Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Hubungan Jarak Waktu dan Kecepatan Kelas 5 SD Disertai Kunci Jawaban dan Pembahasan

Banyak materi yang harus dipelajari oleh siswa agar menguasai ilmu hitung dengan paripurna. Salah satu bab yang diajarkan kepada siswa diantaranya tentang hubungan jarak, waktu dan kecepatan. Kali ini kami akan membagikan contoh soal hubungan jarak waktu dan kecepatan kelas 5 SD untuk membantu bapak/ibu menyiapkan bahan ajar kepada siswa.

Kementerian Pendidikan acap kali merubah kurikulum pendidikan secara nasional alih-alih sebagai upaya untuk mengembangkan serta memajukan pendidikan bagi generasi anak bangsa. Pun sering bergonta-ganti kurikulum, mata pelajaran matematika tidak bisa digantikan mengingat ia merupakan ilmu pasti.

contoh soal hubungan jarak waktu dan kecepatan kelas 5 SD

Menguasai matematika, menjadikan seseorang akan menjadi pribadi dengan pola pikir yang logis dan sistematis. Lebih jauh, matematika mengajarkan kepada setiap orang untuk berfikir dan bertindak secara presisi dengan harapan terjadi pengambilan keputusan yang tepat, efisien dan adil.

Kemajuan zaman dengan pesatnya teknologi, tidak terlepas dari banyak praktisi yang bergelut di bidang masing-masing yang lekat dengan ilmu hitung. Bagaimana sebuah gedung perkantoran dibangun, bagaimana jembatan penghubung antar pulau didirikan, semua tidak lepas dari yang namanya ilmu hitung.

Oleh karenanya, mata pelajaran matematika penting untuk diajarkan kepada siswa sejak dini.

Kembali ke topik artikel, kami meyakini bahwa bapak/ibu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan materi yang berkualitas kepada para siswa. Namun sayangnya bapak/ibu terkendala dengan waktu karena sangking banyaknya aktifitas di luar.

Atau bisa jadi, bapak/ibu sedang santai kemudian browsing tipis-tipis untuk mencari referensi-referensi tambahan mengenai contoh soal hubungan jarak waktu dan kecepatan kelas 5 SD yang barangkali nanti setelah di rumah bisa menjadi soal tambahan kepada siswa besok saat di kelas.

Demi membantu bapak/ibu yang waktunya sangat terbatas dan menambah referensi tentang topik yang dicari, artikel ini kami hadirkan disini.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan contoh soal tentang hubungan, jarak, waktu, dan kecepatan mata pelajaran Matematika untuk kelas 5 SD dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice) sejumlah 15 soal. Selain soal, dalam bagian akhir kami juga menyediakan kunci jawabannya lengkap dengan pembahasannya, agar bapak/ibu tidak repot harus mengerjakannya sendiri.

15 Contoh Soal Hubungan Jarak Waktu dan Kecepatan Kelas 5 SD

1. Ana mengendarai sepeda motor dari kota Trenggalek ke Kota Solo. Ia berangkat pada pukul 18.30 dan sampai di Solo pada pukul 01.30 dini hari. Lama perjalanan yang ditempuh oleh Ana adalah … jam

a. 6
b. 7
c. 8
d. 9

2. Asrul mengelilingi lapangan sebanyak 4 kali putaran. Untuk sekali mengelilingi lapangan, ia membutuhkan waktu selama 3 menit 14 detik. Maka, untuk menyelesaikan larinya, Asrul membutuhkan waktu selama ....

a. 7 menit 42 detik
b. 10 menit 56 detik
c. 12 menit 42 detik
d. 12 menit 56 detik

3. Pak Sayuti berangkat ke Jombang pada pukul 14.30. Ia sampai di Jombang pada pukul 03.10 dini hari berikutnya. Maka lama perjalanan Pak Sayuti ke Jombang adalah ….

a. 11 jam 50 menit
b. 12 jam 40 menit
c. 13 jam 20 menit
d. 14 jam 20 menit

4. Sebuah truk melaju dengan kecepatan 60 km/jam dengan waktu tempuh selama 3 jam 15 menit. Maka jarak yang ditempuh oleh truk tersebut adalah …. km.

a. 180
b. 185
c. 190
d. 195

5. Jarak Kabupaten Trenggalek dengan Kota Surabaya adalah 175 km. Apabila jarak tersebut dapat ditempuh dengan kecepatan 50 km/jam, maka waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut adalah …. jam.

a. 2,5
b. 2,75
c. 3,25
d. 3,5

untuk 10 soal lainnya, dapat bapak/ibu unduh di bawah.

Download Soal Hubungan Jarak Waktu dan Kecepatan Mapel Matematika Kelas 5 SD

Beberapa soal di atas hanya lah sampel dari keseluruhan soal yang kami bagikan. Jadi, bapak/ibu tidak perlu khawatir, kami tetap akan membagikannya secara lengkap melalui link yang sudah kami sediakan di bawah baik itu soal, kunci jawaban serta pembahasannya.

Kumpulan 15 soal mengenai hubungan jarak waktu dan kecepatan 5 SD ini akan kami bagikan dalam format docx (file word). Kami berharap langkah ini semakin mempermudah bapak/ibu untuk menyiapkan bahan di rumah dan bebas untuk memodifikasinya sendiri.

Download Soal Hubungan Jarak Waktu dan Kecepatan 5 SD Disini

Demikian artikel kali ini, semoga contoh soal hubungan jarak waktu dan kecepatan kelas 5 SD mata pelajaran Matematika dapat menambah referensi para pendidik secara umum di Indonesia. Kami sebelumnya juga pernah membagikan 20 soal luas dan lingkaran 6 sd matematika lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan, silahkan berkunjung apabila membutuhkan.

Salam.