Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Surat Izin Sekolah Karena Ada Acara Keluarga, Penting untuk Wali Murid

Setiap peserta didik wajib mematuhi peraturan sekolah, termasuk harus masuk sekolah sesuai jadwal yang ditentukan. Namun adakalanya seorang siswa terpaksa tidak masuk sekolah karena sakit atau sebab lain. Jika siswa absen karena sakit, maka wali murid cukup menunjukkan surat keterangan dari dokter. Namun, jika karena alasan lain, misal acara keluarga, maka wali murid harus membuatkannya sendiri.

Oleh karenanya, disini akan kami bagikan cara membuat surat izin sekolah karena ada acara keluarga yang mudah-mudahan bisa membantu bapak/ibu jika sewaktu-waktu ada acara keluarga dan terpaksa membuat anak tidak masuk sekolah.

cara membuat surat izin sekolah karena ada acara keluarga

Pihak sekolah, guru, siswa dan wali pasti berharap bahwa proses belajar mengajar di kelas dapat berjalan dengan lancar. Namun, kita tidak bisa memprediksi ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab yang membuat anak tidak bisa mengikuti pelajaran seperti; sakit atau karena ada faktor lain yang memang mendesak.

Apabila menghadapi situasi yang demikian, penyikapan dan kebijakan yang diambil oleh setiap guru atau wali kelas tentu bisa jadi berbeda. Ada yang berpatokan izin sama dengan alpha dan ada juga yang tetap mentolerir izin dari siswa asalkan dengan alasan yang jelas.

Seperti disinggung di awal, siswa yang tidak bisa masuk kelas karena sakit cukup menunjukkan surat keterangan dari dokter, sedangkan apabila siswa tidak masuk sekolah karena alasan lain, maka disnilah pentingnya wali murid perlu membuat surat izin untuk diberikan kepada guru atau wali kelas.

Siapa tahu guru dari bapak/ibu wali murid memiliki toleransi yang luas bagi anak-anak didiknya, maka tidak ada salahnya bapak/ibu wali murid membuat surat izin tidak masuk sekolah bagi anak apabila memang memiliki alasan yang kuat.

Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Karena alasan agar anak sampai tidak alpha pada absen, biasanya kita sebagai wali murid berupaya semaksimal mungkin dengan cara membuatkan surat izin untuk anak. Ini merupakan hal yang lumrah bagi sebagian besar wali murid.

Surat izin ini oleh wali murid kemudian dititipkan ke teman anak atau wali murid bisa datang ke sekolah menghadap kepada wali kelasnya untuk melaporkan kondisi sebenarnya dari si anak. Adab seperti ini sangat bagus sekali untuk dilakukan.

Satu sisi, kemudahan akses berkomunikasi sebagai dampak kemajuan teknologi terkadang membuat wali murid terlena. Seperti kita ketahui bersama, lumrah di era sekarang wali kelas membuatkan group WhatsApp tersendiri untuk para murid dan walinya guna memudahkan interaksi satu sama lain.

Tidak jarang pula, ketika anak sakit, walinya cukup berkomunikasi via group atau japri memberikan informasi bahwa anak sedang sakit sehingga tidak masuk sekolah. Dan cukup seperti itu.

Bagi pribadi penulis, tentu hal ini kurang dari segi etika. Alangkah eloknya wali murid tetap membuatkan surat izin tertulis untuk disampaikan kepada wali kelas, syukur-syukur pagi-pagi sekali meluangkan waktu datang ke sekolah untuk menyampaikannya sendiri kepada wali kelas. Pun sebenarnya bisa dengan cukup berkomunikasi melalui WA, tetapi hal ini tentu memiliki nilai etika yang berbeda.

Maka dari itu, penting bagi wali murid untuk tetap membiasakan membuat surat izin tidak masuk sekolah jika sewaktu-waktu si anak terpaksa harus tidak bisa masuk ke kelas karena suatu alasan, itupun dengan alasan yang masuk akal.

Pastikan bahwa memang ada acara keluarga yang mendesak dan memaksa anak harus absen terlebih dulu tidak ikut pelajaran di kelas. Misalnya, acara keluarga antarkan pengantin ke wilayah yang cukup jauh dari rumah dengan prediksi pulang lebih dari jam pulang anak sekolah. Sedangkan wali murid belum sepenuhnya tega jika anak sendirian di rumah. Sehingga, pilihan terbaik adalah mengikutsertakan anak dalam acara keluarga tersebut.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Sesuai Kaidah yang Benar

Pada prinsipnya, tidak banyak komponen yang harus tertera dalam surat izin masuk tidak sekolah. Yang terpenting harus ada:

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Ada pembuat surat (orang tua)
  3. Identitas siswa (nama, nisn, kelas, alamat)
  4. Keterangan/alasan tidak masuk sekolah

Sistematika surat pun juga cukup mudah. Jadi surat izin sebenarnya sangat simpel sekali, dimulai pembuka, isi dan penutup.

Ada baiknya, surat izin tidak masuk sekolah ini ada baiknya jika dibuat menggunakan tulisan tangan dari wali murid sendiri. Tidak ada ketentuan sih, tapi pasti ada nilai tersendiri apabila surat izin ini dibuat secara manual.

Di bawah ini redaksi/tulisan dalam pembuatan surat izin tidak sekolah:

Durenan, 22 Desember 2022

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VIII-A
SMP Islam Durenan

Dengan hormat,
Kami wali murid/orang tua dari:

Nama : Mohammad Badrus
Kelas : VIII-A
Alamat : RT. 01, RW. 01 Pakis, Durenan

Memberitahukan bahwa anak kami tidak mengikuti pelajaran pada hari Kamis, 22 Desember 2022 karena ada acara keluarga (mengiring pengantin ke luar kota). Oleh karena itu, mohon kiranya Bapak/Ibu memberikan izin kepada anak kami.

Demikian surat yang kami buat, semoga Bapak/Ibu bisa memakluminya. Atas perhatian Bapak/ibu kami sampaikan terimakasih.

Hormat kami
Ttd
Rifatunni’mah

cara membuat surat izin sekolah karena ada acara keluarga 1

Kurang lebih seperti di atas isi tulisan dalam pembuatan surat izin tidak masuk sekolah karena ada acara keluarga. Semoga bermanfaat.