Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Air di Speaker HP Tanpa Bongkar Nggak Ribet

Dewasa ini, smartphone telah menjadi bagian primer dari kebutuhan masyarakat untuk menunjang komunikasi dan mobilitas penggunanya. Penggunaan smartphone (hp) dalam jangka waktu lama, bisa saja mengalami penurun fungsi atau kerusakaan akibat ketidaksengajaan pengguna seperti benturan, goresan, tercebur air, kemasukan debu atau memang karena faktor usia hp. Kali ini akan kami bahas cara menghilangkan air di speaker hp sebagaimana yang pembaca cari di mesin pencari Google, tentunya dengan cara yang simpel dan teruji keberhasilannya.

cara menghilangkan air di speaker hp

Tulisan ini berawal dari pengalaman pribadi beberapa waktu yang lalu, tidak ada hujan tidak ada petir, tiba-tiba speaker hp kemresek putus nyambung putus nyambung saat dibuat telfun. Kirain karena sinyal yang sedang busuk, ternyata memang faktor speaker yang memang ambyar.

Tidak perlu ditanya panik apa nggak? Yang jelas bikin nambah-nambahin pikiran, minimal mengganggu fokus waktu ngopi santai, berganti dengan fokus scrooling di website dan Youtube buat nyari tutorial cara menghilangkan air di speaker hp, siapa tahu dapat tutorial yang simpel tanpa harus membawa hp ke tukang servis untuk dibongkar. Kan lumayan menghemat isi dompet, nggak harus keluar biaya.

Selama proses penjelajahan di internet, sembari memutar ingatan seputar peristiwa yang berhubungan dengan hp saya. Memang di waktu-waktu sebelumnya, hp saya sempat mengalami beberapa insiden, seperti jatuh sampai membuat retak pelindung layar. Selain itu, sebatang rokok dan hp sudah barang tentu menjadi teman saat menjalani rutinitas di di dalam toilet. Asumsi saya, bisa jadi speaker hp tidak sengaja kemasukan air seusai rutinitas tersebut yang membuatnya menjadi bermasalah.

Beberapa asumsi lain, mungkin juga speaker hp saya yang rusak kemresek ini karena sudah saking lama pemakaian, tanpa disadari sudah banyak debu-debu halus yang masuk sehingga mengganggu kinerja speaker hp, dan asumsi-asumsi lainnya yang ntah benar atau tidaknya.

Cara Menghilangkan Air di Speaker HP

Yang jelas, mengalami speaker hp bermasalah pasti membuat risih penggunanya. Lha, masak iya setiap menelepon harus di-loudspeaker, pastinya ngganggu tetangga lah ya.

Nah, setelah mencari tutorial dengan kata kunci cara menghilangkan air di speaker hp dan sekaligus trial and error dari beragam sumber yang muncul di mesin pencari dan Youtube, saya mendapatkan solusi jitu bagi teman-teman yang mengalami kurang lebih kasus serupa seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kalau kasusnya karuan hp-mu terlindas truk nggak perlu baca artikel ini karena mustahil, langsung beli baru saja.

Solusi yang saya tawarkan kepada pembaca sudah melalui uji coba dan terbukti mampu mengembalikan suara hp kemresek dengan asumsi penyebab terkuat yakni kemasukan air atau debu − tidak perlu bongkar-bongkar hp atau membawanya ke tukang servis, tetapi cukup dengan menginstal aplikasi untuk mengeluarkan air dari hp.

Apa nama aplikasinya? Eits, sabar, ini juga mau saya tulis. Aplikasi untuk mengeluarkan air dari hp ini bernama Stealth Player yang bisa kamu unduh melalui Playstore.

Stealth Player Aplikasi untuk Mengeluarkan Air dari HP

Karena kerusakan sebagaimana penjelasan sebelumnya terjadi pada speaker hp bagian atas dengan asumsi sebab kemasukan debu atau air yang membuatnya menjadi kemresek, maka kamu perlu menginstal aplikasi ini terlebih dulu. Sistem kerja dari aplikasi Stealth Player yakni mengalihkan suara keluar dari speaker bawah (loudspeaker) ke speaker atas hp yang biasanya digunakan untuk telepon.

Penjelasan singkatnya, debu atau air yang masuk dan menempel pada speaker akan keluar akibat getaran pada komponen speaker sebagai hasil dari dibunyikan rekaman suara ber-frekuensi tinggi dengan memanfaatkan aplikasi untuk mengeluarkan air dari hp, Stealth Player.

Nah, biar lebih jelas simak langkah-langkah mengeluarkan air dari hp sebagai berikut :

  1. Instal aplikasi Stealth Player melalui Playstore
  2. Download rekaman suara penghilang air dan debu dari hp dengan klik disini
  3. Buka aplikasi dan cari file rekaman suara yang sudah di-unduh
  4. Putar file tersebut setidaknya 10 menit
  5. Taruh hp dengan posisi tengkurap atau miring yang memudahkan debu atau air keluar.

Tinggal lihat keajaiban yang terjadi pada hp -mu. Speaker hp bagian atas yang biasanya dibuat telepon − yang awalnya kemresek pasti akan kembali normal.

Cara menghilangkan air di speaker hp ini juga bisa digunakan pada speaker hp bagian bawah atau loudspeaker yang mengalami kerusakan (kemresek). Bedanya, penerapan tutorial ini tidak memerlukan bantuan aplikasi.

Apabila kamu mengalaminya, maka tinggal putar saja file rekaman suara penghilang air dan debu dari hp tadi dan lihat hasilnya.

Demikian, tutorial tentang cara menghilangkan air di speaker hp kali ini. Semoga speaker hp mu yang kemresek bisa normal kembali.

Salam.