Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memutar Lagu di Tape Mobil dengan Flashdisk

KANGIZZA – Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tidak merasa jenuh saat mengendarai mobil. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa jenuh ketika menyetir mobil adalah dengan mendengarkan lagu. Namun, ternyata banyak yang belum tahu bagaimana memanfaatkan flashdisk sebagai penyimpan daftar lagu untuk digunakan di tape mobil. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, saya akan berbagi kepada teman-teman mengenai cara memutar lagu di tape mobil dengan flashdisk.

cara memutar lagu di tape mobil dengan flashdisk

Pasalnya, rasa jenuh ini jika diterus-terusin – pada gilirannya akan membuat kita mengantuk dan bisa berakibat fatal. Sebenarnya, selain mendengarkan lagu, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Seringkali kita melihat bapak-bapak sopir truck besar yang berkendara sambil merokok, itu sebenarnya mereka sedang mengusir rasa jenuh dan kantuk. Tapi ya memang, cara tersebut dilarang oleh kepolisian karena dianggap membahayakan.

Atau kita bisa mengurangi rasa jenuh saat mengendarai mobil dengan cara ngobrol bersama teman semobil kita. Yang repot itu kalau kita pas sendiri, atau status masih jomblo. Mau ngobrol sama siapa coba!!! Muehehehe

Kembali ke soal bagaimana cara memutar lagu di tape mobil dengan flashdisk, sebenarnya titik masalahnya terdapat pada format usb untuk audio mobil yang tidak terbaca. Makanya ada dari teman-teman yang mengeluhkan, flashdisk sudah diisi dengan banyak lagu, tapi setelah ditancapkan di port usb pada tape mobil ternyata kosong.

Tidak perlu khawatir, di bawah akan saya bagikan tipsnya. Kebetulan saya secara pribadi memiliki pengalaman sendiri kaitannya dengan hal ini. Di rumah ada mobil sedan Toyota Soluna tahun 2003 yang masih menggunakan fitur-fitur lawas, termasuk tape audio-nya. Setelah nyoba-nyoba, akhirnya flashdisk yang sudah terisi MP3 ini bisa diputar di tape mobil saya.

Cara Memutar Lagu di Tape Mobil dengan Flashdisk

Hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti, sebuah mobil lengkap dengan tape audio yang pasti, hehe, bercanda. Selanjutnya flashdisk dan laptop atau notebook.

Langkah teknis berikutnya, silahkan teman-teman simak penjelasan saya di bawah.

1. Flashdisk untuk Tape Audio Mobil

Jenis flashdisk yang bagaimana yang bisa digunakan untuk tape audio mobil?. Tidak ada patokan khusus berkaitan dengan hal itu, apalagi ngomong soal merknya. Semua jenis flashdisk bisa digunakan untuk media penyimpanan mp3 di tape mobil.

Sesuai dengan pengalaman yang saya alami sendiri, saya merekomendasikan kepada teman-teman untuk menggunakan usb flashdik dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, cukup 2 gb atau 4 gb saja. Hal ini sebagai antisipasi kemungkinan crash saat tape audio mobil membaca data dalam flashdisk.

Namun, pengalaman itu sangat relatif ya. Barangkali tape audio di mobil teman-teman sudah lebih kekinian bisa jadi flashdisk dengan kapasitas besar pun juga tidak menjadi masalah.

2. Format USB Audio Mobil

Titik point disini. Flashdisk yang tidak bisa digunakan untuk memutar lagu di tape mobil disebabkan format usb flashdisk yang salah. Langkah untuk mem- format usb untuk audio mobil adalah sebagai berikut :

  1. Tancapkan flasdisk di port usb laptop
  2. Klik kanan pada flashdisk dan pilih format
  3. Dalam tampilan menu format usb, silahkan pilih opsi FAT32 (Default) seperti gambar di bawah.
    format usb untuk audio mobil

  4. Klik format dan tunggu sampai selesai.
  5. Copy-kan lagu yang diinginkan dan flashdisk sudah siap dipakai.

Demikian tips dan tutorial yang dapat saya bagikan kepada teman-teman. Semoga artikel sederhana mengenai cara memutar lagu di tape mobil dengan flashdisk bisa bermanfaat bagi teman-teman yang berkunjung kesini.

Oh ya, jika teman-teman merupakan pecinta mobil sedan klasik, bisa berkunjung ke artikel saya lainnya yang membahas tentang 8 mobil sedan bekas murah yang paling banyak diminati.