Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggabungkan PDF Menjadi 1 Dokumen di Laptop Gratis Tanpa Watermark

Dunia semakin menunjukkan kecanggihannya dengan menuntut setiap orang bekerja dengan efektif dan mobilitas tinggi, tanpa terkecuali. Dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, seringkali kita dihadapkan dengan sekumpulan dokumen yang harus segera diunggah dalam bentuk PDF. Mungkin pembaca masih bingung dengan caranya, makanya disini kami bagikan cara menggabungkan pdf menjadi 1 dokumen di laptop gratis tanpa watermark.

Proses digitalisasi pada setiap sektor mengharuskan setiap orang untuk beradaptasi dengan segala macam bentuk dokumentasi digital, salah satunya file dokumen dengan format pdf. Misalnya, untuk kebutuhan kelengkapan dokumen pendaftaran CPNS, pelaporan bulanan dalam pekerjaan, atau kebutuhan untuk pendaftaran dalam banyak pekerjaan; tidak jauh-jauh dari file pdf.

cara menggabungkan pdf menjadi 1

Rata-rata prosesnya semacam itu, kalau nggak diminta upload gambar ya file dokumen format pdf. Sayang banget kan jika ada kesempatan untuk mendaftar berkarir di instansi tertentu tapi kandas hanya karena telat unggah gara-gara nggak bisa menggabungkan atau memisahkan dokumen pdf.

Oleh karena itu, meskipun mungkin dari sebagian orang sudah banyak yang lihai untuk melakukannya, artikel ini kami bagikan teruntuk pembaca yang mungkin masih bingung dengan cara menggabungkan pdf menjadi 1 dokumen.

Atau barangkali dari pembaca agaknya risih dari sekian aplikasi atau tutorial untuk mengelola dokumen selalu ada watermark-nya, cara yang kami bagikan dijamin dokumen lebih rapi tanpa adanya watermark yang seakan melulu menggunakan aplikasi gratisan.

Tutorial Menggabungkan dan Memisahkan PDF di Laptop dengan Mudah

Sebenarnya kita dapat menemukan banyak sekali tutorial tentang cara menggabungkan file pdf gratis di berbagai kanal. Namun, kali ini akan kami berikan tutorial terbaik, gratis tetapi tidak nampak gratisan, karena pengolahan dokumen pdf dari trik ini tanpa ada watermark sama sekali.

Dari sekian banyak aplikasi pengolahan dokumen baik untuk penggabungan pdf atau pisahkan pdf, kami menemukan satu aplikasi yang paling worth it untuk digunakan di laptop, aplikasi ini bernama PDF24 Creator.

Aplikasi dengan iconic bergambar kepala kambing yang berdasarkan pengalaman; dapat membantu kebutuhan pengolahan dokumen pdf untuk penyelesaian laporan kantor serta meningkatkan mobilitas kerja.

Bukannya mobilitas kerja itu harusnya yang paling cocok menggunakan perangkat mobile? Kok ini tutorialnya menggunakan laptop?

Bisa kami jawab, pasti dua perangkat ini memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Tetapi, berdasarkan pengalaman kami lebih condong untuk mengelola dokumen; paling tepat menggunakan aplikasi office yang sudah terinstal di laptop guna memaksimalkan pengolahan beragam dokumen lebih leluasa.

Biar tidak terlalu panjang dan lebar seperti lapangan sepak bola, berikut ini cara menggabungkan file pdf menjadi 1 dokumen di laptop:

1. Instal Software PDF24 Editor

Instal terlebih dulu senjata utama yang akan kita gunakan untuk mengolah dokumen pdf, PDF24 Editor. Aplikasi pengolah dokumen pdf ini bisa kamu unduh masternya melalui mesin pencari Google, disitu banyak situs-situs yang menyediakannya. Pastikan saja bahwa versi software yang diunduh adalah edisi paling terbaru agar tidak terjadi kegagalan atau uncompatible aplikasi dengan jenis windows dan versi Office yang terpasang di laptop.

Cara menginstal aplikasi PDF24 Editor tentunya tidak perlu kami jelaskan, pastinya kamu sudah bisa, toh cara penginstalannya kurang lebih sama seperti software lain pada umumnya.

2. Siapkan dua dokumen PDF berbeda dan mulai gabungkan

Setelah aplikasi terinstal, maka mari kita mulai lakukan penggabungan dan pemisahan pada file dokumen pdf yang telah kita sediakan. Supaya mendapatkan penjelasan lebih detail, ikuti setiap langkah di bawah ini:

cara menggabungkan pdf menjadi 1 dokumen 2

  1. Siapkan dua dokumen PDF yang berbeda
  2. Buka aplikasi PDF24 Editor melalui menu toolbar pojok kanan windows atau melalui start menu
  3. Selanjutnya “drag and drop” dua file PDF yang telah kamu sediakan ke dalam aplikasi PDF24
  4. Tarik file yang ingin dijadikan lembar ke-2 dokumen ke layer pertama
  5. “save as document” layer pertama dan dokumenmu sudah selesai digabungkan

3. Pisahkan PDF menjadi 2 file dokumen

Artikel yang kami tulis ini juga sekaligus memuat tutorial tentang cara memisahkan file PDF menjadi beberapa halaman sendiri-sendiri. Mudah sih sebenarnya, tetapi jika tidak memiliki wawasannya, pastinya menjadi hal yang seakan susah dan menghebohkan teman yang lain kalau perlu.

Jadi, dengan memanfaatkan PDF24 Editor, kita juga bisa memisahkan PDF dengan mudah. Caranya tinggal mengikuti cara terbalik dari tutorial di atas. Cukup “drag and drop” halaman mana yang ingin dipisah, kemudian “save as document” dan kasih nama file-nya. File pdf kamu sudah jadi sesuai keinginan dan siap untuk diunggah.

Beberapa keunggulan aplikasi pengolahan dokumen pdf di laptop; PDF24 Editor dibandingkan dengan aplikasi lain adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan mudah
  2. Ukuran aplikasi kecil menjadikan ringan dioperasikan di laptop
  3. Compatible dengan berbagai windows dan tipe Microsoft Office
  4. Aplikasi digunakan sebagai printer virtual yang terintegrasi dengan Office
  5. Dapat digunakan tanpa harus terkoneksi internet
  6. Gratis dan hasil tanpa watermark

Meskipun aplikasi ini bisa kita dapat secara gratis, namun hasilnya sangat memuaskan. Gratis tapi kualitasnya tidak gratisan. Kita tidak perlu khawatir dan dibuat pusing dengan adanya watermark aplikasi seperti yang terjadi jika menggunakan aplikasi lain.

Aplikasi PDF24 memang tidak sebegitu populer dibandingkan aplikasi serupa lainnya. Tetapi, berdasarkan pengalaman, bahkan kami sendiri sudah menggunakannya sejak belum ramai akan kebutuhan dokumen-dokumen berformat PDF seperti sekarang.

Jadi, silahkan buktikan sendiri dengan menginstal aplikasi ini di laptop masing-masing, pembaca yang bergelut dengan pengolahan data dokumen yang bertumpuk-tumpuk akan sangat terbantu dengan adanya PDF24 Editor; aplikasi pengolah dokumen PDF terbaik.

Demikian tutorial singkat tentang cara menggabungkan pdf menjadi 1 dokumen. Mudah-mudahan bermanfaat.