Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Kambing Beranak Banyak, Begini Tanda dan Kiat-Kiatnya

Menjadi peternak kambing merupakan pekerjaan yang banyak dilakoni oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia, baik itu dalam skala industri, menengah, maupun sebagai pekerjaan sampingan. Mengingat banyaknya sumber pakan yang mudah dicari, tidak jarang mereka yang berkarir atau mungkin para pengusaha besar di luaran sana, ternyata dibalik layar mereka memiliki aktifitas lain dengan menjadi peternak kambing. Pun menjadi sampingan, harapan untuk mendapatkan keuntungan dari beternak kambing pasti tetap menjadi orientasi. Oleh karena itu, disini kami bagikan ciri-ciri kambing beranak banyak dan kiat-kiatnya, siapa tahu dapat membantu Anda menambah peluang keuntungan dari beternak kambing.

ciri-ciri kambing beranak banyak

Berbicara mengenai ciri-ciri kambing beranak banyak atau jika diperjelas, bagaimana sih sebenarnya ciri-ciri kambing yang dapat menghasilkan anak kembar lebih dari satu, minimal dua syukur-syukur tiga ekor dalam satu kehamilan? Tentu, setiap peternak memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Sehingga, materi yang kami sampaikan disini tidak bisa menjadi patokan. Pun begitu, mudah-mudahan kiat-kiat dalam artikel ini dapat menambah wawasan dan referensi dalam memaksimalkan perawatan kambing yang sedang Anda jalani.

Mendapatkan pakan dari unsur hijau-hijauan tidaklah sulit di lingkungan kita, banyak sekali rerumputan dan dedauan yang mudah didapatkan dengan berbagai cara, misalkan ngarit atau dengan membuat bank pakan sendiri.

Cara yang lain, bisa juga dengan membuat pakan fermentasi guna meminimalisir tenaga dibandingkan dengan cara konvensional, seperti ngarit. Pemberian pakan fermentasi pada kambing diyakini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi ternak, disamping melalui pakan hijau-hijauan.

Ketika peternak mampu memberikan perawatan dan pemberian pakan yang tepat, maka pasti didapatkan kambing ternak yang sehat dan berkualitas. Apabila Anda menginginkan kambing yang dapat beranak lebih dari satu di setiap kehamilannya, kualitas kesehatan dan pola makan ternak harus dijaga. Hal ini menjadi salah satu kiat dan ciri-ciri kambing beranak banyak.

Faktor Kambing Dapat Beranak Banyak

Terdapat beragam aspek yang perlu dilakukan peternak agar kambing dapat beranak lebih dari satu ekor setiap satu kali kehamilan. Apa saja aspek yang perlu diperhatikan dan bagaimana kiat-kiatnya?

1. Perawatan

Seperti disinggung di atas, aspek perawatan sangat menentukan keberhasilan kambing dapat beranak banyak. Perawatan yang baik dan konsisten pada hewan ternak sangat mempengaruhi tingkat kualitas reproduksinya. Kambing yang tidak mendapatkan perawatan maksimal, kecil kemungkinan bisa menghasilkan peranakan berkualitas, apalagi berharap dengan jumlah peranakan yang banyak. Aspek perawatan ini seperti pemberian pakan cukup dan berkualitas, serta pemenuhan air bersih pada hewan ternak.

2. Kesehatan

Kesehatan menjadi kunci kualitas hidup bagi semua makhluk hidup, tanpa terkecuali. Begitu juga dengan hewan ternak. Kambing yang sehat cenderung memiliki tingkat reproduksi tinggi dari pada yang tidak. Sudah menjadi konsekuensi peternak, perawatan sebagaimana pada poin pertama dilakukan agar memiliki kambing yang sehat, sehingga memperbesar peluang untuk mendapatkan hasil reproduksi ternak yang berkualitas. Kesehatan kambing dapat kita ketahui melalui pemeriksaan fisik dan pemberian vaksin, suplemen serta obat-obatan secara tepat.

3. Kandang

Tidak kalah pentingnya lagi adalah soal kandang. Aspek ini cukup memberikan pengaruh signifikan terhadap keberlangsungan pada perawatan kambing ternak. Pembuatan kandang yang benar seperti; pencahayaan cukup, tingkat kelembapan, dan keamanan dari hewan liar turut membantu keberhasilan dalam produktivitas reproduksi ternak.

Peternak juga dituntut menjaga kebersihan kandang dengan cara membuang kotoran baik di dalam maupun luar kandang. Sesekali, ternak perlu juga dibawa keluar apabila menggunakan kandang panggung untuk mengurangi tingkat stres karena dibiarkan terus-menerus berada di dalam kandang.

4. Ras atau Jenis Kambing

Pemilihan jenis atau ras kambing turut menentukan keberhasilan harapan peternak yang menginginkan kambing yang bisa beranak banyak. Pasalnya, beberapa sumber menyebutkan tidak semua ras kambing memiliki tingkat reproduksi yang sama. Peternak di Indonesia kebanyakan memilih jenis Etawa dan Boer sebagai kambing indukan maupun pejantannya.

5. Indukan Kambing

Secara usia, kambing yang memiliki tingkat reproduksi tinggi biasanya 2-3 tahun untuk kambing jantan, dan 1-2 tahun berlaku untuk kambing betina.

Induk kambing sangat menentukan keberhasilan nantinya apakah bisa menghasilkan anak lebih dari satu pada setiap kehamilan nantinya, atau sederhananya gen kambing sangat menentukan. Satu sisi gen pejantan juga perlu diperhatikan karena pertimbangan kualitas bibitnya.

Beberapa peternak kawakan dengan ilmu “titen”-nya mengungkapkan, bahwa ciri-ciri kambing beranak banyak dapat ditandai dari riwayat indukan-indukan sebelumnya. Sebagai contoh, jika indukan muda yang dihasilkan dari indukan lama yang pernah melahirkan 2-3 anak kambing, maka besar kemungkinan indukan muda tersebut juga bisa mengandung dengan jumlah 2-3 anak kambing sama seperti indukan lama.

Ciri-ciri kambing beranak banyak lainnya bisa dilihat juga dari fisik indukannya sebagai berikut:

  1. Indukan kambing jika dilihat dari belakang, perut bagian kanan maupun kiri terlihat besar
  2. Pinggul indukan kambing lebar
  3. Badan bagian tengah belakang (pinggang) indukan kambing melengkung ke bawah.

Apabila ada indukan yang ciri-cirinya tidak seperti di atas, apakah tidak bisa mengandung anak lebih dari satu? Jawabannya, tetap bisa. Indukan kambing yang perutnya tipis, pinggulnya sempit, dan pinggangnya lurus tetap bisa beranak banyak, tetapi biasanya anak kambing yang dihasilkan tidak sehat.

Oleh karenanya, diharapkan bagi peternak yang fokus pada pengembang-biakan kambing, dapat memilih indukan dan pejantan yang berkualitas dan bisa beranak banyak. Tentunya, indikator-indikator di atas bukanlah suatu patokan, melainkan hasil “titen” para peternak kambing yang sudah lama malang melintang di dunia perkambingan.

Selain berusaha semaksimal mungkin dalam usaha peternakan kambing, kiat-kiat lainnya yang agar kambing bisa beranak banyak yakni doa. Berdoa kepada Yang Maha Kuasa, meminta rizki yang melimpah dan berkah. Mudah-mudahan ijabah.