Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memisahkan PDF Per Halaman dengan Mudah, Praktis dan Cepat

Seringkali kita dihadapkan untuk melengkapi dokumen tertentu ke dalam suatu website atau link dengan menggungah dokumen PDF. Nah, terkadang kita harus mengkombinasikan satu halaman tertentu dengan halaman lainnya, namun sayang kita kebingungan bagaimana memisahkan dokumen pdf agar sesuai kebutuhan untuk diupload. Oleh karena itu, disini kami bagikan tips cara memisahkan pdf per halaman dengan mudah, praktis dan cepat.

Kebutuhan akan mobilitas serta efisiensi kerja berbasis digital semakin nyata. Daftar apa-apa sekarang tidak melulu harus membawa setumpuk berkas fotokopi atau semacamnya, cukup dengan dokumen yang discan, kemudian diunggah dalam bentuk pdf.

cara memisahkan pdf per halaman

Begitu juga dalam dunia kerja. Dewasa ini pelaporan harian, bulanan, tahunan juga demikian, cukup dengan menggunggah berkas dokumen pdf yang memuat laporan pertanggungjawaban kita dalam melaksanakan tugas-tugas dari kantor.

Maka sudah seyogyanya kita yang hidup di era digital sekarang, harus mampu mengikuti perubahan zaman yang begitu cepat, penyesuaian diri secepat mungkin ketika dihadapkan inovasi-inovasi tertentu terutama yang berkaitan dengan tuntutan pekerjaan berbasis digital.

Pembayaran pajak tahunan kendaraan misalnya, dulu kita harus antri berjam-jam di samsat untuk bisa mendapatkan antrian pembayaran, namun sekarang sudah ada jalan yang lebih praktis yakni pembayaran secara online. Dan masih banyak lagi inovasi-inovasi serupa yang mengharuskan kita juga mengimbangi dengan kemauan diri untuk terus update informasi kapan dimanapun.

Jika tidak, maka kita akan ketinggalan zaman. Dan jangan kaget jika orang-orang di sekitar akan melabeli kita sebagi makhluk yang kudet, muehehe. Tutorial yang kami bagikan kali ini akan sangat relevan bagi pekerja kantor, mahasiswa semester akhir atau mungkin yang iseng-iseng saja ingin tahu cara split pdf di laptop.

Tips disini dibantu dengan aplikasi atau software yang harus diinstal terlebih dahulu di laptop, yakni aplikasi PDF24 Editor. Aplikasi ini banyak keunggulan dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya, sangat cocok untuk membantu penyelesaian tugas-tugas kantor kita, misal untuk hapus halaman pdf; dengan aplikasi ini sudah bisa.

Cara Memisahkan PDF Per Halaman dengan PDF24 Editor

Seperti disinggung di atas, tutorial sangat lekat dengan kebutuhan mahasiswa untuk pengerjaan tugas-tugas akhirnya. Barangkali pembaca adalah mahasiswa, mungkin kamu mencari tips tentang cara memisahkan pdf per bab. Jika iya, lanjutkan baca tutorial ini, nanti kendala penyelesaian tugasmu akan terbantu.

Sesuai judul; cara memisahkan pdf per halaman, per halaman saja bisa; apalagi per bab, pasti bisa. Intinya, pengolahan dokumen pdf dengan beragam kebutuhan akan sangat terbantu dengan memanfaatkan aplikasi PDF24 Editor. Tinggal kita instal saja aplikasinya, kulik-kulik sedikit dan kita akan tahu fungsi dari setiap fitur yang tersedia.

cara memisahkan pdf per halaman 2

Berikut langkah-langkah memisahkan dokumen pdf per halaman selengkapnya:

  1.  Instal PDF24 di laptop
  2. Siapkan satu dokumen pdf yang berisi lebih dari satu halaman
  3. Buka aplikasi PDF24 Editor melalui menu toolbar pojok kanan windows atau melalui start menu
  4. Selanjutnya “drag and drop” file PDF yang telah kamu sediakan ke dalam aplikasi PDF24
  5. Tarik halaman yang dikehendaki ke layer baru
  6. “save as document” layer yang dikehendaki dan kamu sudah berhasil memisahkan PDF per halaman

Apabila pembaca ingin memisahkan halaman pdf per bab, ini biasanya para mahasiswa yang butuh, cukup pilih saja halaman mana saja yang ingin dipisahkan, tarik ke layer baru kemudian simpan.

Jadi, sangat-sangat simpel menggunakan aplikasi ini untuk mengelola dokumen pdf, baik untuk memisahkan atau menggabungkan pdf bisa dengan PDF24 Editor.

Beberapa kalangan yang sangat relevan menggunakan aplikasi PDF24 Editor untuk membantu menyelesaikan laporan berbentuk dokumen PDF diantaranya:

1. Pekerja Kantoran

Sudah menjadi keharusan, bagi para pekerja sangat dituntut untuk menyelesaikan tugas kantor secara cepat dan efisien. Mengumpulkan laporan tidak lagi harus menunggu waktu jika sudah berada di kantor saja, tetapi ketika berada di rumah sekalipun seringkali pimpinan di kantor terus saja mengirim pesan lewat WhatsApp untuk segera mengirimkan laporan.

Kalau japri sih masih aman, artinya tidak sampai teman sesama pekerja tahu kalau kita belum mengirimkan laporan kerja. Yang repot itu kalau sudah diumbar group WA, malu-maluin saja. Jadi, penting bagi kalangan ini untuk bisa mengoperasikan aplikasi pengolah dokumen pdf yang tepat.

2. Mahasiswa

Bagi mahasiswa, biasanya dalam pengerjaan tugas akhir seperti skripsi atau tesis; selain diminta untuk mencetak dalam bentuk hardcopy juga diminta untuk mengunggah tugas akhirnya di perpustakaan digital milik kampus.

Berdasarkan pengalaman, ketentuan file yang diunggah tidak kok semua halaman utuh mulai cover sampai halaman terakhir, melainkan halaman-halaman tertentu saja yang diunggah. Nah, jika trik cara memisahkan pdf per halaman saja tidak bisa, maka dapat dipastikan akan menyusahkan teman seangkatan. Kalau tidak begitu, harus keluar biaya tambahan ke tukang fotokopi dekat kampus untuk mengolahnya.

3. Pegiat Organisasi

Sudah barang tentu, mengelola sebuah organisasi di era sekarang menuntut seluruh kader di dalamnya peka terhadap perkembangan zaman. Pengelolaan administrasi dewasa ini sudah serba digital, bahkan pembuatan database kader sendiri sudah memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang dapat dioperasikan melalui android. Artinya, hal-hal ringan seperti tips sebagaimana yang kita bahas dalam artikel ini sudah menjadi barang wajib untuk dikuasai.

Demikian tips cara memisahkan pdf per halaman pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa memberi nilai tambah untuk pembaca sekalian.

Terimakasih sudah berkunjung ke situs kami, salam.