Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Soal Cerita Bilangan Positif dan Negatif Kelas 6 Lengkap Beserta Kunci Jawaban

Menjelang ujian tengah semester, adakalanya guru matematika menyiapkan sekumpulan latihan soal untuk mempertajam kemampuan peserta didiknya. Oleh karenanya kami akan membagikan kumpulan soal cerita bilangan positif dan negatif kelas 6, siapa tahu informasi ini adalah yang pembaca cari.

Selain dalam memenuhi aspek evaluasi pembelajaran, variasi dalam membuat soal merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh pendidik. Hal ini dimaksudkan untuk mengasah kemampuan berfikir peserta didik dalam menyelesaikan soal dalam bentuk beragam.

Tidak hanya bagi guru secara profesi semata, terkadang guru-guru privat atau les rumahan juga dituntut untuk mampu membuat varian soal yang beragam dengan tujuan serupa, yakni mengasah skill berfikir peserta didik.

Lebih dari itu, matematika sebagai rumpun pelajaran wajib di sekolah sebenarnya memiliki peran besar dalam kemampuan berfikir peserta didik di masa mendatang. Dengan semakin peserta didik terasah dalam pelajaran matematika, sebetulnya secara tidak langsung peserta didik sedang dilatih untuk berfikir sistematis dan logis.

Namung sayang, rata-rata matematika dipersepsikan sebagai mata pelajaran momok. Pun demikian, kita tidak menafikkan setiap peserta didik memiliki kecenderungan berbeda satu dengan yang lain.

Adakalanya peserta didik memiliki minat dan bakat lebih terhadap mata pelajaran matematika, di lain sisi tidak sedikit pula peserta didik yang lebih menyukai mata pelajaran rumpun sosial, sejarah salah satunya.

kumpulan soal cerita bilangan positif dan negatif kelas 6

Seharusnya hal itu pun juga tidak jadi masalah. Yang terpenting bagi seorang pendidik, baik yang berada di sekolah ataupun guru-guru les privat – kita harus menegaskan diri bahwa mereka adalah amanah yang harus dijaga. Berikan pendidikan dan layanan terbaik bagi peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar yang berkesan.

Syukur-syukur mereka yang awalnya sama sekali tidak menyukai pelajaran matematika, tapi kemudian hari mereka menyukai bahkan menguasai. Apabila hal ini terjadi, maka sebuah penghargaan tidak ternilai bagi seorang pendidik.

Maka dari itu, sebagai wujud sumbangsih kami untuk membantu pembaca sekalian dalam mengumpulkan bahan variasi soal matematika, kami bagikan kumpulan soal cerita bilangan positif dan negatif kelas 6.

19 Soal Cerita Bilangan Positif dan Negatif Kelas 6

Dibawah ini merupakan kompilasi soal cerita bilangan positif dan negatif mata pelajaran matematika untuk peserta didik kelas 6. Semoga bermanfaat.

