Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Scan Tanda Tangan Paling Mudah Anti Ribet

Sudah banyak yang ngasih tutorial scan tanda tangan, namun kali ini akan saya share ke kalian cara scan tanda tangan paling mudah, nggak ribet, nggak perlu aplikasi macam-macam, dan pasti anti ribet kayak tutorial di situs lainnya.

Mengapa kata kunci ini seringkali dicari netizen? Pasalnya trik ini sangat membantu kita menyelesaikan tugas administrasi yang dituntut harus serba digital.

Sudah bukan zamannya kita bertahan dengan dokumentasi tercetak – meskipun nggak semua, untuk menjalankan tugas kantor dari pimpinan. Efisiensi waktu salah satu pertimbangannya. Dengan memanfaatkan surat digital, tugas kantor akan semakin cepat tersampaikan kepada karyawan dan sebaliknya.

Selain efisiensi waktu, penggunaan surat digital secara tidak langsung dapat mengurangi tingkat penebangan hutan yang kita tahu kertas merupakan salah satu produknya. Semakin sering kita mengurangi penggunaan kertas, maka semakin besar pohon-pohon di hutan Indonesia yang kita selamatkan.

Wal hasil tanpa disadari kita ikut serta menjaga ekosistem hutan di Indonesia tetap menjadi jantung oksigen dunia.

Maka disinilah letak pentingnya kita harus memulai membiasakan diri dengan surat-surat digital untuk menyelesaikan tugas-tugas kita. Untuk dapat membuatnya, maka perlunya kita belajar tentang cara scan tanda tangan.

cara scan tanda tangan paling mudah

Sebagaimana di awal tadi disinggung, bahwa sudah banyak yang membuat tutorial mengenai hal ini, tapi tahukah kalian ternyata ada kok cara yang paling mudah untuk membuat scan tanda tangan. Nah dibawah akan saya bagikan.

Awal-awal surat digital mulai populer, kebanyakan tahunya orang membuat scan dokumen, scan tanda tangan, stempel, ataupun lainnya harus menggunakan aplikasi-aplikasi yang disediakan Playstore.

Padahal lho ya, tanpa aplikasi-aplikasi itu yang terkadang justru membebani memori internal, kita bisa kok memanfaatkan Microsoft Word dalam komputer untuk membuatnya.

Yang pasti tutorial ini lebih mudah, praktis, anti ribet sana-sini. Cukup dengan modal kamera smartphone dan laptop.

Sebagai tambahan, pun kita dewasa ini dituntut untuk bekerja secara 5.0, kita perlu cerdas dalam melihat sebuah dokumen yang diterima. Seiring dengan mudahnya surat digital dibuat, ia berbanding lurus dengan besarnya kemungkinan pemalsuan dokumen.

Oleh karenanya, kita sebagai masyarakat era digital perlu membekali diri dengan sensitivitas terhadap situasi yang berkembang. Jangan-jangan sudah kadung melabeli diri sebagai kaum milenial, tapi ternyata dokumen hoax saja dianggap benar.

Cara Scan Tanda Tangan Paling Mudah

Dengan mengetahui trik membuat scan tanda tangan, ke depan pekerjaan kantormu akan semakin mudah diselesaikan. Bagaimana langkahnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Siapkan gambar tanda tangan di atas kertas putih

Guna menghasilkan scan tanda tangan yang bagus, maka pastikan kamu menyediakan gambar tanda tangan dengan kualitas terbaik. Ukuran terbaiknya gimana? Pokoknya kualitas tertinggi foto yang tersedia di smartphone kamu.

Tuliskan tanda tangan di atas kertas putih polos. Syukur-syukur menggunakan pulpen tebal agar mendapatkan hasil scan terbaik setelah diproses nantinya. Setelah itu foto menggunakan kamera smartphone.

2. Pindahkan gambar ke laptop tanpa kompresi

Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk memindahkan gambar yang disiapkan sebelumnya ke laptop tanpa kompresi. Pertama, transfer data melalui kabel usb, dan kedua, transfer data menggunakan sosial media tertaut pada laptop, seperti WhatsApp Web atau Web Telegram.

Cara pertama saya yakin sudah paham, langsung ke cara kedua. Jika kamu menggunakan Wa Web atau Web Telegram, pastikan bahwa kamu menggunakan metode pengiriman dengan kirim berkas. Apabila hanya sekedar kirim seperti biasa, maka gambar yang akan tersimpan di laptop akan terkompresi (ukuran kecil)

3. Masukkan gambar tanda tangan ke halaman kerja Word

Buka halaman kerja Word yang akan dibubuhkan tanda tangan. Setting-setting sedemikan rupa sesuai dengan keinginan, selanjutnya tarik dan tahan gambar tanda tangan ke dalam halaman kerja kamu.

Pada menu “picture”, pilih “wrap text”, kemudian pilih “in front of text”.

Selanjutnya sesuaikan saja ukuran gambar. Setelah ukuran sesuai, lanjutkan dengan mengklik menu “Recolor” pada sebelah kiri atas halaman dan pilih “Set Transparent Color”. Klik-kan pada ruang kosong gambar, maka gambar tanda tanganmu tadi sudah menjadi transparan.

4. Scan tanda tangan sudah jadi dan siap digunakan

Scan tanda tangan yang kamu buat sudah siap digunakan untuk mempermudah pekerjaan. Cara seperti ini bisa digunakan juga untuk membuat scan stempel. Misalnya kamu ingin membuat scan stempel kantor kamu, apabila sudah memiliki stempel fisiknya, kamu tinggal membubuhkan stempel basahnya di atas kertas putih, selanjutnya tinggal ulangi saja langkah-langkah seperti di atas.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga tutorial cara scan tanda tangan paling mudah ini bisa memberikan manfaat. Salam.