Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menempel Scan Tanda Tangan Di Excel

Dalam mengerjakan laporan kantor, adakalanya kita membutuhkan trik bagaimana cara menempel scan tanda tangan di Excel, mengingat barangkali file dokumen laporan kita dikerjakan menggunakan Microsoft Excel. Kali ini kita akan membahasnya.

Sebagai seorang karyawan kantor, kita perlu membekali diri dengan kemampuan pengelolaan data atau lebih spesifiknya penguasaan skill dalam menjalankan Microsoft Office secara keseluruhan.

cara menempel scan tanda tangan di excel

Apabila Ms Office bisa kamu kuasai, yakin deh, perusahaan manapun sulit untuk menolak kehadiranmu.

Teringat dulu saat mengikuti praktikum komputer di bangku sekolah, sangat membosankan ketika guru kita mengajarkan ketik-mengetik di aplikasi Microsoft Office, lebih-lebih kita dipaksa mempelajari sekumpulan rumus-rumus Microsoft Excel.

Setelah dewasa baru sadar betapa pentingnya pelajaran ini, terlebih bagi kita yang bekerja sebagai karyawan dan sarat dengan sekumpulan berkas kantor. Seandainya kita menguasai aplikasi ini, pasti pekerjaan kita bisa diselesaikan lebih mudah dan tepat waktu.

Pun begitu, kita tidak perlu risau. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Banyak sekali situs di internet dapat kita gunakan untuk belajar Microsoft Office atau setidaknya tips dan trik tersembunyi yang bermanfaat untuk membantu pekerjaan semakin lebih mudah.

Bisa dikatakan blog ini salah satunya, mudah-mudahan begitu sih, hehe.

Tanpa terlalu panjang lebar lagi, karena saya yakin bagian ini tidak mungkin terbaca, malezin. Langsung saja scroll ke bawah untuk mendapatkan tips cara membuat tanda tangan di excel tanpa scan.

Cara Menempel Scan Tanda Tangan Di Excel

Proses pengaplikasian tanda tangan di Excel pada prinsipnya sama dengan tips pengaplikasian di Word. Paling terpenting ada bahan berupa tanda tangan dan kita tahu bagaimana cara membuatnya menjadi transparan di excel.

Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  1. Tuliskan tanda tangan di atas kertas putih polos / tanpa garis
  2. Foto menggunakan hp dan upayakan hasil foto jelas dan goresan puplen nampak tegas
  3. Transfer foto ttd ke laptop atau komputer tanpa kompresi untuk menjaga kualitas gambar
  4. Siapkan dokumen excel yang akan dibubuhkan tanda tangan digital
  5. Setelah dokumen siap, masukkan gambar ke lembar excel dengan klik “insert”, pilih “picture”, kemudian cari lokasi penyimpanan gambar tanda tangan yang sudah dipindahkan tadi dan klik “insert”
  6. Selanjutnya kita akan membuat gambar tanda tangan ini menjadi transparan dengan cara klik pada gambar terlebih dulu
  7. Pada tab menu picture, pilih “color” 
  8. Klik “Set Transparent Color”
  9. Dan tanda tangan kamu di Excel sudah menjadi transparan

Dokumen Excel untuk laporan kerja kamu sudah siap untuk diprint dan disodorkan kepada pimpinan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Barangkali kamu juga perlu membubuhkan scan stempel juga, caranya juga mudah kok, tinggal kamu ulangi saja tutorial seperti di atas. Perbedaannya hanya terletak pada objek yang harus discan, dari tanda tangan diganti dengan objek gambar stempel.

Terimakasih sudah berkunjung ke situs ini. Meskipun artikel cara menempel scan tanda tangan di Excel ini disajikan dengan bahasa yang alakadarnya mudah-mudahan tetap bisa diambil manfaatnya.

Silahkan membaca artikel lainnya yang sekiranya bermanfaat untuk kamu. Salam.