  1. Suhu di sebuah ruangan mula-mula (-18)°C. Kemudian diturunkan 7°C. Oleh karena dirasakan terlalu dingin, suhu dinaikkan lagi 5°C. Berapakah suhu udara pada ruangan tersebut sekarang?
  2. Suhu udara di Jakarta mencapai 34°C. Pada saat yang bersamaan, suhu udara di London adalah -6°C. Berapa perbedaan suhu di kedua kota tersebut?
  3. Suhu mula-mula sebuah ruangan periksa yaitu -5°C. Setelah penghangat ruangan dihidupkan kemudian suhunya naik menjadi 20°C. Berapa besar kenaikan suhu pada ruangan?
  4. Suhu suatu ruangan mula-mula (-4) °C. Kemudian ruangan itu dinaikkan 2°C setiap jam. Berapakah suhu ruangan itu setelah 5 jam?
  5. Seekor tupai hinggap pada sebatang pohon dengan ketinggian 25 m. Karena pohon tersebut licin dan basah, tupai tergelincir 3 m setiap menitnya. Berapa meter ketinggian tupai setelah 7 menit?
  6. Ibu guru membeli permen 9 bungkus permen. Setiap bungkus berisi 48 butir permen. Permen tsb dibagikan kepada 18 siswa sama banyak. Tentukan banyak permen yang diterima tiap siswa.
  7. Guru dayu memiliki 144 batang bolpoin. Kemudian ia membeli lagi 3 pack bolpoin. Setiap 1 pack berisi 12 batang bolpoin. Seluruh bolpoin akan dibagikan kepada 26 siswanya. Setiap siswa akan mendapatkan bagian sama banyak. Berapa batang bolpoin yang diterima oleh masing-masing siswa?
  8. Bu ayu mempunyai persediaan buku tulis sebanyak 162 buku. Ia membeli lagi 15 ikat buku tulis. Setiap ikat berisi 18 buku tulis. Buku tulis tersebut dibagikan kepada 27 anak di panti asuhan. Jika setiap anak memperoleh buku tulis sama banyak, berapa buku tulis yang diterima tiap anak?
  9. Suatu peserta ujian akan mendapat nilai 4 jika jawaban benar, (-1) jika jawaban salah, dan 0 jika tidak menjawab. Jumlah soal ujian ada 20 nomor. Seorang peserta menjawab 13 soal dengan benar dan 4 soal salah. Tentukan nilai peserta ujian tersebut.
  10. Dalam suatu kompetisi sepak bola, setiap kesebelasan mendapat kesempatan 11 kali bermain. Setiap kemenangan diberi nilai 3, seri bernilai 1, tetapi apabila mendapat kekalahan akan mendapat nilai (-1). Kesebelasan fantasi mendapat kemenangan 8 kali dan 2 kali seri. Berap nilai total yang didapatkan kesebelasan tersebut?
  11. Seorang petani mendapat 5 karung beras dari hasil panennya. Berat masing-masing karung adalah 60kg. Petani tersebut menjual beras hasil panen sebesar 90kg dan memberikan sebagian beras kepada buruhnya. Terdapat 3 buruh yang membantu dan masing-masing mendapatkan 5kg. Berapakah beras petani sekarang?
  12. Seorang pedagang mempunyai kambing 87 ekor. Sebanyak 57 ekor dijual ke pasar. Pedagang tersebut membeli lagi 25 ekor. Berapa banyak kambing pedagang itu sekarang?
  13. Seekor paus sedang berenang pada kedalaman 8 meter dibawah permukaan laut. Paus itu melompat sampai ketinggian 20 meter di atas permukaan laut. Berapa ketinggian lompatan paus tersebut?
  14. Suhu udara di siang hari adalah 20 derajat celcius dan ketika malam hari suhu udaranya -3 derajat celcius. Berapakah perbedaan suhu antara siang dan malam tersebut?
  15. Suhu udara di Jakarta mencapai 34 derajat celcius. Pada saat yang sama, suhu udara di Berlin adalah -6 derajat celcius. Berapa perbedaan suhu di kedua kota tersebut?
  16. Suhu mula-mula sebuah ruangan periksa, yaitu -5 derajat celcius. Setelah penghangat ruangan dihidupkan, suhunya naik menjadi 20 derajat celcius. Berapa besar kenaikan suhu pada ruangan?
  17. Seorang penyelam menyelam sejauh 5 m dari permukaan air, kemudian turun ke bawah lagi sejauh 8 m. Tentukan posisi penyelam berada dari permukaan air dengan operasi bilangan bulat! 
  18. Sebuah kapal selam berada 200 m di bawah permukaan air. Kapal itu naik sampai 50 m dari permukaan untuk melakukan pengintaian. Setelah itu, kapal selam turun lagi 100 m. Berapa jarak kapal selam itu dari permukann air sekarang?
  19. Suhu di sebuah ruangan mula-mula (-18) derajat celcius. Kemudian diturunkan 7 derajat celcius. Oleh karena dirasakan terlalu dingin, suhu dinaikkan lagi 5 derajat celcius. Berapakah suhu udara pada ruangan tersebut sekarang?

Kunci Jawaban No. 1-10

  1. -18 -7 + 5 = -18 + (-7) + 5 = -25 + 5 = -20°C
  2. 34° - (-6) = 34 + 6 = 40°C
  3. 20 - (-5) = 20 + 5 = 25°C
  4. (-4) + (2 x 5) = (-4) + 10 = 6°C
  5. 25 - (3 x 7) = 25 - 21 = 25 + (-21) = 4 m
  6. (9 x 48) : 18 = 432 : 18 = 24
  7. (144 + (3x12)) : 26 = (144 + 36) : 26 = 180 : 36 = 5 btg
  8. (162 + (15 x 18)) : 27 = (162 + (270 : 27)) = 432 : 27 = 16
  9. (B x skor benar) + (J x skor salah) + (T x skor tidak jawab) = (13 x 4) + (4 x (-1)) + (3 x 0) = 52 - 4 + 0 = 52 + (-4) + 0 = 48.
  10. 25