Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabar Gembira! Aturan Youtube Terbaru Monetisasi Tidak Harus 4000 Jam Tayang

Ada kabar terbaru nih dalam dunia per-Youtube-an. Yups, sesuai dengan judul, salah satu aturan terbaru yang baru saja dikeluarkan oleh pihak Youtube di Amerika sana, bahwa untuk me-monetisasi sebuah channel Youtube tidak harus dengan memenuhi 4000 jam tayang lagi.

Benarkah berita ini? Eits, sabar, lanjutkan bacanya pelan-pelan sampai bawah.

Youtube merupakan sebuah platform yang dewasa ini paling digemari konten kreator untuk mendapatkan pundi-pundi cuan.

monetisasi youtube tidak harus 4000 jam tayang

Terbukti, sudah banyak para konten kreator yang berhasil menggapai impian-impiannya gara-gara penghasilan Google Adsense dari channel Youtube mereka.

Meskipun, tidak jarang ada yang belum berhasil ya, dan bahkan masih mandek sebab belum memenuhi syarat untuk monetisasi berupa 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

Susah ya dapat 1000 subscriber? Capek ya ngejar 4000 jam tayang?, 

Sabar-sabar, jangan emosi dulu, nanti tak kasih tahu kebenaran aturan Youtube terbaru ini, muehehe.

Seperti diketahui, seorang konten kreator dapat menghasilkan cuan melimpah dari Youtube jika sudah memenuhi syarat monetisasi. Selama syarat ini belum dipenuhi, ya jangan ngarep dapat cuan.

Disadur dari Channel Youtube Den JC, pertengahan September 2022 pihak Youtube telah mengeluarkan beberapa aturan terbaru bagi para konten kreator yang akan diberlakukan pada awal tahun 2023.

Salah satu diantaranya adalah syarat monetisasi channel Youtube yang tidak lagi harus memenuhi 4000 jam tayang.

Monetisasi Youtube Tidak harus 4000 Jam Tayang

Pihak Youtube semakin memanjakan para konten kreatornya untuk semakin berjaya dengan adanya kebijakannya yang terbaru. Beberapa peraturan tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Video Short (Pendek) Dapat Dimonetisasi

Bagi konten kreator video short seperti mendapat angin segar. Pasalnya, pihak perusahaan mulai tahun depan akan menerapkan kebijakan monetisasi untuk video-video pendek dalam Youtube.

Besaran pendapatan bagi para konten kreator video short adalah 45% dari total hasil view yang didapat dengan sisanya dibagi dengan pihak Youtube.

kebijakan ini dapat memberikan peluang sama dalam mendapatkan penghasilan kepada konten kreator Youtube yang lebih expert dalam pembuatan video pendek.

2. Monetisasi Channel Youtube Tidak Harus 4000 jam Tayang

Kebijakan ini bukanlah isapan jempol belaka, atau hanya untuk clik bait. Pihak Youtube benar memberikan pilihan syarat monetisasi bagi para konten kreatornya. Yakni, monetisasi menggunakan video panjang atau dengan video short.

Ketentuan jumlah subscriber tetap, yakni harus mencapai 1000 subscriber.

Sedangkan pemenuhan durasi tayang untuk monetisasi menggunakan video panjang tetap dengan 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.

Namun, di satu sisi Youtube memberikan alternatif lain yang bisa dipilih para konten kreator untuk keperluan monetisasi, yakni menggunakan video short dengan ketentuan 10 juta views selama 3 bulan terakhir.

Syarat monetisasi ini bisa menjadi alternatif konten kreator untuk dapat segera me-monetisasi channel Youtube yang sedang dikelola, sekaligus membuka kesempatan untuk mendapatkan penghasilan lebih, pasalnya antara video pandang maupun video short ada nilai iklannya sendiri-sendiri.

Jadi, bagi kamu yang hari ini sedang mengelola channel Youtube dan masih dalam proses memenuhi syarat dan ketentuan monetisasi, siap-siap ketiban durian runtuh.