Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghapus Postingan Blog dengan Aman Tanpa Khawatir Error 404

Penting bagi blogger pemula yang gundah gulana dengan arah jenis blog yang sedang dikembangkan. Ketika pilihan sudah diambil, terkadang sampai memaksa harus menghapus beberapa postingan lawas agar terlihat lebih relevan. Nah, kali ini tak kasih tahu gimana tips menghapus postingan blog dengan aman.

Mengapa tips ini penting?

Banyak jenis error atau kesalahan dalam Google Search Console (GSC) salah satunya error 404. Ia merupakan kesalahan dimana suatu link artikel dari sebuah situs tidak ditemukan dalam mesin pencari Google.

cara menghapus postingan blog dengan aman

Error 404 terbiasanya disebabkan karena metode penghapusan postingan artikel pada blog kurang tepat. Jika kita tidak memahami bagaimana proses crawler mesin pencari Google dan disisi lain kita berkeinginan menghapus salah satu postingan artikel pada blog, maka kita dengan grusa-grusu menghapusnya begitu saja pada menu blogger.

Ini berdasarkan pengalaman pribadi ya, saya pengguna platform blogspot.

Wal hasil, yang terjadi adalah − ketika mengecek GSC akan ditemukan error 404 (tidak ditemukan). Tentu hal ini sangat mengganggu pikiran. Meskipun blog masih bisa dibuka dengan normal, postingan artikel yang lain pun juga masih oke-oke saja, namun dalam sudut pandang SEO tentu hal ini menjadi kurang baik. Apalagi bagi blog yang masih belum sampai di-approve oleh Adsense, dijamin deh nggak bakal lolos peninjauan.

Mengapa error 404 bisa terjadi?

Dalam kasus penghapusan postingan melalui dashboard blogger benar sebuah postingan dapat terhapus. Tetapi hal itu tidak secara otomatis menghapus link artikel yang sudah tertanam dalam mesin pencari.

Maka tidak mengherankan jika kemudian dalam analisa GSC terjadi error 404. Pasalnya, penghapusan link artikel di mesin pencarian Google membutuhkan waktu yang cukup lama, kira-kira bisa sampai 6 bulan link baru bisa benar-benar terhapus.

Perumpamaannya seperti ini, kamu sudah menghapus postingan artikel di dashboard blog, kemudian ada orang searching di Google dengan kata kunci yang salah satunya mengarah ke artikel blog kamu. Lalu ia mengkliknya, kira-kira apa yang terjadi, pastinya link-nya error tidak ditemukan. Makanya kemudian metode yang kamu gunakan untuk menghapus postingan artikel kurang tepat, hasilnya justru membuat ada broken link dengan jenis permasalahan error 404 (tidak ditemukan).

Lantas, bagaimana sih cara menghapus postingan blog yang benar dan aman?

Cara Menghapus Postingan Blog dengan Aman

Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam menghapus postingan artikel pada blog agar tidak terjadi Error 404 (tidak ditemukan) sebagai berikut :

  1. Buka dashboard Google Search Console
  2. Pilih menu “Penghapusan”
  3. Klik menu “permintaan baru” berwarna merah
  4. Salin link url postingan yang ingin dihapus
  5. Paste-kan link url pada kolom
  6. Klik opsi “hapus semua URL dengan awalan ini”
  7. Klik “berikutnya”
  8. Selesai

Proses penghapusan link artikel akan membutuhkan waktu sekitar 6 bulan. Selama itu biarkan saja, Google akan memprosesnya sampai artikel itu benar-benar terhapus sampai akar-akarnya.

Lalu, apakah kita perlu menghapus postingan artikel di dashboard blog juga secara manual? Jawabannya tidak perlu. Ketika GSC sudah menghapusnya, maka postingan artikel dalam blog kita akan terhapus juga dengan sendirinya.

Untuk melakukan tips ini, pastikan bahwa kamu sudah mendaftarkan blog ke Google Search Console (GSC).

Demikian tips menghapus postingan blog dengan aman tanpa khawatir error 404. Semoga bermanfaat dan membantu permasalahan kamu, terutama blogger pemula.

Salam Blogger Indonesia.