Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tanda Tangan di Word Tanpa Scan dengan Rapi

Mencari formula guna efektifitas dan efisiensi dalam mengurus administrasi kantor terus menjadi perkara yang cukup diprioritaskan oleh para karyawan, apalagi di era digital sekarang. Maka, cara membuat tanda tangan di word tanpa scan patut dipelajari untuk mempermudah pekerjaan mereka.

cara membuat tanda tangan di word tanpa scan dengan rapi

Jika biasanya ketika kita menginginkan sebuah tanda tangan digital − terpaku dengan sebuah aplikasi CamScannernya misalnya, maka sesungguhnya kita pun bisa kok membuat tanda tangan di Microsoft Word tanpa scan dengan hasil yang rapi.

Bagaimana caranya?. Yuk simak ulasan saya selengkapnya.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Pada era serba digital seperti sekarang, kita dituntut untuk bekerja dengan mobilitas tinggi agar tercapai hasil kerja yang cepat dan tepat. Kita harus mampu memanfaatkan utilities digital yang ada untuk menunjang kinerja, jika tidak, maka tidak menutup kemungkinan kita melulu akan menghadapi keterlambatan yang dapat menghambat kemajuan instansi atau organisasi yang kita kelola.

Dalam rangka menuju profesionalitas instansi atau organisasi yang dipimpin, mensyaratkan adanya percepatan informasi kepada seluruh anggota di bawah atau pihak-pihak terkait tanpa meninggalkan legalitas kelembagaan agar tidak dianggap hoax atas informasi yang disebarkan.

Langkah yang bisa dilakukan yakni dengan membuat surat digital. Tidak sembarang surat, surat yang memiliki keabsahan adalah yang dibubuhi tanda tangan dan berstempel. Setidaknya dengan melakukan cara ini, kalaupun ada yang ingin mencoba-coba membuat hoax bisa dengan mudah terdeteksi, apalagi netizen Indonesia sekarang semakin cerdas.

Lantas bagaimana cara membuat tanda tangan digital?

Ada beragam aplikasi scan tanda tangan yang bisa kita gunakan untuk membuat tanda tangan digital. Beberapa diantaranya dengan memanfaatkan aplikasi CamScanner, Corel atau dengan Microsoft Word.

Memanfaatkan Aplikasi CamScanner untuk Membuat Tanda Tangan Digital

Barangkali aplikasi CamScanner inilah yang paling populer, pasalnya booming-nya transformasi pola dalam urusan surat-menyurat ntah bagaimana ceritanya aplikasi ini paling banyak diunduh diantara aplikasi-aplikasi sejenis lainnya di Playstore.

Selain fungsi scan dokumen, fitur-fitur di dalam aplikasi CamScanner bisa dimanfaatkan juga untuk kebutuhan yang lainnya, salah satunya guna membuat scan stempel dan membuat tanda tangan digital.

Di bawah ini langkah-langkah selengkapnya :

  1. Pastikan CamScanner sudah terinstal di hp android
  2. Tulis tanda tangan di kertas putih polos
  3. Buka aplikasi CamScanner
  4. Ambil gambar tanda tangan melalui aplikasi
  5. Cropping gambar sesuai kebutuhan
  6. Tentukan jenis filter
  7. Simpan ke galeri

Apabila masih bingung dengan penjelasan tutorial di atas, silahkan kunjungi artikel saya yang lain berjudul “cara scan tanda tangan dengan CamScanner”.

Membuat Tanda Tangan Digital dengan Corel Draw

Saya yakin tidak semua dari kita bisa mengoperasikan Corel. Jadi ini sebagai informasi saja buat teman-teman, bahwasannya selain aplikasi-aplikasi pembuat scan tanda tangan praktis di Playstore, Corel juga bisa digunakan untuk membuat tanda tangan digital. Pun demikian, kita masih bisa kok mempelajarinya, caranya cukup mudah.

Berikut selengkapnya cara membuat tanda tangan digital dengan Corel Draw :

  1. Buka aplikasi Corel Draw di laptop/PC kalian
  2. Masukkan foto tanda tangan ke halaman Corel
  3. Klik “bitmaps” dan pilih “Convert to Bitmaps”
  4. Klik ok
  5. Pilih “edit bitmap”
  6. Cropping sesuai ukurang yang diinginkan
  7. Manfaatkan “magic wand mask” untuk menyeleksi bagian yang ingin dihapus
  8. Pilih “finish editing” dan tanda tangan digital sudah bisa digunakan.

Membuat Scan Tanda Tangan di Word 

Berbeda dengan kedua cara diatas yang menggunakan aplikasi tertentu untuk membuat tanda tangan digital, cara ketiga ini lebih simpel dimana proses scanning bisa langsung diterapkan dalam halaman Word-nya.

Cara untuk membuat tanda tangan digital di word cukup mudah, bisa diterapkan di versi Microsoft Office berapapun, termasuk juga untuk Word 2007. Dengan memahami tutorial ini, saya yakin bisa bermanfaat bagi pembaca guna menunjang pekerjaan kantor.

Sebelum kita masuk ke tutorialnya, ada beberapa perangkat yang harus disiapkan. Tanpa harus dijelaskan, saya yakin teman-teman sudah mengerti. Yang terpenting adalah, siapkan foto tanda tangan dengan latar belakang polos putih. upayakan menggunakan pulpen dengan diameter coretan besar untuk memaksimalkan hasil scan tanda tangan yang bagus.

Berikut ini langkah untuk membuat tanda tangan di Word tanpa scan dengan rapi :

  1. Masukkan foto tanda tangan ke halaman word
  2. Cropping ukuran gambar sesuai yang diinginkan
  3. Klik “warp text” lanjut “behind the text” untuk memudahkan setting letak tanda tangan di word
  4. Klik pada gambar, pilih tab menu “Picture Tools”
  5. Klik “recolor” dan pilih “Set Transparent Color”
  6. Terakhir klik pada area kosong gambar.

Tanda tangan digital yang kalian buat dengan Word tanpa harus melalui proses scan sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Demikian artikel pada kesempatan kali ini, semoga tutorial tentang cara membuat tanda tangan di Word tanpa scan dengan rapi dapat menambah wawasan teman-teman sekalian dan semoga bermanfaat.