Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Motor Bebek Paling Irit BBM di Indonesia Saat Ini, Ramah Buat Dompetmu

Meski motor bebek sudah tidak lagi sepopuler dulu, namun nyatanya, ia masih menjadi pilihan bagi masyarakat di pasar otomotif Indonesia. Apalagi jika bukan alasan karena keiritan konsumsi BBM dan mesin bandel dengan perawatan mudah. Maka, topik motor bebek paling irit BBM ini layak untuk dibahas.

motor bebek paling irit

Fakta bahwa beberapa pabrikan motor tetap mempertahankan segmen penjualan motor bebek. Sebut saja Honda, pabrikan yang berlogo sayap tersebut masih menjual Supra X 125, Revo dan Supra GTR 150 yang tentunya sudah menggunakan teknologi injeksi untuk memaksimalkan pembakaran BBM.

Seperti Supra X 125, sudah sejak dulu terkenal dengan keiritannya, apalagi sudah dilengkapi dengan sistem injeksi terbaru. Bisa dibayangkan betapa senyum bahagia dompet kamu.

Dari pabrikan lainnya, Yamaha, juga masih mempertahankan produksi motor bebek; Jupiter Z!, Vega Force dan MX King 150 terbukti masih banyak kita temui jalan raya.

Artinya, pasar motor bebek bagi pabrikan cukup menggiurkan bagi perusahaan senyampang dengan animo masyarakat terhadap kebutuhan motor bebek yang cukup stabil. Selain faktor bandel dan irit BBM, kepopuleran motor bebek yang berada di bawah motor matic, membuatnya bisa didapatkan dengan harga murah.

Lantas, sepeda motor bebek apa saja yang paling irit BBM di Indonesia saat ini?

5 Motor Bebek Paling Irit BBM di Indonesia

1. Supra X 125 FI

Salah satu motor bebek yang masih dipertahankan pabrikan hingga saat ini adalah Honda Supra. Apabila dihitung, usia Supra X sudah lebih dari 20 tahun menemani masyarakat Indonesia sampai kemunculannya seri terbaru Supra X 125 FI.

motor bebek paling irit 1

Banyak hal yang membuat Supra ini begitu eksis sampai sekarang. Diantaranya, Desain Bodi yang compact, stylish dan tidak termakan zaman. Produk terlama pun sudah ada kesan tersebut, apalagi keluaran terbaru, Supra X 125 FI.

Banyak teknologi dan fitur-fitur terbaru dipasang di motor bebek terbaik ini yang tentu membuatnya semakin menarik perhatian pasar. Diantaranya penggunaan fitur teknologi mesin PGM FI (Full Injection) yang memaksimalkan pembakaran bahan bakar sehingga menjadi lebih irit BBM.

Dibekali mesin berkapasitas 124,89 cc 1 silinder tipe SOHC, membuat motor bebek andalan Honda menjadi salah satu motor bebek yang ramah lingkungan. Dengan mesin tersebut, Supra X 125 FI mampu menghasilkan tenaga 996 hp pada 10,1 PS dan torsi sebesar 9,3 Nm pada 4.000 rpm.

Berdasarkan beberapa referensi terpercaya, Supra X 125 FI diklaim mampu memaksimalkan pembakaran BBM sampai 57,2 km/liter.

2. Honda Revo Fit FI

Motor bebek paling irit selanjutnya adalah Honda Revo Fit FI. Pabrikan memberinya mesin berkapasitas 109,17 cc dengan satu silinder. Sama seperti Supra di atas, ia dibekali mesin tipe SOHC yang terkenal luar biasa irit.

Meskipun tidak terlalu banyak fitur wah yang melekat, ia tergolong nyaman digunakan berkendara karena masih mempertahankan penggunaan velg jari-jari (tipe sw) ditambah dengan busa jok yang tebal.

motor bebek paling irit 2

Tidak mengherankan jika banyak kamu temukan tukang leasing ber-sliweran berkeliling di gang-gang sekitar rumah kamu buat nagih hutang nasabah menggunakan Honda Revo Fit FI sebagai tunggangannya. Karena apa? Apalagi kalau bukan alasan irit BBM, nyaman, dan perawatan yang mudah.

Soal performa, mesin DOHC 110 cc (dibulatkan) milik Honda Revo ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 8,91 PS pada rpm 7.500 dengan sistem pendingin udara. Sedangkan kapasitas tangki BBM maksimal 4 liter − yang jika diibaratkan mampu melaju dari Cirebon ke Jakarta dengan jarak 248 m.

Pengujian konsumsi BBM motor pabrikan berlogo sayap merah ini mencatatkan angka 62,20 km setiap 1 liter dengan metode pengujian ECE-R40 Euro 2. Jadi dipastikan sangat irit pol.

Motor bebek paling irit satu ini bisa kamu dapatkan dengan bandrol harga sebesar 16 jutaan saja.

