Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasukkan Lagu ke Flashdisk untuk Mobil dengan Mudah

Mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk mengatasi jenuh saat menyetir mobil. Kita bisa memanfaatkan port usb pada tape mobil untuk menancapkan flashdisk sebagai media penyimpanan lagu-lagu favorit yang akan kita putar. Nah, kali ini saya akan bagikan tutorial cara memasukkan lagu ke flashdisk untuk mobil.

Ada beberapa tipe orang ketika mereka mengendarai mobil, pertama mereka yang saat berkendara lebih suka dengan suasana sunyi dan kedua mereka yang lebih enjoy jika nuansa di dalam mobil layaknya seperti cafe yang full musik.

Atau tipe ketiga yakni campuran antara keduanya.

Biasanya, tipe pengendara sunyi ini karena mereka merasa dapat lebih fokus menyetir mobil dengan suasana di dalam mobil tenang, jadi nggak khawatir gagal fokus.

Sedangkan untuk tipe pengendara cafe, justru mereka akan lebih nyaman dan terasa energik saat menyetir mobil karena faktor ada musik sebagai penambah semangat, apalagi kalau subwofernya bisa jedag-jedug.

Dan untuk tipe campuran ini kondisional, menyesuaikan mood, kadang suasana mobil sunyi kayak kuburan, kadang juga rame ala cafe.

Mungkin kamu ada di tipe cafe atau campuran, makanya kamu masuk ke sini, hehe.

cara memasukkan lagu ke flashdisk untuk mobil

Pada prinsipnya, tape pada mobil yang ada port usb-nya difungsikan untuk meng-charge handphone, juga sebagai media penyimpanan file dengan format mp3 agar kita dapat memutar lagu selama berkendara.

Karena media pemutarnya adalah tape mobil, sebuah flashdisk yang diharapkan bisa dapat berfungsi saat dicolokkan pada port usb-nya – tentu ada tata caranya sendiri agar benar-benar fungsi, jadi tidak asal copy-paste dari laptop ke flashdisk gitu aja.

Barangkali diantara kita masih ada yang belum tahu bagaimana mensettingnya, makanya artikel tentang cara memasukkan lagu ke flashdisk untuk mobil ini saya tulis.

Tanpa perpanjang lebar lagi, kita langsung saja masuk ke tutorialnya, simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Memasukkan Lagu ke Flashdisk untuk Mobil

Supaya file mp3 dalam flashdisk bisa berfungsi dengan baik pada saat ditancapkan pada port usb tape mobil, ada dua hal pokok yang harus diperhatikan, sebagaimana berikut :

1. Jenis Flashdisk

Tidak sembarang flashdisk bisa digunakan untuk memutar file mp3 pada tape mobil, apalagi mobil jadul dengan kualitas tape alakadarnya.

Maksud tidak sembarang flashdisk bisa digunakan disini bukan soal merk flashdisk apa yang digunakan, melainkan besaran kapasitasnya.

Berdasarkan pengalaman, saya merekomendasikan flashdisk dengan ukuran penyimpanan 2gb. Besar-besarnya kapasitas ada pada flashdisk ukuran 4gb. Mengapa?

Hal ini berkaitan dengan compatible tidaknya antara flashdisk dengan jenis tape yang terpasang pada dashboard mobil. Mungkin mobil yang kamu gunakan tergolong baru dengan kualitas tape yang mumpuni, bisa jadi flashdisk dengan kapasitas berapapun tetap cocok.

Bagi pengguna mobil lawas, flashdisk ukuran 2gb sudah lebih dari cukup untuk menyimpan file mp3 lagu-lagu favorit kamu.

2. Format Flashdisk

Rahasia keberfungsian flashdisk ada pada point kedua ini. Trik inilah yang membuat sebagian dari kita gagal memanfaatkan flashdisk sebagai media penyimpanan untuk memutar lagu saat di dalam mobil.

Berbeda dengan fungsi flashdisk seperti biasanya yang hanya digunakan untuk memindah data, ketika kita ingin memanfaatkan flashdisk untuk memutar lagu, maka kita perlu memperhatikan langkah dalam mem-format flashdisk untuk audio mobil.

Siapkan laptop atau komputer dan 1 flashdisk, dan ikuti langkahnya berikut ini :

  1. Colokkan flashdisk pada komputer
  2. Pada menu explore, klik kanan pada drive flashdisk dan pilih format
  3. Pilih FAT32 (Default)
  4. Klik format
  5. Tunggu loading sampai selesai
  6. Masukkan lagu-lagu pada flashdisk

Sampai disini flashdisk kamu sudah siap digunakan, tinggal tancapkan pada port usb tape mobil, alihkan sumber audio menjadi usb, dan lagu-lagu pilihanmu dalam flashdisk bisa kamu putar di dalam mobil.

Sekian, tutorial singkat kali ini, semoga tutorial cara memasukkan lagu ke flashdisk untuk mobil membantu mengatasi masalah kamu.

Salam