Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Scan Tanda Tangan dengan Aplikasi CamScanner dan Penerapannya pada Word

Cara Scan Tanda Tangan - Kemajuan teknologi di era sekarang menuntut setiap orang harus bekerja dengan cepat, jika tidak — maka yang terjadi adalah ia akan menjadi pihak yang kalah dengan mereka yang selalu update informasi, upgrade pengalaman serta dapat memanfaatkan piranti-piranti penunjang terbaru — baik itu untuk kebutuhan pribadi ataupun untuk pekerjaan.
cara scan tanda tangan
Sebelum saya jelaskan cara scan tanda tangan dengan aplikasi CamScanner dan penerapannya pada Word — kiranya muqoddimah diatas saya tulis sebagai penegasan bahwa begitu sangat pentingnya bagi kita untuk melek terhadap segala perubahan dan perkembangan zaman, termasuk dengan kemajuan teknologi yang hari ini dicapai peradaban manusia.

Saya dapat inspirasi menulis artikel dengan judul ini berangkat dari pengalaman aktif di organisasi. Dulu, saat awal-awal mengikuti organisasi — ketika akan menyelenggarakan sebuah event pasti diawali dengan rapat bersama, kemudian pembentukan panitia, pembagian job, setelah itu eksekusi job menuju hari H sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Biasanya langkah awal yang harus dilakukan adalah menggarap administrasi atau surat menyurat.

Nah, tentang pengalaman administrasi saya selama berorganisasi, melihat dari perkembangannya — jika dulu administrasi masih paten hanya mengunakan surat tercetak, namun sekarang karena tuntutan percepatan informasi — surat-surat tersebut juga dibuatkan surat elektroniknya untuk kemudian dikirimkan terlebih dulu lewat dunia maya. Supaya tidak terkesan mengurangi legalitas formal dalam urusan administrasi, surat tercetak tetap di kirim kepada penerima surat di kemudian hari.

Bukannya tanpa alasan mengapa digunakannya surat elektronik ini, pasalnya — berdasarkan pengalaman — seringkali surat cetak tidak sampai tujuan dikarenakan beragam faktor misalnya adanya human error dan lokasi tujuan yang terlalu jauh. Dengan adanya penggunaan surat elektronik ini maka dapat meminimalisir potensi surat tidak sampai tujuan akibat human error, sekaligus dapat memangkas waktu pengiriman jika lokasi tujuan terlalu jauh. Dengan demikian maka administrasi organisasi — khususnya mengenai pengiriman surat dapat dilakukan lebih efektif.

Dulu saya pernah kebingungan mengenai bagaimana cara scan tanda tangan yang nantinya hasil scanan tersebut bisa dipasang dalam surat elektronik yang saya buat. Saya berasumsi, scan tanda tangan yang selama ini saya temui dibuat melalui printer yang juga terdapat perangkat scanner-nya atau — scan tanda tangan tersebut dibuat dengan corel atau photoshop yang ntah saya sendiri juga tidak tahu mengenai cara pembuatannya.

Pada saat membutuhkan scan tanda tangan — saya meminta salah seorang rekan membuatkannya. Kemudian ia meminta memfotokan tanda tangan saya dan dikirim via WhatsApp. Setelah itu dalam waktu yang tidak lebih dari 5 menit ia kirim kembali foto tersebut dalam bentuk hasil scan tanda tangan saya yang sudah jadi. Membuat saya menjadi tambah penasaran bagaimana rekan satu ini membuat scan tanda tangan.

Akhirnya suatu ketika seusai rapat organisasi saya teringat ingin menanyakan tentang cara pembuatan scan tanda tangan kepada rekan saya itu. Ternyata — sangat jauh dari apa yang saya asumsikan sebelumnya. Dia menerangkan kalau dia tidak memiliki printer yang ada scannernya, photoshop tidak bisa, corel pun juga tidak bisa. Lantas bagaimana dia kok bisa membuat scan tanda tangan yang hasilnya pun juga lumayan bagus. Jawabannya, dia memanfaatkan aplikasi android CamScanner. Dia pun juga memberikan tambahan pengetahuan cara penggunaannya di microsoft word. Sekarang saya sudah bisa membuat scan tanda tangan sendiri — dan inilah yang menjadi inspirasi saya untuk berbagi pengetahuan kepada pembaca  melalui artikel yang berjudul “cara scan tanda tangan dengan aplikasi CamScanner dan penerapannya pada Word”.

