Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kartun Hari Minggu Ini Bikin Kamu Nostalgia Kembali ke Tahun 2000-an

Siapa yang tidak punya kenangan masa kecil di hari Minggu seperti ini?. Minggu pagi-pagi sekali, udah rela bangun demi bisa nonton kartun favorit di layar televisi di tahun 2000-an. Aaah, pingin banget rasanya kembali ke masa-masa indah tanpa beban itu.

Meskipun perkembangan teknologi di masa itu belum semaju sekarang, tetapi bagi kamu yang kelahiran 90-an, bisa nonton sederetan kartun-kartun favorit di hari minggu sudah menjadi hal istimewa dan menyenangkan.

kartun hari minggu nostalgia tahun 2000-an

Kenapa istimewa? Karena pada masa itu nggak semua anak-anak bisa nonton.

Hiburan bagi anak-anak pada masa itu cuma televisi, itu pun nggak semuanya memiliki televisi. Kalaupun ada televisi, masih ada kendala lagi, pakai digital parabola atau anten manual. Biasanya sih, rumah keluarga elite yang udah pasang parabola lebih lengkap channel tv-nya.

Kalau keluarga elite, channel tv apapun bisa muncul dan tampilannya jernih. Kalau yang masih pakai anten manual ya nanti dulu, Indosiar jernih, tapi belum tentu RCTI ada. Maka, tidak ada cara lain selain numpang nonton kartun di TV tetangga elite, Muehehe.

Pun begitu, kita tetap bersyukur. Berkat kemajuan teknologi yang dicapai di era sekarang, kita semakin dimudahkan untuk mendapatkan informasi, bersosial media, mengakses berbagai layanan di dunia maya, termasuk diantaranya situs atau platform berbasis video seperti Youtube.

Jadi, dengan Youtube misalnya, kita yang dulu untuk nonton kartun saja harus numpang tv tetangga, sekarang kita dengan mudah memutarnya di smartphone atau laptop kapan pun dan dimanapun.

Kira-kira, kartun apa aja sih yang belum sempat kamu tonton di hari minggu masa kecilmu?, Nah, kami akan bagikan 10 kartun hari minggu yang bikin kamu nostalgia kembali ke tahun 2000-an.

Deretan 10 Kartun Hari Minggu Ngajak Kamu Bernostalgia

1. Let's Go

Masih ingat dengan dua kakak-adik yang berjuang dalam turnamen balapan tamiya dalam serial Let’s Go?. Serial kartun ini menceritakan kisah perjuangan sebuah tim balap tamiya dengan tokoh utama Letsu dan Go, dibantu dengan teman-temannya dan seorang profesor yang membantu tim mengembangkan teknologi tamiya agar menang balapan.

kartun hari minggu 2000-an

Kepopuleran serial kartun ini membuat banyak pengusaha-pengusaha Jepang meraup untung melimpah dengan meluaskan bisnis ke pasar mainan. Mereka mengeluarkan produk mainan yang terinspirasi dari karakter-karakter tamiya di dalam serial Let’s Go.

Tidak hanya berhenti disitu, saking populernya serial kartun tamiya ini, banyak agenda turnamen balap tamiya yang diselenggarakan di berbagai belahan dunia pada masa itu, termasuk di Indonesia.

Untuk sekarang, meskipun tidak banyak, masih ada kok komunitas pecinta tamiya yang mengadakan kegiatan. Mereka berkumpul sebagai wahana untuk saling silaturahim antar member. 

2. Crayon Shinchan

Tayang di RCTI, setiap hari Minggu, Pukul 08.30 WIB, apalagi kalo bukan Shinchan. Serial kartun mengisahkan seorang bocah umur 5 tahun yang duduk di bangku TK, bernama lengkap Nohara Shinoshuke dengan tingkahnya yang kocak.

kartun hari minggu tahun 2000-an

Penonton serial kartun ini pasti diajak untuk mengocok perut karena kelakuan kocak Shinchan dan tingkah lakunya yang menggemaskan. Cuek, nakal, konyol, kadang genit, tapi terkadang juga menjadi sosok solutif tanpa sengaja, merupakan karakter yang disematkan oleh penciptanya kepada Shinchan.

Crayon Shinchan adalah satu kartun di hari Minggu yang populer pada saat itu. Dalam perkembangannya bahkan rilis Crayon Shinchan dalam bentuk Movie sebagai bukti bahwa serial kartun ini memang memiliki banyak penggemar.

Jika kamu dulu suka main ke toko buku, tidak jarang ditemukan disana menjual buku komik Crayon Shincan dengan series yang berbeda dari yang selama ini ditampilkan dilayar televisi. Series komik Shincan lebih segar dan jokes-nya lebih cocok untuk anak-anak dewasa usia 18 tahun ke atas, muehehe.

