Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Daftar Isi Manual di Word 2010 dengan Mudah

Bagi pelajar dan mahasiswa terutama, mulai diperkenalkan membuat laporan yang disusun secara sistematis dan rapi dengan ciri adanya daftar isi. Siapa tahu ada yang belum bisa menyusun daftar isi, oleh karenanya disini kami bagikan cara membuat daftar isi manual di Word 2010.

Salah satu tugas rutin mahasiswa adalah membuat makalah di setiap mata kuliah yang diikuti. Meskipun tidak semua mata kuliah menuntut mahasiswanya membuat makalah, namun sebagian besar tuntutan dosen kepada mahasiswa untuk penugasan adalah dengan wujud makalah ataupun laporan sejenisnya.

cara membuat daftar isi manual di word 2010

Secara umum, laporan-laporan yang dikumpulkan mengharuskan adanya daftar isi untuk memudahkan pembaca untuk mencari poin penting setiap bab dan sub bab dalam laporan tersebut. Selebihnya karena memang sistematika penulisan laporan apapun rata-rata mengharuskan ada daftar isinya.

Mungkin sebagian sudah banyak yang tahu bagaimana cara membuat daftar isi, tetapi tidak menutup kemungkinan pembaca salah satu yang belum tahu. Padahal caranya cukup mudah, kurang lebih cara manual ini bisa diterapkan pada Microsoft Word versi manapun.

Sebenarnya ada juga trik membuat daftar isi secara otomatis. Namun sepengalaman pribadi, daftar isi otomatis sangat rawan terjadi perubahan format ketika dokumen dibuka di komputer atau laptop lain dengan versi Office yang berbeda. Maka, membuat daftar isi secara manual lebih aman.

2 Cara Membuat Daftar Isi Manual di Word 2010 dengan Mudah dan Cepat

Keuntungan membuat daftar isi secara manual salah satunya adalah kita lebih fleksibel mengatur bab dan sub bab sebagaimana diinginkan sesuai kebutuhan. Dimana terkadang cara otomatis tidak dapat menjangkau pada bagian setelan tertentu.

1. Gunakan menu Word yang tersedia

Membuat daftar isi secara manual secara tidak langsung dapat menambah skill dan wawasan pada menu-menu word yang tersedia. Pembaca menjadi tahu fungsi dan kegunaan dari setiap icon atau menu pada word.

Langkah untuk membuat daftar isi manual sebagai berikut :

  1. Buka halaman word
  2. Tuliskan judul “Daftar Isi”
  3. Selanjutnya ketikkan bab dan sub bab sesuai kebutuhan
  4. Gunakan menu-menu word yang tersedia seperti :

    • Bold : menebalkan huruf
    • Center Text : menengahkan posisi tulisan
    • Firs Line Indent : menentukan letak awal kalimat yang menjorok ke dalam
    • Left tab : menentukan letak akhir kalimat

Setelah semua poin-poin bab dan sub bab sudah tersusun dengan rapi, tinggal save saja. Intinya tinggal sesuaikan saja seperti pedoman laporan kerja yang digunakan.

Tentu saya tidak akan menuntut teman-teman dengan teknis yang muluk-muluk. Selama mau belajar dan praktek langsung pasti nanti akan ketemu dengan sendirinya.

2. Gunakan Word Daftar Isi Manual yang sudah jadi

Kalau pun masih malas untuk belajar, tenang saja, masih ada cara lain agar daftar isi-mu bisa langsung jadi dengan cepat dan mudah. Yakni, gunakan saja file word daftar isi manual yang sudah jadi.

Teringat dulu waktu semasa kuliah, suka meng-copy paste makalah senior yang sudah lengkap. Tidak hanya daftar isi saja yang tersedia, soal isi makalahnya sudah lengkap, tinggal ganti nama, muehehe. Tapi jangan sampai ditiru lho ya.

Kembali ke tips kedua, setelah file manual didapat tentunya kita tidak perlu repot edit sana-sini yang terlalu banyak. Paling tinggal copy-paste lalu penyesuaian isian dan penomoran halaman saja, dan daftar isi kita sudah jadi.

Guna membantu teman-teman agar laporannya cepat selesai, silahkan download saja file mentah yang saya sediakan dengan klik di bawah ini.

Download file daftar isi manual word 2010 docx

Demikian artikel kali ini, semoga tips cara membuat daftar isi manual di word 2010 bermanfaat dan membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah atau kuliah kamu.