Selain menggunakan Aplikasi CamScanner, sebenarnya masih banyak aplikasi scanner lainnya yang bertebaran di Playstore yang bisa kita pilih — yang kemudian dapat kita gunakan sebagai media alternatif untuk membuat scan tanda tangan. Tentunya aplikasi-aplikasi scanner ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, oleh karenanya — bagi teman-teman yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap — bisa membaca artikel saya yang membahas tentang 5 Aplikasi Scanner Terbaik di HP Android.

Cara Scan Tanda Tangan di HP

Langkah-langkah mengenai cara scan tanda tangan dengan aplikasi CamScanner dan penerapannya pada Word selengkapnya dapat dilihat berikut ini,
  1. Download aplikasi CamScanner di Google Play Store dan instal di hp android kamu.
  2. Tuliskan tanda tangan kamu di atas kertas putih, usahakan menggunakan pulpen yang bagus
  3. Buka aplikasi CamScanner
  4. Pilih gambar kamera yang terletak di sebelah pojok kanan bawah
    scan tanda tangan
  5. Ambil foto gambar tanda tangan yang telah ditulis di atas kertas putih tadi
  6. Crooping sesuai dengan panjang dan lebar tanda tangan, prinsipnya jangan sampai ada bagian tanda tangan yang terpotong. Jika sudah pilih tanda centang (pojok kanan bawah)
  7. Pilih jenis setting gambar untuk hasil scan. Biasanya dengan setting auto — dengan sendirinya akan menyesuaikan. Kemudian sentuh tombol centang.
  8. Untuk menyimpan di Galeri android, sentuh tahan gambar dan pilih “save to Gallery”. Hasilnya kurang lebih seperti ini
    scan tanda tangan
  9. Langkah penerapannya di Microsoft Word bisa dimulai dengan memindah hasil scan tanda tangan android ke PC atau laptop
  10. Masukkan file hasil scan tanda tangan ke dalam document word
  11. Untuk memudahkan pengaturan ukuran dan letak gambar — klik kanan gambar, pilih “Warp Text > Behind Text / In Front of Text”.
  12. Supaya background putih scan tanda tangan tidak menutupi text word — klik gambar, pilih tab Picture Tools > color > Set Transparent Color > klik pada bagian background putih.
  13. Agar warna hasil scan tanda tangan semakin jelas (warna hitam), kamu bisa menyesuaikan warnanya dengan memilih tab Picture Tools > Color > Recolor > Black and White : 75%.
  14. Selesai. Dan hasilnya kurang lebih seperti dibawah ini.
    scan tanda tangan
Sebagai tambahan informasi, aplikasi CamScanner selain bisa digunakan untuk membuat scan tanda tangan — namun juga bisa digunakan untuk menscan dokumen-dokumen tercetak seperti akta, KTP, Ijazah dan dokumen tercetak lainnya. Dengan memanfaatkan CamScanner tersebut dokumen-dokumen tercetak dapat discan dengan hasil layaknya hasil scanner sesungguhnya — untuk kemudian disimpan dalam bentuk file format pdf atau jpg. Langkah-langkah sebagaimana saya tuliskan di atas, juga bisa teman-teman gunakan sebagai cara scan tanda tangan dan stempel. Perbedaannya hanya terletak di objeknya saja, jadi selain objek tanda tangan, aplikasi ini juga bisa teman-teman gunakan untuk menscan stempel.

Melihat pengupgrade-an aplikasi CamScanner, berdasarkan informasi dan pengalaman teman-teman lain yang juga menggunakan aplikasi ini, justru versi terbaru dirasa kurang nyaman bagi pengguna, karena hasil dari scanningnya malah dibumbui dengan watermark yang nampak dipojok bawah sebelah kanan. Padahal untuk versi gratis yang lama juga tidak ada watermark-nya. Oleh karena itu saya merekomendasikan teman-teman menggunakan aplikasi CamScanner versi 5.18.8.20200419, dimana versi ini tetap dalam mode gratis tetapi hasil scanningnya tanpa watermark.

Tips Menghilangkan Watermark CamScanner

Namun jika versi CamScanner yang kamu gunakan terlanjur menggunakan versi terbaru dimana hasil scan tanda tangan-nya terdapat watermark-nya, itupun masih bisa disiasati, yaitu dengan cara cropping bagian yang terdapat watermak-nya. Untuk melakukan trik ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi WhatsApp. Setelah hasil scannya jadi, bagikan ke WA — dan pastikan kamu sudah cropping bagian watermarknya sebelum dikirim dan scan ttd kamu akan terlihat lebih profesional

Demikian tentang cara scan tanda tangan dengan aplikasi CamScanner dan penerapannya pada Word. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat kepada pembaca serta dapat membantu efektifitas pembaca dalam melaksanakan administrasi.