Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Mobil Sedan Bekas Murah yang Paling Banyak Diminati

KANGIZZA - Barangkali teman-teman hari ini sedang memiliki rezeki lebih?. Finansial sudah tidak lagi bergantung kepada orang tua, sudah punya pekerjaan tetap dengan gaji yang lumayan ― dan punya keinginan untuk membeli mobil sedan tapi dengan harga yang murah?. Maka teman-teman sedang berada di blog yang tepat ― karena dalam artikel ini saya akan membahas sederetan mobil sedan bekas murah yang barangkali dapat menambah referensi teman-teman menentukan mobil sedan apa yang cocok dan pastinya sesuai isi kantong teman-teman.

mobil sedan bekas murah paling diminati
Namun, sebelumnya ― pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips kepada teman-teman tentang hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil. Seperti kita ketahui bersama, bahwa seseorang yang memiliki kendaraan roda empat, ntah itu yang baru atau bekas, masyarakat pada umumnya menilai itu sebagai indikasi orang yang tergolong mampu ― melihat karena kendaraan membutuhkan operasional yang lebih tinggi daripada kendaraan roda. Mulai dari harga belinya ― meskipun sebenarnya ada juga kok yang mobil sedan di bawah 50 juta bahkan 10 jutaan, kemudian nominal pajaknya, biaya perawatannya, atau yang paling sederhana bensin yang dibutuhkan. Andai kata ketika kita bepergian menggunakan motor, dengan uang sebesar seratus ribu di dompet pikiran kita sudah tenang ― dua puluh ribu untuk beli bensin, dua puluh lima atau tiga puluh ribu untuk beli bakso dan es teh bareng sama si doi, sisanya buat jaga-jaga seandainya di jalan ada apa-apa ― itu sudah sangat lebih dari cukup. Coba bandingkan dengan ketika bepergian bareng doi pakai mobil, tentu kocek yang harus ada di dompet pasti lebih dari itu.

Nah, oleh karenanya ― sebelum saya membahas lebih jauh mengenai deretan mobil sedan bekas murah yang paling banyak diminati ini, saya ingin mengajak teman-teman untuk sharing terlebih dulu mempertimbangkan sebelum memiliki kendaraan roda empat ini apakah sudah menjadi kebutuhan atau hanya keinginan saja, tentunya dalam hal ini dari setiap diri kita memiliki penilaian masing-masing. Saya ingin memberikan saran ― jika memiliki kendaraan roda empat ini hanya sebatas keinginan saja, malah-malah hanya untuk gaya-gayaan, alangkah baiknya ditunda dulu, karena ini sangat berdampak dengan isi dompet teman-teman semua, terkecuali bagi teman-teman yang secara finansial sudah sangat lebih dari cukup kuadrat ― bisa dipastikan saran saya tidak berlaku, hehe. Sebaliknya, apabila teman-teman menilai memiliki kendaraan roda sudah menjadi kebutuhan ― misalnya saja untuk menunjang progres bisnis, efektifitas pekerjaan, atau karena kebutuhan keluarga, seperti punya anggota keluarga yang harus cek kesehatan rutin ke rumah sakit yang harus dibawa dengan mobil ― karena tidak kuat jika dibonceng dengan motor, maka dalam hal ini memiliki kendaraan roda empat merupakan pilihan yang lebih baik, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan isi kantong teman-teman.

Saya anggap teman-teman yang membaca artikel ini sefrekuensi dengan saya ― dalam hal kantong yang pas-pasan, hehe. Disamping keinginan memiliki kendaraan roda empat ― kemudian karena untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sebagaimana saya tulis di atas yang mungkin itu kebutuhan teman-teman juga, ditambah finansial yang pas-pasan ― maka barangkali menentukan pilihan pada mobil sedan murah bisa menjadi alternatif. Kalau isi kantong teman-teman agak lumayan, ya silahkan cari mobil sedan 50 jutaan ― kalau ternyata dinilai terlalu mahal bisa diturunkan lagi pilih mobil sedan di bawah 50 juta. Mengingat isi kantong kita yang pas-pasan, tentunya kita akan berfikir untuk mencari mobil sedan paling irit dan murah, tapi perlu diingat juga ― ada harga ada kualitas. Sepengalaman dan sepengetahuan saya biasanya teorinya begini ― misalnya kita menjatuhkan pilihan pada mobil sedan dengan harga kisaran lima puluh jutaan, maka untuk biaya perawatannya akan sangat berbeda dengan mobil sedan dengan harga tiga puluh lima jutaan ― lebih murah. Dan sebaliknya, jika kita membeli mobil sedan dengan harga tiga puluh lima jutaan ― benar kita dapat harga segitu, tetapi kantong kita akan terkuras untuk biaya perawatannya.

