Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Scan Tanda Tangan dan Dokumen yang Mudah di HP Android

5 Aplikasi Scan Tanda Tangan - Situasi dewasa ini mengharuskan seluruh masyarakat dunia tanpa terkecuali  membiasakan diri untuk "hidup secara digital" akibat adanya wabah pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 kemarin. Bagaimana tidak?, wabah pandemi ini mempengaruhi sebagian besar pola dan gaya hidup manusia sebagai dampak regulasi pemerintah dunia, termasuk Indonesia sebagai upaya preventif agar penyebaran virus Corona tidak semakin meluas. Masyarakat yang awalnya hidup secara normatif seperti bekerja di kantor, berdagang di pusat-pusat perbelanjaan, bersosial dengan post-post komunitasnya  terpaksa harus berhenti sejenak dari pola itu dan memulai tatanan kehidupan baru yang kemudian diistilahkan dengan "New Normal".
aplikasi scanner mudah di hp android
Istilah "hidup secara digital" yang saya maksud di sini adalah pergantian pola hidup masyarakat di dunia dari offline menjadi serba online, tanpa terkecuali baik itu dalam dunia pekerjaan, pendidikan, sosial kemasyarakatan ataupun lainnya. Perubahan ini bisa kita lihat di lingkungan sekitar, contoh saja seperti kegiatan belajar mengajar hari ini kebanyakan dilakukan secara daring, atau contoh lain pedagang offline harus berimprovisasi dengan berjualan secara online untuk menyikapi adanya regulasi pemerintah yang melarang warganya kontak tatap muka secara langsung.

Bagi pekerja kantoran, aktifis organisasi atau profesi apapun lainnya yang dalam pekerjaannya sarat dengan kegiatan administrasi --- tentu di situasi semacam ini akan lebih intens dalam melakukan scanning dokumen-dokumen, tidak lagi hanya karena kebutuhan pengarsipan administrasi secara digital saja, namun karena cara ber-administrasi digital (scan dokumen) merupakan cara yang tepat untuk memenuhi tuntutan pekerjaan administrasi kita di tengah situasi pandemi.

Nah, dalam membuat administrasi  dalam hal ini surat menyurat  biasanya kita harus membubuhkan tanda tangan di dalam dokumen-dokumen tertentu agar dokumen kita lebih profesional dan memenuhi unsur legal formalnya. Tentunya dari teman-teman yang membaca artikel ini sedang mencari aplikasi scanner yang bisa digunakan untuk membuat tanda tangan digital atau scanning dokumen, maka teman-teman sedang berada di blog yang tepat, karena disini saya akan berbagi tentang 5 aplikasi scan tanda tangan dan dokumen yang bisa diinstal di hp dan pastinya teman-teman bisa melakukan cara scan tanda tangan digital dan dokumen dengan mudah.

5 Aplikasi Scanner Tanda Tangan dan Dokumen Recommended untuk HP Android

  • CamScanner
  • Office Mobile
  • Genius Scan
  • Tap Scanner
  • Doc Scanner

1. CamScanner

Aplikasi Scanner pertama yang saya rekomendasikan disini adalah CamScanner. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi terpopuler di kalangan pengguna hp android di Indonesia, karena memang aplikasi CamSanner menyuguhkan fitur yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan scanning  yang bisa merubah hp android layaknya alat scanner sesungguhnya.

Aplikasi Scan Tanda Tangan CamScanner

Kapasitas memori yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi CamScanner juga tidak terlalu besar, jadi hp android dengan spek rendah pun bisa menjalankan tanpa mengalami loading atau bug yang berarti.

Dengan CamScanner, kita bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi untuk memaksimalkan hasil scanning sesuai keinginan. Fitur yang paling wort it dari aplikasi ini adalah kita bisa meng-crop pengambilan gambar dari suatu dokumen dengan hasil jepretan yang presisi, misalnya kita mengambil gambar agak miring atau karena dokumen kita agak kusut  CamScanner bisa menjadikannya tampak lebih rapi dengan ukuran yang lebih presisi. Selain fitur itu, aplikasi ini juga menyediakan filter yang dapat membuat scan tanda tangan tampak seperti goresan pulpen sebagaimana aslinya.

Bagaimana penggunaan Aplikasi ini selengkapnya bisa dibaca dalam artikel Cara Scan Tanda Tangan dengan CamScanner serta Penerapannya dalam Word.

2. Office Lens

Office Lens merupakan salah satu aplikasi scanner resmi dari Microsoft Coorporation yang bisa didownload melalui google playstore. Selain itu, layanan Office Lens juga bisa didapatkan dengan menginstal aplikasi Office, pasalnya Office Lens adalah salah satu fitur yang sudah menjadi bagian terintegrasi dengan aplikasi Office untuk android.

Aplikasi Scan Tanda Tangan Office Lens
Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi Office Lens bisa kita manfaatkan untuk membuat scan tanda tangan. Dengan aplikasi ini, kita dapat membuat hp menjadi alat scanner yang profesional dan bisa dipastikan hasil scan dari aplikasi ini tanpa watermark.

Ada 3 fitur filter yang tersedia dalam aplikasi scanner ini, yakni foto, dokumen dan papan tulis. Untuk membuat scan tanda tangan dengan Office Lens  kita bisa menggunakan filter 'papan tulis' yang sebelumnya kita sudah menuliskan tanda tangan menggunakan pulpen di atas kertas putih sebagai bahan pengambilan foto scan.

2 filter yang tersisa, foto dan dokumen dapat kita manfaatkan sesuai kebutuhan. filter 'foto' bisa kita gunakan untuk men-scan kartu-kartu seperti KTP, SIM, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa, NPWP, Kartu ATM atau sejenisnya. Sedangkan filter 'dokumen' bisa kita gunakan untuk men-scan lembaran semacam KK, Ijazah, Surat atau dokumen-dokumen sejenisnya.

