Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mobil Sedan Lama Murah yang Banyak Dicari di Tahun 2023, Berikut Daftarnya

Apakah kamu memasukkan memiliki mobil dalam daftar resolusi tahun 2023? Jika iya, siapa tahu artikel kali ini memberikan nilai informatif dan manfaat bagi kamu yang ingin memiliki kendaraan roda empat dengan harga yang ramah di kantong. Berikut ini selengkapnya mobil sedan lama murah yang banyak dicari di tahun 2023.

Seandainya kita hidup di masa-masa dulu, memiliki mobil seakan-akan hanya bisa dirasakan oleh golongan atas saja, mengingat memang dulu pemerataan ekonomi masyarakat belum seperti sekarang.

Lapangan pekerjaan yang minim, teknologi belum begitu canggih, yang pada akhirnya lahan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah hanya bisa dilakukan oleh mereka yang punya modal besar. Kok angan-angan memiliki mobil, makan saja bisa dikatakan susah.

mobil sedan lama murah

Namun, sekarang sudah sangat berbeda. Memiliki mobil adalah hal yang tidak mustahil diwujudkan. Mobil sedan yang tergolong mewah sekalipun sangat memungkinkan bisa kita miliki. Pasalnya, seiring perkembangan teknologi yang melesat cepat, membuat banyak lahan ekonomi kreatif yang bisa digarap sampai menghasilkan cuan.

Di luar sana, kita juga tidak jarang melihat cerita-cerita sukses dari mereka yang bergelut dengan ekonomi kreatif (baca: digital) dapat mewujudkan impian-impiannya. Kok cuma mobil sedan lama murah, Pajero pun bisa dibeli dari hasil jerih payah mereka.

Meskipun begitu, kita jangan terjebak dalam bayang-bayang kesukesan mereka. Tegaskan dalam diri, bahwa kita pun juga bisa mewujudkan impian-impian kita dengan cara kita sendiri. Jadikan cerita sukses mereka sebagai motivasi, mulai lakukan kerja-kerja realistis dengan melihat potensi diri. Yakin, bahwa kita memiliki jalan kesuksesan masing-masing.

Apabila kita sudah niat dan tekun menjalaninya, yakin hasil akan selaras dengan seberapa keras kita dalam berusaha. Tidak hanya rumah atau mobil belaka, minimal tetangga-tetangga, orang-orang terdekat akan sangat terbantu dengan keberadaan kita.

Berikut Daftar Sedan Lama Murah Paling Laris

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki mobil dengan harga ramah kantong, barangkali daftar mobil sedan murah 2023 ini bisa membantu kamu mencari alternatif kira-kira mobil apa yang cocok dibeli. Pastinya unsur tepat guna terpenuhi dan tidak membuat kamu dikejar cicilan yang terus menghantui.

Disini, yang kami bagikan adalah mobil jenis sedan. Secara fungsi, maka jangan diperbanding dengan jenis mobil lain, mobil keluarga misalnya. Paling tidak dengan memiliki mobil sedan, jika bepergian jauh sudah tidak khawatir lagi kehujanan atau kepanasan di jalan. Selain itu, sekali jalan kita dapat membawa penumpang maksimal 5 orang.

Selain itu juga, jika diperbandingkan dengan harga motor zaman sekarang yang lumayan tinggi, membeli mobil sedan murah dibawah 50 juta tentu kamu akan lebih mendapatkan banyak sisi kelebihan yang tidak bisa diperoleh dari kendaraan roda 2.

Kira-kira mobil sedan lama murah apa saja sih yang laris dan banyak dicari? Berikut ini Daftarnya.

1. Toyota Soluna

Sebagai kendaraan yang bisa dikatakan golongan mobil sedan lama murah, Soluna menawarkan banyak keunggulan bagi penggunanya. Meskipun tergolong tua, namun body pada sedan Soluna tidak termakan zaman. Dibandingkan dengan model body mobil sedan sekarang, ia tetap membawa konsep sporty dan elegan.

Keunggulan lain yang dimiliki Toyota Soluna adalah irit konsumsi BBM di kelasnya, meskipun ia membawai mesin injeksi dengan tenaga 1500 cc. Memang sih, citra Soluna agak minus di Indonesia gara-gara pernah digunakan sebagai armada taxi.

