Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sambal Bawang Enak dan Gurih, Bisa Bikin Sendiri di Rumah

Setelah sekian lama tidak menulis, akhirnya ada kesempatan untuk menulis lagi. Meskipun kali ini topiknya pun juga nggak berat-berat, lagian tulisan kali untuk pemanasan, nggak kuat kalau dipaksa nulis yang berat-berat. Semoga bermanfaat aja. Pada kesempatan ini saya akan bagikan tips tentang cara membuat sambal bawang tentunya yang enak, gurih dan pastinya bisa pembaca praktekkan sendiri di rumah.

Btw, Indonesia yang kaya akan kulinernya, memiliki banyak ragam sambal; mulai dari sambal plelek, sambal terong, sambal kemangi, sambal mentah, sambal tomat, sambal terasi, dan masih banyak jenis sambal lainnya yang bisa kita nikmati.

cara membuat sambal bawang

Bahkan, karena saking banyaknya ragam jenis sambal yang ada di Indonesia, bisa kita temukan banyak rumah makan yang expert menyediakan berbagai olahan sambal sebagai daya tarik utamanya. Tidak sedikit juga yang gara-gara sambal, banyak pengusaha kuliner yang terinspirasi kemudian membuat sambal yang tidak hanya dijajakan di lokal Indonesia saja, melainkan sampai di-ekspor ke luar negeri.

Kembali ke topik awal, cara membuat sambal bawang, tulisan ini tidak akan membahas variasi-variasi sambal nusantara, tetapi lebih untuk memenuhi kebutuhan pembaca yang sedang kelaparan di rumah, tidak ada mie instan, apalagi istri yang siap memasakkan buat pembaca. Jadi situasi sedang mengkhawatirkan.

Tidak berlama-lama, berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Bahan dan Cara Membuat Sambal Bawang Enak dan Gurih

Bahan sambal bawang enak

Sebelum memulai proses pembuatan sambal bawang, terlebih dulu sediakan bahan-bahannya sebagai berikut :

  • 75 gram cabe rawit merah
  • 6 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 100 ml minyak goreng
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kaldu jamur (opsional)
  • ¼ sdt gula
  • Jeruk nipis

Cara membuat sambal bawang enak

Proses pembuatan sambal bawang enak sangatlah mudah, kalian pasti membuatnya sendiri di rumah. Dibawah ini langkah-langkahnya.

  1. Cuci sampai bersih bahan-bahan utama sebagaimana tercantum di atas seperti cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih dan jeruk nipis
  2. Panaskan minyak pada wajan
  3. Tumis cabe rawit merah, bawang merah dan bawang putih pada minyak yang sudah dipanaskan sampai matang
  4. Setelah matang, tuang pada cobek atau wadah ulek
  5. Masukkan garam kemudian ulek semua bahan tersebut sampai lembut, atau hasil ulekan kasar jika kalian lebih suka sambal yang bertekstur
  6. Selanjutnya masukkan minyak sisa penggorengan ke dalam ulekan bahan tadi. Pastikan bahwa minyak ini dalam kondisi benar-benar panas
  7. Sambil dicampur, masukan kaldu jamur dan gula
  8. Agar semakin lebih segar beri perasan jeruk nipis dan sambal bawang siap dihidangkan.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Kalian yang ngekos atau ngontrak dan kebetulan situasi lumayan darurat, bisa mencoba tips cara membuat sambal bawang ini, mudah dan simpel. Tinggal sesuaikan saja dengan selera kalian mau dimakan dengan apa, terong goreng, ayam, tahu, tempe atau mungkin lauk lainnya yang kalian suka.

Demikian tips cara membuat sambal bawang tentunya dengan cita rasa yang enak dan nikmat, tentunya mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Karena waktu posting artikel berketepatan Hari Raya Idul Fitri, tidak lupa saya ucapkan, minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga di hari yang suci ini kita senantiasa diberikan kemudahan dan keberkahan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Selamat menikmati waktu kumpul bersama keluarga.