Kalau dulu di tahun 2000-an Shincan masih TK, sekarang dia sudah jadi apa ya kira-kira?

3. Doraemon

“Aku minta bantuanmu, Doraemon,” pinta seorang bocah sambil merengek-rengek, siapa lagi kalo bukan Nobita. Aksen inilah yang menjadi ciri khas dari serial kartun Doraemon. Seekor robot kucing dari masa depan dengan ciri khas kantong ajaib yang bisa mengeluarkan alat-alat ajaib untuk membantu segala macam permasalahan Nobita.

Serial kartun hari minggu satu ini juga tidak kalah populer di masanya. Jika Shinchan disiarkan di RCTI jam setengah 9, kartun sebelumnya Doraemon pada pukul 08.00 WIB.

kartun hari minggu tahun 2000-an

Serial kartun ini menceritakan kehidupan sosok Nobita dengan karakternya yang mudah putus asa, gampang mengeluh, dan selalu menjadi target bully-bully-an teman-temannya. Beruntung dia memiliki Doraemon, dengan alat-alat canggih dari kantong ajaib Doraemon, ia mampu menandingi ejekan Shuneo yang kaya raya dan Giant yang sok keras.

Tidak jarang Nobita meminta alat-alat dari Doraemon untuk membantunya memikat pujaan hati, Shizuka, cie cieeee.

Kepopuleran serial Doraemon membawanya merambah ke layar bioskop dengan series Doraemon The Movie. Pada serial movie yang pernah tayang di bioskop tersebut, sempat memunculkan pro-kontra penonton.

Pasalnya, dalam alur filmnya oleh penulis film dikisahkan bahwa semua cerita dan pengalaman Nobita bersama Doraemon hanya lah mimpi, tentu ini sangat mengecewakan bagi penonton.

Pun begitu, serial movie tersebut benar-benar bisa mengurai air mata penonton, terutama momen saat perpisahan Nobita dengan Doraemon.

Kalau sekarang kebanyakan orang sukanya memelihara kucing ras trus jadi babunya. Coba andaikan kamu di rumah punya kucing robot kayak Doraemon, nggak buang duit tapi mungkin bisa bikin kamu jadi Crazy Rich.

4. Dragon Ball Z

Kita beralih dulu ke Indosiar. Selain RCTI, Indosiar juga merupakan salah satu stasiun tv yang ditunggu-tunggu anak-anak Indonesia pada masa itu karena banyak menayangkan kartun di hari Minggu. Serial Dragon Ball Z salah satunya.

Dragon Ball adalah salah satu serial kartun dengan banyak penggemar. Mengisahkan seorang anak bernama Sun Goku dari suku Saiya dengan kekuatan super yang berjuang melawan musuh-musuhnya dari lintas planet.

kartun hari minggu tahun 2000-an

Ada beberapa yang melekat dari Sun Goku kecil, diantaranya yakni tongkat ajaib dan awan kinton. Kok seperti cerita kera sakti?. Memang iya sih, berdasarkan info yang beredar di kalangan pecinta anime, Sun Goku sendiri berasal dari Ras Manusia kera dari suatu planet di luar bumi.

Episode awal, kisah Dragon Ball cukup sederhana, dimana Goku bersama teman-temannya seperti Krilin, Kakek Kura-kura, Bejita atau Vegeta, Piccolo, Cici (istri Goku), Gohan memiliki misi berlomba-lomba mengumpulkan 9 bola naga untuk memanggil Shenron (sang naga) agar diberikan kesempatan mendapatkan 3 permintaan seperti yang mereka inginkan.

Karena, jika 9 bola naga ini terlebih dulu dikumpulkan oleh musuh-musuh Sun Goku yang jahat, tentu bumi dan keberlangsungan umat manusia pasti terancam. Kurang lebih seperti itu alur ceritanya.

Namun, semakin ke belakang, series kartun Dragon Ball semakin rumit dan banyak versi.

Barangkali kamu ada yang belum tuntas, nah sekarang kamu bisa mengulanginya sambil bernostalgia dan mencari tahu misteri-misteri dalam alur Dragon Ball Z yang masih tersembunyi.

5. Ninja Hatori

Sedikit berbeda konsep dengan Doraemon, serial kartun satu ini lebih menonjolkan salah satu ke-khasan dari Jepang, yakni Ninja. Makanya dalam setiap episode ditunjukkan dengan judul jurus-jurus unik dari karakter utama, Hatori Kenzo.