Soluna memiliki dua tipe; GLI dan XLI. Fitur pada tipe GLI sudah dilengkapi dengan central lock, electric mirror dan power window, sedangkan XLI belum. Soluna XLI inilah yang pernah digunakan sebagai armada taxi oleh perusahaan transportasi di Indonesia.

2. Toyota Vios Gen 1

Melanjutkan kiprah generasi sebelumnya, Soluna, Toyota di tahun 2003 memproduksi Vios. Berbekal mesin 1NZ-FE 1.500 cc membuat pemiliknya tidak sulit dalam perawatan. Pasalnya, basic mesin yang kurang lebih sama seperti Soluna, terkenal dengan perawatan yang mudah.

Banyak ubahan yang dapat kita lihat dari Soluna ke Vios, diantaranya body yang lebih bulat  dibandingkan Soluna. Jadi segi eksteriornya terlihat lebih sporty lagi dengan kesan elegan yang pasti tidak ketinggalan.

Dengan tipe mesin yang dibawa Soluna, pemilik tidak perlu khawatir dengan konsumsi BBM-nya, yang pasti irit. Toyota memproduksi Vios sampai pada tahun 2007 sebagai generasi pertamanya. Dan di pertengahan produksi, ia oleh Toyota diberikan penyegaran berupa ubahan versi facelift pada bagian grill dan lampu.

Tersedia dalam dua versi; E dan G, dengan Vios tipe G inilah sebagai versi tertinggi generasi pertama dengan diaplikasikan instrumen digital di dalamnya.

3. Timor

Bagi para pecinta mobil sedan dari masa ke masa, ketika mendengar Tommy Soeharto, pasti teringat dengan mobil sedan Timor. Pasalnya, putra Presiden ke-2 RI inilah yang mempopulerkan eksistensi sedan Timor di Indonesia. Bahkan di tahun 90-an akhir, sedan Timor kebanyakan dijadikan sebagai mobil dinas para menteri.

Bisa dikatakan mobil ini sudah cukup tua, tapi di zaman sekarang pasti kamu tidak jarang menemukan Timor menghiasi aspal jalan di Indonesia. Komunitas-komunitas pengguna timor juga masih eksis sampai sekarang. Hal ini membuktikan bahwa performa Timor cukup diperhitungkan dan layak untuk dijadikan pilihan sebagai mobil sedan lama murah yang tepat.

Ada dua tipe mesin yang tersedia pada mobil sedan Timor; SOHC dan DOHC. Perbedaannya, mesin tipe DOHC memiliki sistem pengapian injeksi, jadi tipe ini lebih menang dari sisi konsumsi BBM. Sedangkan untuk fitur lainnya kurang lebih sama seperti; power steering, power windows, electrical mirror dan central lock.

4. Suzuki Baleno

Tidak salah apabila memasukkan Baleno dalam kategori mobil sedan lama murah dalam artikel ini. Mobil keluaran Suzuki cukup diperhitungkan untuk dijadikan mobil harian kendati usia sudah tidak lagi muda. Baleno mulai diproduksi sejak tahun 1995 melanjutkan kiprah mobil sedan pabrikan Suzuki sebelumnya, Esteem.

Klasik, pasti. Murah, harga pasaran Suzuki Baleno kurang lebih sama seperti mobil sedan seangkatannya, yakni di bawah 50 juta-an, tergantung kondisi. Perlu diketahui, sekalipun yang kita miliki mobil lawas, selama kita dapat merawatnya secara maksimal, baik itu performa mesinnya, eksterior dan interior, semakin tahun akan semakin naik, dari sudut pandang kolektor mobil klasik, hehe.

Suzuki Baleno dibekali mesin berkapasitas 1500 cc dengan konsumsi BBM perbandingan 1:15, artinya mobil sedan lama ini menawarkan konsumsi BBM yang irit. Disamping itu, body tergolong compact, jadi secara tampilan meskipun sedan tua ia tak lekang zaman. Produksi Suzuki Baleno berakhir tahun 1997.

