Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Scan Tanda Tangan di Word Tanpa Bantuan Aplikasi Scanner

Berbincang tutorial cara scan tanda tangan di word, saya yakin pembaca sudah banyak yang mengetahuinya. Apalagi yang sudah pernah berkunjung ke blog ini, pasti sudah tidak asing lagi dengan topik pembahasan seputar scan tanda tangan. Pun demikian, agar pembaca mendapatkan topik dengan pembahasan yang lebih spesifik maka artikel ini kami tulis lebih detail.

cara scan tanda tangan di word

Beberapa waktu yang lalu, kami melalui blog ini juga pernah menuliskan tutorial cara scan tanda tangan di hp untuk membantu pembaca yang membutuhkan tips bagaimana memanfaatkan smartphone agar bisa digunakan men-scan tanda tangan.

Penjelasan ringkas dari tips di atas adalah; pembaca tinggal menambahkan aplikasi pihak ketiga ke dalam hp kemudian tinggal foto, ikuti alur petunjuk dalam aplikasi dan scan tanda tangan sudah bisa digunakan.

Nah, kita biasanya mengolah dokumen menggunakan Microsoft Word, tinggal belajar bagaimana cara memasukkan tanda tangan di Word agar pemahaman dan skill kita paripurna. Setelah menguasai, saya yakin tutorial ini sangat membantu sekali tatkala kita melakukan pekerjaan-pekerjaan sederhana terutama dalam mengelola administrasi kantor atau lembaga.

Tanpa dipungkiri, dewasa ini dunia semakin berjalan dengan cepat sehingga memaksa kita terus meng-upgrade skill-skill yang berkaitan dengan dunia digital. Oleh karenanya, pada kesempatan ini kami bagikan kembali tutorial cara scan tanda tangan di Word untuk membantu keingintahuan pembaca sekalian.

Cara Scan Tanda Tangan di Word

Berikut ini akan kami bagikan bagimana langkah-langkah membuat scan tanda tangan di Microsoft Word tanpa harus menginstal dulu aplikasi scanner pihak ketiga di dalam Google Playstore:

  1. Siapkan kertas putih polos, pulpen, hp dan laptop/pc
  2. Tuliskan ttd di atas kertas putih
  3. Foto tanda tangan tersebut dengan kamera hp
  4. Pindahkan file gambar tanda tangan ke dalam laptop
  5. Buka lembar kerja word
  6. Jika sudah menentukan dimana tanda tangan akan diletakkan, klik pada tab “insert”, kemudian “picture”
  7. Pilih file gambar tanda tangan yang dipindahkan tadi, kemudian klik “insert”
  8. Sesudah gambar muncul di halaman kerja word, klik kanan pilih “warp text”, dan pilih behind text.
  9. Klik pada gambar lalu pilih menu “picture” pada tab bagian atas
  10. Selanjutnya pilih “color” kemudian klik “set transparent color” untuk menghilangkan background gambar tanda tangan
  11. Sesuaikan ukuran dan letakkan posisi gambar sesuai yang diinginkan.
  12. Tinggal save dan dokumen kerja word lengkap scan tanda tangan sudah jadi

Tutorial ini sama sekali tidak menggunakan aplikasi ketiga untuk membuat scan tanda tangan, hanya memanfaatkan fitur yang tersedia pada Microsoft Word dan mengandalkan hasil jepretan gambar menggunakan hp.

Untuk memudahkan proses penghapusan backgroud pada tanda tangan, maka kita harus betul-betulkan memperhatikan tahapan-tahapan sesuai tutorial di atas dan juga memastikan saat proses pengambilan gambar tanda tangan di atas kertas putih polos, sama sekali tidak ada bayang-bayang.

Kurang lebih itu tutorial dari kami, semoga bermanfaat buat pembaca.

Sedikit promosi, blog ini kami fungsikan untuk berbagi cerita, pengalaman, tutorial-tutorial menarik; cara scan tanda tangan di word seperti ini salah satunya, juga informasi-informasi menarik lainnya yang sifatnya random. Maklum, blogger receh.

Kami sampaikan terimakasih banyak kepada segenap pembaca yang telah berkunjung ke dalam blog ini, baik itu disengaja atau tidak disengaja, hehe.

Kok ada yang tidak disengaja? Ya, Barangkali ada yang masuk ke sini karena kesasar gara-gara kata kunci yang diketik di mesin pencari.

Pun begitu terimakasih, intinya apapun yang kami tulis di blog ini semoga memberikan manfaat bagi pembaca budiman.