Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Scan Stempel di HP Android dengan Kualitas Tinggi

KANGIZZA – Setelah kalian belajar men-scan tanda tangan, sekarang saya akan mengajak kalian mempelajari cara scan stempel di hp android, tentu dengan hasil berkualitas tinggi. Bagi kamu yang belum belajar mengenai cara scan tanda tangan bisa membaca artikel saya sebelumnya di bawah ini.

cara scan stempel

Baca Juga : Cara Scan Tanda Tangan dengan Aplikasi CamScanner

Era sekarang menuntut orang selain bekerja keras juga harus kerja cerdas. Mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju serta percepatan informasi membuat semua orang harus meningkatkan mobilitasnya dalam beraktifitas sehari-hari.

Tak terkecuali dengan pekerjaan administrasi. Sebagaimana penjelasan saya di artikel cara scan tanda tangan sebelumnya, bahwa digitalisasi administrasi adalah sebuah keniscayaan. Jika dulu surat-menyurat harus dicetak di kertas, karena sekarang butuh akses lebih cepat, maka surat sekarang cukup di-pdf-kan kemudian bisa dikirim via hp.

Surat yang di-pdf-kan tersebut biasanya dalam dunia administrasi disebut dengan surat elektronik. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat surat administrasi, seperti landasan hukum dalam sebuah organisasi, etika bersurat dan masih banyak yang lain lagi. Ini akan saya bahas di lain kesempatan.

Pada artikel kali ini saya akan mengajak kamu belajar tentang cara scan stempel menggunakan hp android dengan langkah dan hasil yang bagus. Suatu surat akan lebih menguatkan legalitasnya apabila juga dibubuhi sebuah stempel, apalagi konteksnya surat-menyurat di dalam sebuah instansi atau organisasi. Dalam artikel sebelumnya kita sudah belajar bagaimana cara scan tanda tangan, sekarang kita akan belajar cara scan stempel.

Cara Scan Stempel di HP Android

Tutorial cara scan stempel ini sebenarnya kurang lebih sama seperti dengan tutorial cara scan tanda tangan sebelumnya. Hanya saja objek yang digunakan berbeda, yakni stempel. Ya ini biar teman-teman agar lebih gamblang dalam memahaminya.

Yang perlu kamu siapkan terlebih dulu adalah sebagai berikut,

  • Hp Android
  • Stempel
  • Kertas putih polos
  • Aplikasi CamScanner

Sebenarnya banyak sekali aplikasi scanner yang ada di Playstore, tidak hanya CamScanner. Kalian bisa membaca artikel saya yang berjudul 5 Aplikasi Scan Tanda Tangan dan Dokumen yang Mudah di HP Android

Langkah Men-Scan Stempel di HP Android

  1. Pastikan hp android kamu sudah terinstal aplikasi CamScanner, kamu bisa instal dari Playstore atau dari sumber lain
  2. Bubuhkan stempel di atas kertas putih polos
  3. Kamu foto hasil bubuhan stempel tersebut menggunakan kamera bawaan hp dengan kualitas tertinggi
  4. Pastikan kamu mengambil foto stempel tersebut dengan pencahayaan yang cukup. Kamu bisa mengambil fotonya di depan rumah atau jika berada di dalam ruangan – kamu pastikan berikan pencahayaan manual agar tidak terdapat bayangan (shadow) dari gambar stempel tersebut
  5. Buka aplikasi CamScanner, tekan tiga titik di pojok atas sebelah kanan dan pilih “Impor dari Galeri”
  6. Pilih gambar stempel yang sudah masuk ke dalam gallery hp kamu
  7. Cropping sesuai kebutuhan ukuran stempel. Tipsnya, berikan space agak lebih pada bagian bawah stempel. Hal ini dilakukan agar hasil scan stempel tidak tertindih dengan watermark dari CamScanner. Pasalnya Aplikasi CamScanner versi sekarang terdapat watermark-nya untuk yang versi gratisan
  8. Pilih filter warna. Untuk scan stempel, saya merekomendasikan menggunakan “Warna Ajaib”.
  9. Terakhir tekan “simpan ke galery” dan scan stempel kamu sudah siap digunakan.

cara scan stempel 1

Bagaimana? Mudah bukan untuk mempelajari cara scan stempel di hp android?. Pasti kamu bisa.

Nah untuk selanjutnya tinggal mengaplikasikannya di halaman Microsof Word. Bagi yang belum tahu, tentunya mengatur agar stempel memiliki background transparan dan penataan yang efektif cukup meribetkan. Oleh karena itu, teruskan baca penjelasan di bawah.

Cara Menggabungkan Scan Tanda Tangan dan Stempel di Word

Setelah kamu berhasil menyimpan hasil scan stempelnya, selanjutnya pindahkan file tersebut ke laptop. Bisa melalui WhatsApp Web atau transfer data memakai kabel usb. Jika melalui WhatsApp, kamu bisa sekalian cropping watermark yang ada di bawah gambar scan stempel.

Mengenai tutorial cara scan stempel dan cara scan tanda tangan saya anggap teman-teman sudah bisa. Selanjutnya kita masuk ke tahap berikutnya, yakni cara menggabungkan scan tanda tangan dan stempel di word. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Masukkan file hasil scan stempel dan tanda tangan ke dalam halaman word
  2. Atur ukuran stempel dan tanda tangan sesuai yang diinginkan
  3. Pada gambar scan stempel setting dengan cara klik bar 'Picture Tools', pilih ‘Warp Text’ > ‘In Front of Text’
  4. Pada gambar scan tanda tangan setting dengan cara klik bar 'Picture Tools', pilih ‘Warp Text’ > ‘Behind of Text’
  5. Setting kedua gambar (scan tanda tangan dan scan stempel) menjadi transparan dengan mengklik 'Recolor' > 'Set Transparent Color' kemudian arahkan pada ruang kosong pada gambar.
  6. Atur tata letaknya sedemikian rupa dan hasilnya kurang lebih akan seperti ini.

cara scan stempel 2

Cukup mudah bukan?. Dengan mengikuti tutorial saya ini, kalian dapat menghasilkan hasil scan stempel dengan kualitas ciamik.

Demikian artikel saya mengenai cara scan stempel di hp android dengan hasil kualitas tinggi. Semoga bermanfaat, dan tentunya jangan lupa tetap patuhi 1 M – Manut dan tetap disiplin prokes serta makan-makanan yang bergizi.

Apabila ingin sharing – berbagi informasi dan tukar pengalaman dapat menghubungi saya di menu contact yang ada di bawah.

Terima kasih dan selamat beraktifitas. Salam.