3. Genius Scan

Aplikasi scanner ketiga yang saya rekomendasikan disini adalah Genius Scan. Aplikasi di Playstore ini cukup ringan karena secara kapasitas tidak membutuhkan space memori yang terlalu besar, sehingga Genius Scan sendiri compatible dengan hp android beragam spek dan sangat mudah dioperasikan.

Aplikasi Scan Tanda Tangan Genius Scan

Meskipun ukuran aplikasinya lebih kecil, namun secara fungsi  Genius Scan juga tidak kalah dengan dua aplikasi sebelumnya. Secara umum fitur yang tersedia dalam aplikasi scanner Genius Scan kurang lebih sama dengan yang ada di CamScanner, artinya secara fungsi  kita juga dapat membuat scan tanda tangan atau scan dokumen dengan memanfaatkan aplikasi ini.

Untuk dapat membuat scan tanda tangan aplikasi Genius Scan  kita bisa terlebih dulu mendownload-nya melalui Playstore. Setelah terinstal, selanjutnya kita sediakan tanda tangan di atas kertas putih polos kemudian ambil gambar, maka secara default hasil dari pengambilan gambar akan terarah menggunakan filter 'papan tulis' dan simpan dalam format jpg. Dan scan tanda tangan kita sudah jadi. Sedangkan untuk scan dokumen langkahnya kurang lebih sama, tinggal sesuaikan filternya saja sesuai dengan keinginan kita.

4. Tap Scanner

Tap Scanner merupakan salah satu aplikasi Scanner yang banyak digunakan. Di Aplikasi Playstore bisa dilihat aplikasi ini sudah didownload 50 juta lebih pengguna. Hal ini menandakan Tap Scanner memiliki daya tawar tersendiri bagi pengguna yang ingin memenuhi kebutuhan scanning secara efektif dan efisien dengan memasang aplikasi ini di hp android yang mereka miliki.

Aplikasi Scan Tanda Tangan Tap Scanner

Bagi teman-teman yang ingin mencari aplikasi scanner untuk hp android  saya merekomendasikan aplikasi Tap Scanner ini, pasalnya fitur yang tersedia di dalam aplikasi sudah sangat mendukung untuk memenuhi kebutuhan scanning, baik itu untuk scan tanda tangan, dokumen atau kartu-kartu seperti KTP, ATM atau yang lainnya  yang tentunya dengan pengoperasian aplikasi yang sangat mudah.

Pun demikian, fitur-fitur lengkap yang tersedia  dalam aplikasi Tap Scanner terbatas, terkecuali apabila teman-teman menggupgread ke versi premium (berbayar). Pembatasan fitur aplikasi ini seperti masih adanya watermark pada hasil scan yang kita share keluar dan seringnya iklan yang muncul saat kita mengoperasikannya. Namun bagi teman-teman yang tidak mempermasalahkan pembatasan fitur semacam ini, maka tentunya Tap Scanner versi gratis sudah cukup membantu memenuhi kebutuhan scanning.

Saya ada tips sederhana untuk membuat gambar scan tanda tangan tanpa watermark dengan aplikasi Tap Scanner. Langkah pertama lakukan scanning gambar tanda tangan mengikuti prosedur penggunaanya. Pastikan ada space di bawah tanda tangan. Setelah proses scanning selesai, selanjutnya kirim ke aplikasi WhatsApp dan potong space bawah tanda tangan yang terdapat watermark-nya, dan scan tanda tangan tanpa watermark dari aplikasi Tap Scanner sudah jadi dan siap untuk digunakan.

5. Doc Scanner

Aplikasi scanner terakhir yang saya ulas disini adalah Doc Scanner. Aplikasi yang tidak begitu populer, namun menyediakan segala macam kelengkapan fitur scanning di hp android yang bisa meningkatkan mobilitas teman-teman serta efektifitas dalam menyelesaikan tugas-tugas kantor, sekolah atau perkuliahan. Doc Scanner bisa didownload melalui Playstore secara gratis.

Aplikasi Scan Tanda Tangan DocScanner

Apa saja yang menjadi kelebihan dari Doc Scanner?, tentunya pertanyaan ini harus terjawab untuk membuktikan bahwa aplikasi ini layak direkomendasikan. 

Setidaknya ada dua kelebihan yang bisa saya utarakan. Pertama, Doc Scanner tidak membutuhkan ruang di memori internal yang terlalu besar. Pasalnya master instalannya di Playstore hanya sebesar 9 Mb saja, artinya aplikasi scanner ini berukuran kecil sehingga hp android dengan spek rendah sangat-sangat ringan untuk menjalankannya. Kedua, fitur-fitur yang disediakan developer Doc Scanner cukup lengkap. Meskipun gratis, Kita bisa menggunakan fitur-fitur yang ada secara penuh  tanpa ada pembatasan, tanpa watermark dan tidak terlalu banyak iklan yang mengganggu.

Dengan 2 kelebihan diatas  bisa disimpulkan aplikasi Doc Scanner ini sangat recommended untuk digunakan sebagai aplikasi scanner di hp android teman-teman, terlebih bagi teman-teman yang membutuhkan aplikasi scanner ringan, tidak membutuhkan space banyak karena keterbatasan spek hp. Kebutuhan akan scan tanda tangan dan dokumen  dengan aplikasi ini sudah cukup membantu.

Demikian ulasan saya mengenai 5 aplikasi scan tanda tangan dan dokumen yang mudah di hp Android. Semoga dapat memberikan tambahan informasi yang bermanfaat kepada teman-teman semua. Dan saya ucapkan terimakasih bagi yang sudah berkunjung ke blog pribadi saya.