Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

50 Soal Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawabannya PDF Lengkap Tinggal Pakai

Beban tugas administrasi guru semakin hari semakin banyak, padahal substansi menjadi guru ada mengajar dan mendidik serta mendampingi para siswa untuk mampu mengembangkan bakat dan potensi masing-masing. Sayangnya, lagu klasik dalam dunia pendidikan masih saja berlaku sampai dewasa ini, ganti menteri ganti kurikulum ganti program yang pada ujungnya hanya semakin menambah beban administrasi para guru. Oleh karenanya, izinkan kami membagikan 50 soal Matematika kelas 6 dan kunci jawabannya pdf untuk membantu bapak/ibu guru khususnya yang mengampu mata pelajaran Matematika.

50 soal matematika kelas 6 dan kunci jawabannya pdf

Kami sangat menyadari bahwa perkembangan zaman sarat teknologi tidak bisa terelakkan. Sebagai dampak dari dinamika tersebut, menuntut para guru untuk melaksanakan tugas kependidikan dengan cepat dan tepat. Namun pada satu sisi, bertumpuk tugas administrasi semakin dibebankan kepada para guru yang seharusnya fokus untuk mengajar anak didik, atau dalam bahasa lain guru juga dituntut untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan para karyawan bagian Tata Usaha (TU).

Kumpulan Soal Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawabannya Pdf

Sebagai solusi atas semua kemelut administrasi tersebut, maka para guru harus pandai-pandai dalam menyikapi setiap tugas yang harus dilaksanakan. Salah satu cara yang mesti dilakukan adalah memanfaatkan kemajuan teknologi itu sendiri. Begitu banyak informasi dan data yang tersebar di internet. Meskipun begitu, sebagai pendidik tidak elok rasanya apabila menelan mentah-mentah segala hal yang ada di internet sebelum dicarikan informasi pembanding dari sumber lainnya.

Contoh, mendekati Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) biasanya guru Matematika diminta menyiapkan lembaran soal sebagai alat evaluasi pembelajaran kepada para siswa. Agar seluruh tugas dapat dilaksanakan tepat waktu, maka guru bisa memanfaatkan internet untuk “mengumpulkan bahan soal” yang nantinya diujikan pada siswa, jadi tidak hanya copy-paste saja. Tentunya cara ini sangat membantu Bapak/Ibu guru dalam menyiapkan soal.

Sebagaimana artikel ini yang membahas 50 soal Matematika kelas 6 dan kunci jawabannya pdf patut untuk Bapak/Ibu manfaatkan guna mempermudah pekerjaan administrasi yang mengantri. Tetapi, sekali lagi sangat disarankan untuk memodifikasinya agar Bapak/Ibu tetap mendapatkan keberkahan dalam mengajar.

Download 50 Soal Matematika Kelas 6 dan Kunci Jawabannya Pdf

Guna mempermudahkannya lagi, dalam artikel ini Bapak/Ibu tidak perlu ribet untuk harus copas dan merapikannya lagi pada lembaran office, karena kami juga menyediakan link yang bisa diunduh untuk mendapatkan file mentahan, sehingga lebih mudah untuk melakukan modifikasi soal. File mentahannya bisa didapatkan melalui link di bawah.

Berikut dibawah ini sebagai review dari soal-soal yang kami bagikan kepada pembaca :

  1. Ibu desti menyuruh anaknya Reni untuk membeli Gula pasir 2 ½ kg dan beras 5 ¾ kg. Bentuk desimal dari pecahan diatas adalah ….
    a. Gula pasir 2,20 kg dan beras 5,75 kg
    b. Gula pasir 2,50 kg dan beras 5,25 kg
    c. Gula pasir 2,50 kg dan beras 5,75 kg
    d. Gula pasir 2,55 kg dan beras 5,65 kg

  2. Bu Rini mempunyai kain merah sepanjang 5/7  meter dan 1  4/5 meter kain kuning. Kemudian beliau membeli lagi kain merah sepanjang 3/4 meter. Kemudian kain merah itu digunakan untuk membuat rok yang membutuhkan 1 ¼ meter dan menghabiskan 11/2 meter kain kuning untuk baju.
    Pernyataan berikut yang benar berdasarkan teks diatas yaitu …. (Jawaban lebih dari satu)
    a. Jumlah kain merah Bu Rini sepanjang 113/28 meter
    b. Sisa kain merah setelah dibuat rok adalah ¼ meter
    c. Sisa kain kuning setelah dibuat baju adalah 3/10 meter
    d. Jumlah kain seluruhnya adalah 2 ½ meter

  3. Rani pergi les tiap 4 hari sekali, Sari pergi les tiap 5 hari sekali sekali. Jika pada tanggal 1 Agustus mereka pergi les Bersama untuk pertama kalinya, maka mereka bertiga akan pergi les Bersama lagi pada tanggal ….

  4. Pak Camat akan membagikan sembako kepada warganya. Adapun yang dibagi yaitu beras 20 kwintal, telur 250 kg . adapun pembagian itu akan dimasukkan ke dalam kantong dengan sama banyak. Ada berapa kantong plastik yang perlu disiapkan panitia untuk membaginya dan berapa isi dari masing–masing kantong plastik tersebut?

  5. Sebuah meja berbentuk lingkaran memiliki diameter 1,4 meter. Di atas meja tersebut akan dipasang kaca sesuai dengan luas meja tersebut. Berapakah luas kaca yang diperlukan?

  6. Pada peta tertulis skala 1 : 500.000 artinya .... (jawaban lebih dari satu)
    a. Setiap 1 cm jarak pada peta mewakili 500.000 cm jarak yang sebenarnya
    b. Setiap 1 cm jarak yang sebenarnya mewakili 500.000 atau 5 km pada peta
    c. Setiap 1 cm jarak pada peta mewakili 5 km jarak yang sebenarnya
    d. Setiap 500.000 cm jarak sebenarnya mewakili 1 cm jarak peta

Unduh 50 soal Matematika kelas 6 dan kunci jawabannya pdf selengkapnya

Demikian 50 soal Matematika kelas 6 dan kunci jawabannya pdf dari kami, semoga dapat membantu Bapak/Ibu dalam menyelesaikan pekerjaan sekolah dengan efektif dan efisien. Mari saling dukung untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.