Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan Tanpa AC 100% Ampuh

Adakalanya sebagian dari kita lebih suka mengendarai mobil dalam keadaan ac mati, namun jika saat berkendara di kala hujan maka dapat menyebabkan kaca mobil berembun. Nah, kali akan kami bagikan tips sederhana tentang bagaimana cara mengatasi kaca mobil berembun saat hujan tanpa ac.

Seperti diketahui, tidak semua mobil dilengkapi fasilitas berupa ac, misalnya seperti mobil box, pick up atau truck. Kendaraan roda empat yang tidak memiliki ac akan sangat mengganggu karena akan membuat embun pada kaca mobil.

Sedangkan pada mobil yang sudah dilengkapi fasilitas ac, tidak semua pengguna mobil ada beberapa yang lebih suka mematikannya. Sebenarnya hal ini sangat tidak direkomendasikan, pasalnya salah satu fungsi ac pada mobil adalah agar kondisi di dalam kabin tetap dingin.

cara mengatasi kaca mobil berembun saat hujan tanpa ac

Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Sekecil apapun potensi resiko yang dapat menyebabkan hal-hal tidak diingikan saat berkendara, sebaiknya kita melakukan tindakan antisipatif. Salah satunya dengan tips satu ini.

Tips dalam artikel ini sangat cocok bagi kamu yang;

  • Lebih suka mengendarai mobil tanpa menyalakan ac
  • Pengguna mobil ac; mobil box, pickup, truck dan sejenisnya
  • Punya mobil ber-ac, tapi ac-nya rusak, muhehe.

Untuk dapat melakukan tips ini, kita perlu mempersiapkan bahan dan peralatan terlebih dulu. Tidak perlu repot juga, karena sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Berikut bahan yang harus disiapkan:

  • Sampo 2 sachet
  • Botol semprot bekas (kisspray misalnya)
  • Air secukupnya
  • Tisu kering

Selanjutnya kita akan buat resep untuk mengatasi kaca mobil berembun saat hujan tanpa ac, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Masukkan 2 sachet sampo ke dalam botol semprot bekas
  2. Campurkan air secukupnya, jangan terlalu banyak
  3. Kocok campuran air dan sampo dalam botol
  4. Semprotkan tipis-tipis ke kaca mobil
  5. Gosok dan ratakan semprotan pada kaca secara merata menggunakan tisu kering
  6. Dan kaca mobil akan lebih bening saat hujan meskipun tanpa menyalakan ac

Sebenarnya kita mengoleskan langsung cairan sampo ke kaca mobil dan meratakan menggunakan tisu kering juga bisa. Namun, dengan kita mengikuti langkah-langkah seperti di atas membuat penggunaannya lebih praktis.

Campuran air dan sampo yang telah dimasukkan ke dalam botol, membuat kita bisa menyimpannya dalam mobil, dan sewaktu dibutuhkan kita tinggal menggunakannya.

Penyebab Kaca Mobil Berembun

Apa sih yang membuat kaca mobil berembun saat digunakan pada saat hujan dalam keadaan ac mati?. Jawabannya adalah terjadi adanya perbedaan suhu antara di luar dengan di dalam kabin mobil.

Saat kondisi hujan tentu suhu di luar akan menjadi dingin. Sedangkan apabila AC di dalam kabin dimatikan, suhu di dalamnya akan menjadi hangat. Hal ini lah yang kemudian menimbulkan embun pada kaca mobil.

Mengapa hal ini penting untuk diatasi?

Kaca mobil yang berembun pastinya sangat menganggu pandangan pengendara saat berkendara. Pandangan yang terganggu akibat kaca mobil berembun tentu dapat meningkatkan resiko kecelakaan gara-gara pengemudi tidak begitu jelas dalam melihat situasi jalan yang ada di depannya. Tentunya kita berharap tidak sampai terjadi insiden gara-gara hal sepele semacam ini.

Semoga tips tentang cara mengatasi mobil berembun saat hujan tanpa ac ini bermanfaat bagi pembaca.

Bagaimana dengan admin? Kalau admin sih saat mengendarai Dek Luna lebih suka pakai ac biar senantiasa terasa adem sambil memutar lagu di tape mobil dengan flashdisk.

Salam.