Jadi bagaimana? Sudah ada gambaran? Jadi untuk beli mobil sedan?. Semua keputusan ada di tangan teman-teman dengan pertimbangan masing-masing. Selanjutnya, untuk memberikan informasi mobil sedan murah apa saja yang bisa teman-teman jadikan pilihan ― berikut ini 8 mobil sedan bekas murah yang paling banyak diminati selengkapnya.

  • BMW Seri 3 E36 1992-1998
  • Toyota Vios Generasi I 2003-2007
  • Honda Civic Genio 1991-1995
  • Toyota Great Corolla
  • Suzuki Baleno 1995
  • Timor 1996-1999
  • Honda Grand Civic 1990-1992
  • Toyota Soluna 1997-2002

1. BMW Seri 3 E36 1992-1998

Mobil ini merupakan salah satu sedan murah yang paling banyak diminati. Pasalnya, mulai awal produksi ― penjualan mobil ini bisa dikatakan sebagai salah satu Seri 3 BMW tersukses. Meskipun sedan ini tergolong tua, namun ― karena bodinya yang termasuk compact dan tidak termakan zaman, tidak mengherankan jika hari ini kita sering melihat BMW Seri 3 berseliweran di jalan-jalan raya. Tidak hanya dijalan raya kota-kota besar saja ― di kota kabupaten daerah tidak jarang kita berpapasan dengan mobil ini, atau bahkan tetangga kita sudah punya mobil ini. Tidak mengherankan memang ― BMW Seri 3 E36 1992-1998 ini termasuk dalam kategori mobil sedan 50 jutaan, jadi cukup terjangkau.

mobil sedan bekas murah bmw

BMW Seri 3 E36 tersedia dalam dua varian, yakni varian 320i dan 318i. Di setiap variannya ada dua type mesin yang bisa teman-teman pilih. Varian 320i menawarkan pilihan mesin M50 dan M52 ― kedua sama-sama dibekali kemampuan tenaga 148 dengan torsi 190 Nm. Sedangkan Untuk varian 318i tersedia dua pilihan mesin yakni ― mesin M40 dengan torsi 162 Nm yang bertenaga 111 dk. Pilihan mesin kedua M43 dengan torsi 168 NM yang bertenaga 114 dk.

2. Toyota Vios Generasi Pertama 2003 - 2007

Vios pertama kalinya diproduksi pada tahun 2003 untuk menggantikan kiprah sedan produksi Toyota sebelumnya, yakni Toyota Soluna. Nah, mobil ini bisa menjadi alternatif teman-teman untuk mendapatkan mobil sedan murah dan irit. Pasalnya, Vios dibekali dengan mesin 1NZ-FE 1.500 cc dengan pilihan tranmisi 4 speed matic dan 5 speed manual ― yang dalam dunia otomotif mesin ini terkenal dengan perawatannya yang mudah, sehingga tidak perlu perawatan khusus harus ke bengkel resmi. Disamping itu Vios dikenal sedan yang cukup irit bahan bakar. Saat debutnya di Indonesia ― Vios disuguhkan kepada costumer dengan dua tipe, tipe E untuk entry level dan tipe G untuk level atasnya yang dilengkapi dengan instrumen digital.

mobil sedan bekas murah toyota vios

Vios generasi pertama yang oleh Toyota diberi kode XP40 ― diproduksi sampai pada tahun 2007. Pada tahun sebelumnya, Vios sedikit mendapatkan penyegaran dari tim produksi, yakni dengan menambahkan tampilan facelift pada bagian lampu dan gril ― sebelumnya akhirnya digantikan dengan kehadiran Vios generasi kedua. Karena tampilan eksterior yang compatc dan keren inilah yang menjadikan Vios menjadi salah satu mobil sedan yang digandrungi anak muda disamping sedan ini bisa dikategorikan ke dalam mobil sedan 50 jutaan, khususnya untuk tipe E.

3. Honda Civic Genio 1991-1995

Mobil sedan murah yang tidak kalah ramai di pasar di Indonesia, bahkan dunia yaitu Honda Civic Genio. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan mobil ini. Civic Genio merupakan mobil sedan pabrikan honda yang dikeluarkan mulai tahun 1991 sampai tahun 1995 ― yang merupakan varian Honda Civic generasi kelima dengan konsep long lasting. Meskipun mobil sedan ini sudah termasuk mobil tua, namun ― sampai detik ini masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia, terutama kalangan muda. Tampilan body yang sporty dan stylish yang tak termakan zaman, biasanya menjadi alasan masyarakat pada umumnya menjatuhkan pilihan pada mobil sedan 50 jutaan ini.

mobil sedan bekas murah honda genio


Pabrikan Honda membekali Genio dengan mesin cukup tangguh dengan akselerasi yang agresif, yakni mesin dengan tenaga 130 Hp dan torsi 144 Nm ― konfigurasi mesin 4 silinder segaris 16 katup tekonologi SOHC. Pun demikian, sebagaimana mobil pabrikan lainnya, tentunya Genio memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing ― tergantung kecocokan kita. Sedangkan untuk harga ― Genio bekas di pasaran memiliki harga yang variatif, tergantung kondisi mobil tersebut. Adakalanya ia dijual dengan kategori mobil sedan 50 jutaan, dan adakalanya ia bisa masuk ke kategori mobil sedan di bawah 50 juta ― kembali lagi semua tergantung kondisi mobil pada saat dijual.

