Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sambal Geprek Sederhana Enak Buat Sendiri di Rumah

Kita pastinya sudah sangat familier dengan menu ayam geprek. Sebuah menu yang sekilas dilihat mudah untuk dibuat. Selain kualitas ayam goreng dengan tepung krispi-nya, menu ini sangat tergantung dengan olahan sambal geprek-nya. Nah, kali ini kami bagikan cara membuat sambal geprek sederhana enak buat sendiri di rumah.

Terlepas dari pro kontra yang beredar di media mengenai klaim hak cipta siapa yang pertama kali mencetuskan ayam goreng yang dipenyet-penyet dengan sambal dan kemudian belakangan dikenal dengan sebutan ayam geprek, faktanya menu satu ini seperti sudah milik masyarakat sebagai bagian dari khazanah perkulineran di Indonesia.

cara membuat sambal geprek sederhana

Sehingga kini orang bebas memproduksi dan memperjual belikannya sendiri. Tetapi, buah dari perjalanan ayam geprek ini, akhirnya banyak orang membuat ayam geprek dengan jenis sambal ayam geprek yang beragam.

Beberapa sambal yang sering kita temukan dalam resep ayam geprek diantaranya seperti sambal korek, sambal bawang, sambal ijo, dan sambal kencur.

Membuat ayam geprek sendiri di rumah sebenarnya sangat mudah, asalkan kita tahu bagaimana cara membuat sambal geprek sederhana.

Mengapa dikatakan sederhana? Pasalnya bahan-bahan untuk membuat sambal geprek ini tidak sulit untuk dicari. Rata-rata di setiap dapur kita sudah tersedia. Kita tinggal mencari tahu bagaimana langkah-langkahnya agar berhasil membuat sambal geprek enak.

Cara Membuat Sambal Geprek Sederhana

Seperti dijelaskan sebelumnya, resep kunci membuat ayam geprek enak tergantung sambal geprek-nya. Oleh karenanya kali ini kita akan bagikan resep sambal geprek yang enak.

Untuk cara membuat ayam goreng kripsinya sangat mudah. Kita tinggal menyiapkan ayam yang sudah dipotong-potong. Sedangkan bumbu tepungnya, kita bisa membeli tepung krispi siap saji yang ada di toko-toko sekitar.

Sebagai tips tambahan, agar kematangan ayam merata − sebelumnya bisa direbus terlebih dulu 8-10 menit dalam air mendidih sebelum dibalur dengan bumbu tepung krispi. Selanjutnya tinggal goreng sampai warna ayam coklat keemasan.

Resep sambal sederhana dalam artikel ini adalah resep sambal geprek mentah. Bahan-bahan yang diperlukan sangat-sangat sederhana dengan proses yang simpel.

Tahu kan bagaimana cita rasa sambal pada ayam geprek yang bisanya kita beli seenak apa. Rahasianya di bahan-bahannya, seperti cabe atau bawang putih tidak melalui proses digoreng terlebih dulu sebelum diulek.

Dibawah ini bahan dan cara pembuatan selengkapnya.

Cara Membuat Sambal Geprek Bawang

Bahan-bahan yang harus disediakan diantaranya :

  • Bawang putih 1 siung
  • Bawang merah 3 siung
  • Cabai rawit merah 7 buah
  • Penyedap rasa/micin secukupnya
  • Minyak goreng 3 sdm
  • Garam secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, selanjutnya kita tinggal mengolahnya. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Masukkan semua bahan ke dalam cobek kecuali minyak goreng
  2. Ulek bahan sampai hancur, jangan terlalu lembut
  3. Panaskan minyak goreng sampai mendidih
  4. Siramkan minyak goreng ke ulekan sambal dan aduk rata
  5. Tuangkan sambal di atas ayam goreng sambil diulek-diulek

Ayam geprek buatan sendiri dengan sambal sederhana sudah jadi dan siap dihidangkan. Coba bandingkan rasanya dengan ayam geprek pinggir jalan sama atau tidak?. Kalau belum sama, tak kasih tahu rahasianya dimana.

Penjual geprek pinggir jalan biasanya memanfaatkan minyak goreng bekas penggorengan ayam sebagai campuran untuk membuat sambal geprek. Barangkali tips ini bisa dicoba. Atau mungkin, bisa menambahkan daun kemangi pada sambal sebagai variasi sekaligus untuk menambah cita rasa.

Demikian artikel berbagi resep kita kali ini, semoga tutorial cara membuat sambal geprek sederhana bisa membantu kamu bisa berkreasi dengan membuat ayam geprek enak sendiri di rumah.

Selamat mencoba.