Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan Menjadi Transparan dengan Mudah

KANGIZZA - Ingin buat scan tanda tangan tapi bingung gimana cara ngilangin backgroundnya biar transparan?. Kali ini kangizza.com akan berbagi kepada kalian 4 cara menghilangkan background tanda tangan menjadi transparan dengan mudah. Kalian cermati mana yang lebih simpel bagi kalian untuk membuat pekerjaan lebih efisien.

4 cara menghilangkan background tanda tangan menjadi transparan dengan mudah

Sebenarnya saya sudah menulis banyak artikel yang membahas segala tetek mbengek soal per-scan-an tanda tangan, salah satunya artikel saya yang berjudul “cara scan tanda tangan dengan aplikasi CamScanner dan penerapannya di word”, dan yakin banget deh sekarang sudah banyak yang tahu. “Kalau sudah tahu gitu kenapa masih ditulis juga bambaaang?”

Sebelumnya saya ingin disclaimer dulu yak. Fyi, jika kalian memang benar-benar membutuhkan informasi tentang cara menghilangkan background tanda tangan, kalian langsung saja scroll ke bagian tengah artikel, dari pada kalian membuang-buang waktu membaca muqoddimah saya yang ngalor-ngidul.

Salah satu artikel saya yang membahas tentang cara scan tanda tangan sempat merajai di urutan pertama halaman Google. Namun sejak tahun terakhir posisinya semakin turun. Ya ini yang membuat saya harus menulis satu artikel lagi dengan topik yang sama, sampe-sampe kehabisan kata-kata untuk memperpanjang kosa kata artikel.

Jadi maaf ya .... kalo pendahuluannya malah curhat, hehe

Berdasarkan hasil dari cari-cari info sana-sini, salah satu cara untuk mempertahankan posisi ranking 1 di halaman pertama google adalah dengan membuat lebih banyak artikel yang membahas 1 topik yang sama dengan artikel sebelumnya.

So, artikel saya kali ini salah satu tujuannya adalah uji coba untuk menaikkan ranking artikel saya dengan salah satu kata kunci (keyword), diantaranya cara membuat tanda tangan di word. Coba nanti dilihat hasilnya, apakah artikel saya akan kembali merajai page one google.

Tapi.... sepragmatis-pragmatisnya saya, saya tetap mencoba memberikan yang terbaik kepada kalian. Sekali lagi, langsung scroll saja ke bawah untuk mendapatkan informasi mengenai cara menghilangkan background tanda tangan.

Ibarat kata, saya sudah mblenger dengan topik ini, tapi apa mau dikata, satu-satunya kata kunci yang bisa membuat pageview saya stabil di angka 200 pv sehari, turun drastis diangka 50, makanya melalui artikel ini saya coba untuk menaikkannya lagi. Mudah-mudahan berhasil.

Setelah tak baca-baca, pendahuluan sudah lumayan buat manjang-manjangin artikel, muehehe. Dan kita selanjutnya masuk ke pembahasan inti.

Peralatan yang Disiapkan untuk Menghilangkan Background Tanda Tangan

Peralatan yang harus kalian siapkan untuk membuat scan tanda tangan dengan fokus menghilangkan background gambar tanda tangan adalah :

  • Laptop
  • Handphone android
  • kertas putih
  • Pulpen

Mau dipanjang-panjangin gimana untuk sub bab satu ini, lha wong cuma peralatan. Ya yang jelas untuk melakukan tips cara menghapus background tanda tangan laptop harus normal, ada aplikasi office, hp normal bisa diinstal aplikasi, sudah cukup ini yang paling pokok.

Tuliskan tanda tangan kalian di atas kertas putih yang telah kalian sediakan. Pastikan goresan tanda tangan tertulis dengan jelas untuk memperoleh hasil scanan yang berkualitas.

Selanjutnya, foto gambar tanda tangan tersebut menggunakan hp android kalian, setelah itu pindahkan ke dalam laptop untuk kita olah dengan empat trik dalam artikel ini yang bisa kalian pilih.

Aslinya, kalau saya melihat blog-blog yang lain, apalagi yang ngomongin tentang tutoril, sekian banyak tulisan yang begitu panjang sebagai pendahuluan, itu hanya sebatas gimmick kalau di dunia kreator audio video.

Dalam dunia blogging ya pokok tulisannya dipanjang-panjangin – ditambah sebaran kata kunci yang dibidik − dipasang secara natural di setiap paragraf untuk kebutuhan SEO, dan intinya berada di bagian tengah sampai bawah sebelum penutup artikel.

Misalnya, kalian ingin menaikkan rangking dari kata kunci cara membuat scan tanda tangan di word, maka kalian harus membuat artikel dengan kata kunci cara memasukkan tanda tangan di word sebagaimana yang sedang saya praktekkan. Sedangkan bagaimana hasilnya?, kita lihat saja nanti.

Kembali lagi ke soal inti pembahasan artikel saya kali ini. Saya akan membagikan kepada kalian tentang 4 cara menghilangkan background tanda tangan menjadi transparan, diantaranya :

  • Cara menghilangkan background tanda tangan di word
  • Cara menghilangkan background tanda tangan di Corel
  • Cara menghilangkan background tanda tangan di Aplikasi Camscanner
  • Cara menghilangkan background scan tanda tangan online

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan di Word

Trik pertama yakni memanfaatkan fitur yang tersedia di dalam Microsoft Word untuk menghilangkan bakcground tanda tangan.

