir, hotel kapsul yang nyaman dan murah seperti The Capsule Malioboro bisa menjadi solusi. 

Semoga informasi seputar tentang traveling ini bermanfaat bagi teman-teman.