Dimasa itu, Ninja Hatori juga termasuk serial kartun yang sangat digemari oleh anak-anak era 2000-an. Kisah seorang ninja dari Negri Gozaru membantu Kenichi, seorang anak SD dalam menjalani kehidupannya di rumah dan di sekolah.

kartun hari minggu tahun 2000-an

Masih ingat nggak nama-nama karakter dalam serial kartun Ninja Hatori?. Selain Hatori dan Kenichi, diantara lainnya seperti Shinjo (adik Hatori), Shisimaru (anjing ninja), Yumeko (perannya kalo di serial Doraemon seperti Shizuka), dan Kikimaki ninja antagonis serta kucing peliharaannya bernama Kagechio.

Jadi, setiap Kikimaki dan Kagechio membuat masalah dengan Kenichi, teman-temannya seperti Hatori, Shinjo dan Shisimaru lah yang membantu.

Ketika dulu nonton Hatori, pasti sambil mbayangin gimana enaknya jadi ninja, bisa menghilang, bisa lari di atas air, bisa terbang, bisa ngeluarin berbagai jurus, aaaaah, ngaku deh, pasti ini kamu yang mbayangin? xixixixi

6. Digimon Adventure

Kamu yang dulu suka nonton Digimon, tahu nggak singkatannya apa? Digimon itu singkatan dari Digital Monster. Jadi memang monster-monster dalam serial kartun hari minggu ini erat kaitannya dengan semacam alat digital yang dikenakan oleh masing-masing partner mereka.

Ingat nggak gimana sensasinya nonton kartun ini?. Kita disuguhkan dengan ragam monster yang lucu-lucu. Iya, lucu-lucu, waktu monsternya masih kecil. Tetapi kalau udah berevolusi, naaaah, baru terlihat gimana kerennya monster-monster kecil menjadi monster yang kuat, tangguh, dan nurut banget sama pemiliknya.

kartun hari minggu tahun 2000-an

Masih ingat juga kan karakter-karakter monster yang ada dalam serial Digimon Adventure. Ada yang monster ala-ala dinosaurus, ada monster dengan bentuk hewan-hewan laut, tumbuhan sampai ada yang evolusinya berubah menjadi malaikat.

Sangking banyaknya karakter monster digimon makanya susah untuk nghafalin. Paling-paling Agumon, karakter monster utama. Selebihnya, pokoknya namanya diakhiri dengan nama “mon-mon”, hehe.

Penggemar serial kartun Digimon pada masa itu juga semakin dimanjakan dengan adanya kaset Digimon PS 1. Jadi, fantasi-fantasi saat nonton Digimon di layar televisi lebih bisa didapatkan lagi saat main PS.

Teringat obrolan dulu waktu SD. Rebutan digimon mana untuk dipelihara di rumah, wakakakakak. Namanya juga anak-anak SD menghayal.

7. Saint Saiya

Sebuah anime yang terinspirasi dari mitologi Yunani, Saint Saiya. Masih ingat nggak siapa aja karakter utama dalam serial kartun 2000-an ini?.

Lima karakter utama itu diantaranya ada Pegasus Saiya, Dragon Shiryu, Cygnus Hyuga, Andromeda Shun dan Phoenix Ikki.

kartun hari minggu tahun 2000-an

Serial kartun Saint Saiya ini mengisahkan perjuangan kelima para prajurit Saiya untuk menyelamatkan Saori yang merupakan reinkarnasi Dewi Athena yang diculik oleh musuh. Sehingga dalam perjalanannya mereka harus berjuang mati-matian melawan para prajurit kayangan yang terdiri dari saiya berjubah emas.

Prajurit saiya berjubah emas ini terinspirasi dari 12 bintang zodiac dalam mitologi yunani, seperti Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, dan Capricorn. Mereka lah yang menjadi lawan tanding Pegasus Saiya dan kawan-kawannya dalam setiap level Santury dengan daya tempur serta keunikan kekuatan masing-masing.

Begitu juga dengan Saiya dan kawan-kawannya, mereka juga memiliki keunikan dan kekuatan tersendiri. Misalnya Saiya memiliki kekuatan tinjuan mematikan dengan semangat pegasus. Shiriyu yang basicnya adalah seorang pendekar gunung, ia memiliki kekuatan dari cakra naga. Hyuga, ia memiliki kekuatan dengan gaya tarung layaknya seorang angsa.

Sedangkan Andromeda, karakter utama terlemah dari lainnya, dengan kekuatan bela diri yang dikombinasikan kemampuan mengontrol senjata berupa rantai di tangannya. Pun begitu, ia memiliki kakak yang tidak boleh dianggap enteng, yakni Ikki sang burung Phoenix.

Seandainya kamu ada kesempatan jadi saiya, kira-kira kamu mau memilih punya kekuatannya siapa? Pejuang saiya Athena apa saiya berjubah emas di Sanctury?