4. Toyota Great Corolla

Great Corolla merupakan salah satu mobil jadul yang diproduksi oleh pabrikan Toyota. Pun dikatakan jadul di tengah produksi mobil hari ini yang semakin bervariasi, bukan berarti Toyota Great Corolla sepi dari peminat. Kesan mewah dan berkelas tak akan lepas dari pengemudi mobil sedan tua ini ― karena bodinya yang memang didesain untuk menunjukkan kesan sporty. Alasan harga yang terjangkau dan konsumsi bahan bakar yang irit ― yang menjadikan banyak masyarakat Indonesia yang memburu mobil sedan murah ini.

mobil sedan bekas murah great corolla


Ya karena mobil ini termasuk mobil tahun 90-an, kita tidak bisa berharap lebih untuk urusan interiornya ― sama seperti mobil produksi tahun 90-an pada umumnya. Bagian mesin ― Toyota Great Corolla menawarkan dua tipe mesin, pertama mesin karburator kode 2E kapasitas 1,3 liter, yang mampu menghasilkan tenaga 72 Hp dan torsi 98 Nm. Selanjutnya untuk tipe mesin kedua yakin mesin injeksi kode 4A-FE kapasitas 1,6 liter. Tentu tipe mesin kedua ini lebih agresif ketimbang tipe mesin pertama ― yakni mampu menghembuskan tenaga sebesar 113 Hp dan torsi sebesar 137 Nm. Mengenai harga ― mobil ini biasanya di pasaran dibandrol dengan harga 50 - 60an juta untuk tipe mesin 2E, dan 60 - 70 jutaan untuk tipe mesin 4A-FE.

5. Suzuki Baleno 1995

Mobil sedan kompak produksi Suzuki ini memiliki tampilan yang cukup sporty dan elegan. Untuk pertama kalinya ― sedan Suzuki Baleno diproduksi di Indonesia pada tahun 1995 dimana pada saat itu Baleno dimasukkan ke dalam sedan kelas menengah menggantikan varian sedan Suzuki sebelumnya, yakni Suzuki Esteem. Dengan tampilan eksterior yang keren dan modern ― kemudian tampilan dashboard mobil yang elegan, menjadikan Suzuki Baleno sendiri menjadi salah satu mobil yang dicari masyarakat di Indonesia sampai sekarang. Selain tampilan ― alasan lain mobil sedan 50 jutaan ini menjadi pilihan adalah karena konsumsi BBM yang sangat irit, dimana 1 liter BBM saja ― Suzuki Baleno bisa menempuh perjalanan sejauh 15-17 km untuk luar kota.

mobil sedan bekas murah suzuki baleno

Suzuki Baleno produksi tahun 1995 sampai tahun 1998 ― dibekali dengan mesin berkapasitas 1600 cc. Kemudian satu tahun berikutnya ― Suzuki melakukan perombakan terhadap Baleno dengan mengeluarkan Suzuki Baleno Facelit. Perombakan mobil sedan ini pada penggunaan mesin ― dimana Baleno Facelit dibekali mesin dengan cc yang lebih rendah, yakni 1500 cc. Sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih irit dibanding Suzuki Baleno produksi tahun sebelumnya. Mengenai harga bekasnya ― Suzuki Baleno Non Facelit pada kisaran harga 40 sampai 50 juta, dan untuk versi facelitnya pada kisaran 50 sampai 60 jutaan.

6. Timor 1996-1999

Mobil sedan Timor adalah salah satu pelopor mobil sedan murah di era 90an akhir. Sedan Timor sangat identik dengan nama Tommy Soeharto yang merupakan putra dari presiden Soeharto sebagai owner perusahaan. Usia Timor sendiri sudah tidak bisa dikatakan muda lagi, tetapi sampai detik ini masih banyak kita temui ikut meramaikan kemacetan di sejumlah daerah. Artinya mobil sedan Timor masih banyak digandrungi masyarakat.

mobil sedan bekas murah dohc

Salah satu alasan Timor mendapatkan banyak peminat yakni karena tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk mendapatkannya ― harga mobil ini bisa dikategorikan sebagai mobil sedan di bawah 50 juta, yakni pada mulai kisaran 25 jutaan ke atas ― tergantung bagaimana kondisi mobil. Mobil sedan Timor sendiri tersedia dalam 2 tipe, tipe SOHC dan DOHC. Antara kedua tipe ini ― tipe DOHC adalah tipe tertinggi dari produksi Timor. Perbedaannya terletak pada mesin, mesin Timor SOHC masih memakai karburator sedangkan Timor DOHC sudah menggunakan teknologi injeksi ― sehingga untuk konsumsi BBM-nya bisa lebih irit. Disamping itu, selain body yang sudah cakep ― mobil yang awal produksinya dimulai pada tahun 1996 ini sudah dibekali dengan fitur yang cukup lengkap, seperti power stearing, power window dan kaca spion electrik yang sudah bisa dikontrol lewat dashboard.