5. Honda Grand Civic

Pasca era Lx 88 berakhir di tahun 90-an, pada masa berikutnya Honda mengeluarkan jagoan barunya, yakni Honda Grand Civic. Memang sih untuk ukuran zaman sekarang, secara body sudah sangat ketinggalan zaman, pasalnya tampilan eksterior terlihat mengkotak. Tentu hal ini bukan masalah bagi kamu yang menginginkan kendaraan bernuansa klasik.

Berbekal mesin berkapasitas 1500 cc dengan 4 silinder, mobil pabrikan honda satu ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 90 hp/ tenaga kuda dengan torsi 119 nm. Menggunakan teknologi DOHC, ia memiliki keunggulan peredam suara mesin dibandingkan generasi sebelumnya.

Produksi mobil sedan ini berlangsung selama kurun waktu 1990 - 1992. Mengenai harga ada di angka 40 jutaan tergantung kondisi.

6. Toyota Great Corolla

Berbeda dengan mobil sedan pabrikan Honda di atas, Great Corolla yang masa produksinya di tahun yang bersamaan (90-an) sudah menunjukkan tampilan eksterior yang lebih melengkung, artinya ia memiliki body kompak tak lekang oleh zaman. Jadi kamu sebagai generasi milenial masih sangat layak untuk menggunakannya di era sekarang.

Meskipun sudah termakan usia, namun kesan mewah nan elegan tetap melekat pada mobil ini. Tak mengherankan jika Great Corolla masuk dalam jajaran mobil sedan lama murah yang hari ini masih digandrungi anak muda.

Tersedia dalam dua jenis mesin; karbu dan injeksi. Tentu, kami sangat merekomendasikan kepada kalian untuk memilih jenis injeksi sebagai teknologi paling mutakhir pada mobil ini. Great Corolla dibekali mesin berkode 4A-FE yang mampu menghasilkan tenaga 113 Hp dan torsi 137 Nm.

Interior maupun eksterior-nya juga sudah lengkap. Dengan harga kisaran 50 jutaan kamu bisa tetap tampil istimewa di tengah hamparan mobil-mobil keluaran terbaru. Pajero pun jika menyalip, ia pun harus permisi, asalkan Corolla bisa kamu rawat dengan baik.

7. BMW Seri 3 E36

Mobil sedan lama murah berikutnya adalah salah BMW Seri 3 E36. Salah satu seri BMW yang dibandrol dengan harga sesuai kantong, tetapi, namanya juga brand BMW, meskipun tua dia tetap memberikan kesan mewah bagi penggunanya.

Berbekal mesin yang mampu menghasilkan tenaga kuda torsi 190 NM, BMW seri ini dapat melaju di jalan raya tanpa khawatir limbung. Memang beginilah ciri khas BMW. Body terlihat kecil, namun ia memiliki bobot lebih berat dibandingkan mobil sedan sekelasnya karena membawai mesin tangguh BMW.

Interiornya pun juga nampak elegan. Meskipun tua, tetapi, setua-setuanya mobil BMW seri ini, kamu akan tetap merasakan sensasi mewah menaiki mobil eropa, yang tentu sangat berbeda dengan mobil-mobil sedan Jepang pada umumnya.

8. Honda Civic Genio

Tidak afdhol rasanya membicarakan jagat per-sedan-an jika tidak menyinggung Civic Genio. Sedan pabrikan Honda ini cukup populis di kalangan pecinta mobil sedan kompak. Pada era-era dulu, hanya orang berduit saja yang mampu membelinya. Kalau pun di masa dulu ada uang, lebih baik dibelikan pick-up saja. Angkut barang bisa, angkut orang sekampung juga bisa.

Berbeda dengan sekarang, kita bisa mendapatkannya di harga 50 jutaan saja. Tidak mengherankan jika kemudian mobil sedan ini banyak diburu oleh masyarakat Indonesia, terutama anak-anak muda. Pasalnya, sedan ini sudah menerapkan eksterior yang elegan, sporty dan aerodinamis. Selain itu, secara teknologi mesin juga masih relevan digunakan di era sekarang dengan bekal mesin injeksinya.

Interior pun juga tidak ketinggalan, pun produksi di tahun 95-an, ia sudah dibekali dengan teknologi modern seperti; central lock, electric mirror dan semacamnya. Jadi, sedan ini patut kamu masukkan ke list calon mobil sedan lama murah yang akan kamu pinang.