8. Inuyasha

Masih berada di Indosiar. Salah satu kartun hari minggu yang ditunggu-tunggu adalah Inuyasha. Ingatkan bagaimana kisahnya?. Menceritakan manusia setengah siluman, Inuyasha, yang pada episode awal dikisahkan ia berusaha mencuri sebuah batu bernama Shikon No Tama agar dapat menjadi siluman seutuhnya dan memiliki kekuatan yang tak tertandingi.

kartun hari minggu tahun 2000-an

Namun sayang, usaha itu digagalkan oleh Kikyo, penjaga batu siluman. Karena nyawa Kikyo tidak bisa diselamatkan atas insiden dengan Inuyasha tersebut, ia berwasiat kepada adiknya untuk membakar batu Shikon No tama bersama jasadnya agar tidak ada lagi siluman yang merebutnya.

Di dunia lain, diperkenalkan lah tokoh utama lain bernama Kagome. Ia hidup di masa depan yang sudah berbeda jauh dengan zaman Inuyasha. Singkat cerita, karena sebuah peristiwa di sumur tua di dalam kuil yang dijaga oleh keluarga Kagome, ia pun ditarik oleh sosok siluman wanita berwujud kelabang masuk ke dalam sumur karena adanya aura dari batu Shikon No Tama dalam diri Kagome.

Setelah itu bertemu lah Kagome dengan Inuyasha yang tersegel di pohon dengan panah dari Kikyo yang masih menancap.

Gimana-gimana? Bikin kamu kangen kembali ke masa-masa itu kan?

9. Detective Conan

Siapa yang tidak kenal dengan Detective Conan. Kamu yang punya IQ agak tinggi, meskipun sok-sokan menjadi cerdas, pasti Detective Conan masuk ke dalam list kartun favorit kamu di hari Minggu.

Kisah seorang detektif SMA bernama Shinici Kudo yang melawan bisnis gelap dari sebuah organisasi hitam. Namun, karena kurang waspada ia diserang oleh beberapa anggota organisasi hitam sampai pingsan kemudian dicecoki sebuah pil yang membuatnya terjebak dalam tubuh kecilnya.

kartun hari minggu tahun 2000-an

Untuk menyamarkan identitasnya, ia merubah namanya menjadi Conan Edogawa dan membaur bersama anak-anak sebayanya agar keberadaanya tidak membahayakan orang-orang terdekat dari niat jahat organisasi hitam.

Sambil menanti profesor mendapatkan formula obat penawar untuk mengembalikan tubuhnya seperti semula, ia menjalani kehidupan dengan tinggal bersama pacar dan ayahnya, Ran Mouri dan Kogoro Mouri.

Setiap episodenya kita diajak berfikir, sekaligus menebak-nebak siapa yang jadi tersangka dari setiap kasus yang ditangani oleh Conan, meskipun kedoknya sih Kogoro Mouri yang katanya detektif handal.

Tapi memang bener sih, sesuai judul, penonton ketika mengikuti Conan benar-benar diajak menjadi seorang detektif.

Anime satu ini juga memiliki kepopuleran yang tidak bisa dianggap remeh. Banyak sekali movie series-nya yang beredar di jagat maya. Selain dalam versi komik, bahkan Detective Conan ada yang dalam seri Live Action. Bisa kamu cek sendiri deh.

10. Gundam

Kalo robot-robot keren, nontonya di serial kartun Gundam dong. Agak lupa sih gimana alur cerita dari anime satu ini. Yang jelas, di era dulu Gundam menjadi kartun pengisi hari Minggu anak-anak Indonesia yang disiarkan di Indosiar.

kartun hari minggu tahun 2000-an

Dalam serial Gundam, penonton akan diajak berfantasi ke kehidupan masa depan dengan teknologi begitu maju dimana orang-orang di setiap daerah memiliki robot canggih dengan ciri khas tertentu.

Misalkan, pengendara gundam adalah seorang militer, maka karakter robotnya juga ndak jauh-jauh dari pistol, basoka, bom, dan peluru sebagai ciri khas. Adalagi pengendara Gundam dari orang pegunungan, karakter gundamnya pun akan mengikuti ciri khas atau latar belakang dari pengendara itu.

Nah, biar ingat lagi gimana sih asiknya kartun ini, barangkali kamu dulu pernah nonton tapi agak-agak lupa, tonton aja di situs-situs anime. Yang versi movie juga ada lho.

Demikian 10 Kartun Hari Minggu Bikin Kamu Nostalgia Kembali ke Tahun 2000-an. Sebenarnya masih banyak kartun-kartun hari Minggu lainnya yang belum dibahas, misalnya One Piece dan Tsubasa dan masih banyak lagi yang lain.

Cuma, untuk One Piece sih bukan lagi kartun jaman dulu ya, soalnya episode-episode One Piece masih berlanjut sampai sekarang.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat kenangan-kenangan indah di masa kecilmu kembali hadir dalam ingatanmu.

Salam hangat.