7. Honda Grand Civic 1990-1992

Merupakan salah satu mobil keluaran pabrikan andalan Honda di era 90-an yang menggantikan eksisten pendahulunya, Honda Lx 88. Honda Grand Civic menawarkan konsep klasik tapi menawan pada tampilan eskteriornya. Perbedaan dengan pendahulunya ― Grand Civic memiliki ukuran body yang lebih bongsor, sehingga lebih enak dipandang. Secara sekilas ketika kita melihat body Grand Civic lebih cenderung terlihat kotak di setiap lekukan ― ini sangat wajar karena model pabrikan di tahun 90-an awal memang demikian ― sangat kental dengan nuansa klasiknya.

mobil sedan bekas murah grand civic biru

Pabrikan Honda sudah membekali interior mobil dengan fitur yang lumayan lengkap dengan tipe audio, AC, power window serta elektric mirror. Untuk urusan mesin ― Honda Grand Civic dibekali dengan mesin berkapasitas 1500 cc ditambah konfigurasi 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sampai 90 Hp dan torsi sampai 119 Nm. Tekonologi mesin SOHC yang terpasang di dalamnya ― menjadikan Grand Civic ini dapat meredam suara mesin sehingga terdengar lebih halus. Selain itu, mobil sedan klasik ini termasuk ke dalam mobil sedan paling irit dan murah ― produksi tahun 1990-1991 di pasaran dijual dengan harga 30-37 juta sedangkan keluaran tahun 1992 dibandrol dengan harga 40-45 juta.

8. Toyota Soluna 1997 - 2002

Satu lagi primadona mobil sedan murah bagi masyarakat Indonesia yakni Toyota Soluna. Dengan desain yang sporty dan compact ― ditambah konsumsi BBM yang sangat irit, menjadi alasan Soluna masih diburu sampai sekarang. Berbicara mengenai keiritan konsumsi BBM Toyota Soluna, karena keunggulannya inilah yang kemudian Soluna dijadikan armada oleh perusahaan taxi di Indonesia. Namun sayang seribu sayang, karena riwayat ini membuat citra Soluna agak buruk ― dicap sebagai mobil taxi. Meskipun demikian, banyak keunggulan-keunggulan lainnya yang tetap menjadikan Soluna sebagai mobil sedan yang istimewa.

mobil sedan murah toyota soluna

Toyota Soluna mulai masuk di Indonesia pada tahun 1997 dan produksinya berakhir di tahun 2002 ― digantikan dengan Toyota Vios. Pabrikan Toyota menyajikan mobil ini dengan dua type, XLi dan GLi. GLi merupakan tipe tertinggi soluna yang memiliki kelengkapan fitur yang tidak ada di Soluna Xli seperti central lock, remote alarm, dan electric mirror. Untuk Soluna GLi sudah ada pilihan dual transmisi ― manual dan otomatis, sedangkan tipe XLi hanya transmisi manual saja. Mengenai mesin ― Toyota membekali sedan ini dengan mesin berkapasitas 1500 cc dan sistem fuel injeksi yang menjadikan Soluna sebagai primadona mobil sedan irit di kelasnya. Dengan mesin 5A-FE 4 silinder DOHC 16 katup ― Toyota Soluna dapat menghasilkan performa mesin yang bandel dan gahar dengan tenaga 93 Hp dan torsi 124 Nm.

Harga Toyota Soluna bekas di pasar Indonesia hari ini bisa dikatakan sebagai mobil sedan 50 jutaan, yakni ada di kisaran 35 - 50an juta tergantung kondisi. Untuk Soluna tipe XLi dibandrol pada harga 35 - 45 juta, dan untuk tipe GLi mulai dari 45 - 55 juta.

Demikian ulasan saya mengenai 8 mobil sedan bekas yang paling banyak diminati. Bagaimana? teman-teman sudahkah dapat gambaran ingin beli sedan yang mana?. Mudah-mudahan artikel sederhana ini bisa memberikan referensi teman-teman dalam mencari mobil sedan murah dan irit sesuai harapan dan terimakasih sudah ikut nimbrung di blog KANGIZZA.