3. Honda Revo X

Sebagai salah satu varian produk motor bebek paling irit milik Honda, Revo X layak untuk masuk nominasi. Pasalnya, kedua motor ini memiliki spesifikasi yang sama. Artinya, Revo X memiliki kelebihan juga dalam hal keiritan serta ketangguhan mesin. Pembedanya hanya soal tampilan, fitur, dan harga tentunya.

motor bebek paling irit 3

Soal mesin, sama seperti Revo Fit, mesin yang ditanamkan sudah menggunakan PGM-FI sebagai sistem pembakaran BBM sehingga membuatnya layak masuk nominasi sebagai motor bebek irit.

Aspek tampilan, Revo X berpenampilan lebih sporty dengan body aksen kisi-kisi udara dan penggunaan velg bintang. Untuk suspeni, sama seperti Revo Fit, dimana ia terpasang suspensi jenis ganda pada bagian belakang dan bagian depan menggunakan suspensi teleskopik. Sistem pengereman bagian depan menggunakan cakram dan tromol untuk bagian belakang.

Kamu yang berminat meminang Revo X, tersedia dua varian warna dan striping; quantum black dan attractive. Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, ia dibandrol lebih mahal 2 juta dibandingkan Revo Fit.

4. Yamaha Jupiter Z1

Sekarang kita beralih ke pabrikan pesaing, Yamaha. Pabrikan satu ini, sekarang sedang mendapatkan momen puncak dimana produk matic-nya, NMAX menjuarai penjualan motor paling laris di Indonesia. Entah bagaimana ceritanya, motor matic yang harusnya diperuntukkan bagi kaum hawa, justru sekarang menjadi pangsa pasar menembus batas gender.

motor bebek paling irit 4

Pun begitu, Yamaha sampai saat ini juga masih mengeluarkan produk motor bebek yang pernah laris di awal tahun 2000-an, yakni Jupiter Z. Nama Jupiter Z yang sudah terlanjur melegenda, masih dimanfaatkan oleh Yamaha untuk memenuhi pangsa pasar motor bebek di Indonesia dengan keluaran seri terakhir Yamaha Jupiter Z1.

Tidak banyak fitur yang melekat pada Jupiter Z1, meskipun begitu masih banyak keunggulan yang bisa membuatmu meliriknya kembali. Beberapa diantaranya seperti kunci kontak bermagnet yang menambah keamanan motor dari tangan-tangan jahil, tampilan sporty, bodi lebih stylish dan penggunaan velg bintang.

Satu hal lagi yang patut kamu simak adalah soal keiritannya. Yamaha membekali Jupiter Z1 dengan tipe mesin SOHC, 1 silinder, 4 percepatan dan sistem pendingin udara. Pastinya sudah menggunakan injeksi sebagai sistem bahan bakarnya. Dengan mesin tersebut, Jupiter Z1 diyakini mampu memberikan sistem pembakaran yang irit sampai angka 55 km/liter.

5. Yamaha Vega Force

Masih dalam pabrikan yang sama, motor bebek paling irit berikutnya Yamaha Vega Force. Perbedaan paling mencolok dari saudara kandungnya, Jupiter Z1, ia memiliki body yang lebih ramping.

motor bebek paling irit 5

Secara fitur keseluruhan yang dipasang tidak jauh berbeda dengan Jupiter Z1. Misalnya dari kapasitas mesin, Vega Force dibekali mesin sama 115 cc. Namun secara performa, memang lebih rendah dibandingkan Jupiter. Meskipun jenis mesin yang ditanam di dalamnya sama, namun Vega Force mampu mengeluarkan tenaga 9,53 Nm pada 5.500 rpm yang lebih rendah jika dibandingkan Jupiter. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Vega Force mampu melaju dengan konsumsi BBM sebesar 56,5 km/liter.

Karena torsi yang mampu dikeluarkan lebih rendah dibandingkan Jupiter, maka Vega Force dipastikan lebih irit dan pastinya harga lebih murah, yakni cukup di harga 16 jutaan saja.

Kesimpulan

Dari pemaparan diatas, kita dapat menarik kesimpulan, bahwa semakin kecil tenaga mesin pada sebuah motor bebek, maka ia akan semakin irit dalam konsumsi BBM, begitu juga sebaliknya.

Berdasarkan uraian data diatas dengan melihat konsumsi BBM pada setiap motor, maka kita dapat ambil nominasi teratas-terbawah sebagai motor bebek paling irit sebagai berikut :

  1. Revo Fit FI - 62,20 km/liter
  2. Revo X - 62,20 km/liter
  3. Supra X 125 FI - 57,2 km/liter
  4. Vega Force - 56,5 km/liter
  5. Jupiter Z1 - 55 km/liter

Demikian artikel kali ini, semoga ulasan tentang motor bebek paling irit dalam kesempatan ini bermanfaat buat kamu. Kalau ada yang irit, mengapa harus pilih yang boros.