Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasukkan Tanda Tangan di Word dengan Mudah

KANGIZZA – Ternyata masih banyak yang belum tahu tentang bagaimana cara tanda tangan di word, tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena di artikel kali ini, saya akan bagikan tutorial mengenai bagaimana cara memasukkan tanda tangan di word yang tentunya bisa Anda praktikkan dengan sangat mudah.

cara memasukkan tanda tangan di word

Percepatan penyebaran informasi serta kemajuan teknologi merupakan sebuah fakta globalisasi dewasa ini. Dengan adanya hal tersebut, berkonsekuensi terhadap seluruh aspek kehidupan, termasuk di antaranya bagaimana kita dalam bekerja dituntut untuk melakukannya secara tepat sekaligus cepat.

Cara bekerja orang perkantoran pun juga berubah. Jika dulu karyawan perusahaan – untuk dapat mengambil keputusan harus berkumpul terlebih dulu untuk membincang persoalan yang akan diambil keputusan, maka di era revolusi 5.0 sekarang bisa memanfaatkan zoom meeting untuk mengadakan rapat.

Begitu juga dalam konteks administrasi, misalnya saja pimpinan perusahaan akan memberikan pemberitahuan kepada jajaran di bawahnya, ia meminta kepada sekretaris untuk membuatkan surat edaran yang nantinya akan disebarluaskan kepada bawahannya, saya yakin jika sekretaris tersebut masih menggunakan cara lama – seperti edaran dicetak kertas, maka informasi pemberitahuan ini tidak akan merata tersosialisasikan, malah-malah bisa terlambat penyampaiannya.

Oleh karenanya, butuh cara kerja yang tepat dan cepat agar tugas-tugas kantor bisa diselesaikan dengan baik, surat elektronik jawabannya. Seandainya Anda berada pada posisi itu, maka membuat surel berupa pdf adalah langkah yang tepat. Buatkan surel dan jangan lupa mohon izin untuk mencantumkan nama sekaligus scan tanda tangan pimpinan di dalam surel tersebut. Sehingga surel yang Anda buat memiliki legalitas.

Pasalnya kemajuan teknologi tidak dipungkiri menyisakan celah yang juga tidak sedikit, misalnya seperti pemalsuan dokumen dan semacamnya. Kita tidak merasa menandatangani suatu dokumen, tetapi tanda tangan kita ada di dalam dokumen tersebut, atau sebaliknya.

Oleh karenanya, kita juga turut harus waspada soal ini. Terutama bagi Anda yang memiliki job di kantor yang menangani soal administrasi, jangan sampai beredar dokumen yang dikeluarkan lembaga, setelah dokumen beredar tapi pimpinan marah-marah karena Anda tidak izin terlebih dulu kepada beliaunya untuk menggunakan scan tanda tangannya. Bisa fatal terhadap keberlangsungan karir kerja Anda.

Persiapan Membuat Tanda Tangan di Word

Cara membuat tanda tangan di word perlu kita pelajari terlebih dulu agar kita sekali jalan bisa langsung jadi.

Untuk dapat membuat surel semacam ini sebenarnya sangat mudah, Anda tinggal membuat surat di word, sediakan tanda tangan pimpinan yang sudah discan, tempelkan di tempat tanda tangan, simpan dalam bentuk pdf, dan surel sudah siap disebarluaskan.

Tentang tutorial bagaimana cara scan tanda tangan, Anda bisa melihat artikel saya yang lain dengan mengklik internal link dalam paragraf ini.

Cara Memasukkan Tanda Tangan di Word

Setelah surel dan scan tanda tangan sudah Anda sediakan, langkah selanjutnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

cara memasukkan tanda tangan di word 1

  1. Buka file word
  2. Pada tab insert, klik picture
  3. Pilih gambar scan tanda tangan Anda, kemudian klik insert
  4. Setelah gambar tampil di halaman word, klik kanan pilih warp text, dan pilih behind text.
  5. Sesuaikan ukuran dan letakkan posisi gambar sesuai yang diinginkan.
  6. Pada tab file, klik save as, dan pilih pdf.
  7. Surel Anda siap untuk digunakan.

Demikian tutorial singkat dari saya mengenai cara memasukkan tanda tangan di Word. Semoga bermanfaat dan mampu meningkatkan efisiensi dan mobilitas kerja Anda.

Sekali lagi, jangan lupa minta izin kepada pimpinan kalau ingin menggunakan scan tanda tangan nya.

Selamat beraktifas dan tetap jaga kesehatan ya, infonya ada varian covid baru omicron yang mudah menyebar, jadi tetap patuhi prokes. :D