Tidak hanya aplikasi semacam Corel atau Photoshop saja yang bisa digunakan untuk menghapus background suatu objek, di Word pun juga menyediakan, ini yang jarang diketahui banyak orang.

4 cara menghilangkan background tanda tangan menjadi transparan dengan mudah

Silahkan kalian ikuti langkah-langkah cara menghilangkan background tanda tangan di word selengkapnya di bawah ini :

  1. Buka new document word di laptop kalian
  2. Klik pada tab insert, pilih picture, kemudian pilih gambar tanda tangan yang diinginkan
  3. Kalau dibutuhkan penyesuaian ukuran, gunakan menu crop
  4. Pada tab Picture Tools, klik menu “Remove Background”
  5. Pastikan tanda tangan masuk di dalam kotak
  6. “Mark Areas to Keep”, menu untuk menentukan bagian yang dipertahankan
  7. “Mark Areas to Remove”, menu untuk menentukan bagian yang dihilangkan
  8. Kurang lebih pengaturannya sesuai gambar di atas.
  9. Hasilnya seperti yang ada di bawah.

4 cara menghilangkan background tanda tangan menjadi transparan dengan mudah

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan di Corel

Bagi kalian para desain grafis, tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Corel. Namun, pastinya info ini bukan lagi ditujukan kepada kalian, nguyahi segoro ibarat bahasa jawanya.

Sedangkan bagi kalian yang hanya sekedar tahu tentang Corel, pasalnya kalian juga dapat menggunakan Corel untuk mempermudah kalian membuat scan tanda tangan dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di Corel untuk melakukan trik cara menghapus background tanda tangan menjadi transparan dengan mudah.

4 cara menghilangkan background tanda tangan menjadi transparan dengan mudah

Langsung saja, pastikan di laptop kalian sudah terinstal Corel. Selanjutnya ikuti tahapan yang saya tuliskan di bawah ini :

  1. Buka aplikasi Corel Draw
  2. Masukkan gambar tanda tangan ke dalam halaman Corel yang sudah kalian buat
  3. Klik pada tab menu “bitmaps” (cari di menu deretan bagian atas), pilih “Convert to Bitmaps”
  4. Klik ok
  5. Cari menu “edit bitmap” dan klik
  6. Apabila dirasa gambar terlalu lebar dengan objek tanda tangan, kalian bisa melakukan cropping
  7. Gunakan menu “magic wand mask” dan klik-kan ke bagian yang ingin dihapus, setelah terseleksi dengan sempurna klik tombol delete pada keyboard.
  8. Klik “finish editing” dan lihat hasilnya.

Setelah itu kalian tinggal save dalam format jpg atau png ke dalam laptop kalian, scan tanda tangan kalian hasil olahan Corel siap digunakan kapan saja.

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan di Aplikasi CamScanner

Nah, trik yang satu ini perlu dipanjangin juga enih pembahasannya, muehehe. Jadi begini, kalau soal pembuatan scan tanda tangan apalagi yang berhubungan dengan aplikasi CamScanner – seperti yang saya katakan sebelumnya, mblenger saya-nya. Pasalnya saya sudah pernah menulis dengan topik serupa sebelumnya, setidaknya ada dua atau tiga artikel.

4 cara menghilangkan background tanda tangan menjadi transparan dengan mudah

Tapi apa boleh buat, lagi-lagi pragamtisme yang harus saya kedepankan, demi menaikkan lagi rangking salah satu artikel di halaman pertama google.

Jadi, bagi kalian yang memang membutuhkan informasi mengenai tips ini, langsung saja kalian searching artikel saya yang berjudul cara membuat scan tanda tangan di Word atau klik link yang sudah saya pasang dalam paragraf ini.

Cara Menghilangkan Background Scan Tanda Tangan Online

Dari keempat trik yang saya tawarkan dalam artikel, trik yang terakhir ini yang menurut saya paling simpel dan sangat recommended untuk kalian coba.

4 cara menghilangkan background tanda tangan menjadi transparan dengan mudah

Yakni dengan memanfaatkan situs online yang menawarkan fitur menghilangkan background secara mudah dan efisien.

Situs penghapus background online ini adalah remove.bg, kalian cukup mengetikkan  "remove.bg" di url browser yang kalian gunakan, dan kalian akan langsung masuk ke dalam situsnya.

Cara kerja dari situs ini juga sangat mudah, tinggal unggah gambar tanda tangan yang kalian inginkan, dan hapus backgroundnya dan selesai.

Fyi, selain untuk menghapus background tanda tangan, remove.bg ini juga bisa digunakan untuk menghapus background suatu objek gambar lainnya, misal pas photo atau objek gambar sejenisnya.

Kesimpulannya, trik keempat ini yang paling recommended bagi kalian yang ingin membuat scan tanda tangan online secara mudah dan cepat.

Sekian dari saya, terimakasih sudah berkunjung ke blog pribadi saya melalui artikel 4 cara menghilangkan background tanda tangan menjadi transparan, semoga bisa bermanfaat buat kalian semua.

Salam.