Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengatasi Kunci Mobil Tertinggal di Dalam; Berdasarkan Pengalaman Pribadi dan Berhasil

Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya ada pengalaman mengenai mengatasi kunci mobil tertinggal di dalam. Ceritanya, saat akan bepergian, mobil di rumah ‘ngambek’ dan tidak bisa digunakan saat itu juga. Terpaksa harus cari pinjaman mobil, dan bersyukurnya masih dapat pinjaman mobil sedan Mazda keluaran tahun 90-an. Namanya juga mobil tua, ada saja kejutannya, akhirnya saya mendapatkan pengalaman baru. Berikut ini  3 cara mengatasi kunci mobil tertinggal di dalam yang semoga bermanfaat bagi pembaca.

mengatasi kunci mobil tertinggal di dalam

Dewasa sekarang, kepemilikan terhadap mobil sudah tidak lagi menjadi barang yang begitu mewah dan menjadi patokan untuk menentukan strata ekonomi seseorang. Bermodal cuan seharga NMAX lebih sedikit, kalian pun bisa mendapatkan mobil sedan yang tergolong sebagai barang mewah.

Namun, harus disadari juga, mobil sedan dengan harga kisaran 35 jutaan kemungkinan didapat adalah sedan tua yang memang butuh perawatan dan anggaran operasional lebih agar tetap terlihat enak di mata dan nyaman digunakan. Jika tidak, ya dapatnya mobil doang tetapi ntah dengan interior dan eksterior sekualitas apa.

Melanjutkan cerita sebelumnya, pemilik yang saya pinjam mobilnya lupa menginformasikan kalau setelan central lock-nya bermasalah, jadi rawan jika meninggalkan kunci di dalam mobil saat keadaan mesin mati.

Namanya rezeki nggak akan kemana, karena informasi soal central lock bermasalah telat, akhirnya saya ada bahan untuk menulis artikel ini yang bisa dibagikan kepada kalian semua. Kunci mobil wal hasil tertinggal di dalam, sedangkan pintu mobil tidak bisa dibuka. Istri kebetulan juga sudah berada di luar, jadinya wassalam, saya harus otak-atik sana-sini sampai kemudian pintu mobil lawas ini berhasil dibuka.

Mau tahu bagaimana trik saya? Simak selengkapnya di bawah ni.

Cara Mengatasi Kunci Mobil Tertinggal di Dalam

Saat saya mengalami kendala ini, tanpa pikir panjang, segera saya cari referensi di laman pencari Google maupun Youtube mengenai tutorial-tutorial yang berkaitan dengan cara membuka mobil yang kuncinya tertinggal di dalam atau semacamnya. Dari sekian banyak tutorial yang tersebar di dunia maya tersebut, kemudian saya trial-error sampai kemudian pintu mobil berhasil dibuka. Dibawah ini 3 cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam selengkapnya.

1. Menggunakan Tali Rafia

Cara membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam pertama adalah dengan memanfaatkan tali rafia. Jadi, penggunaan tali rafia disini dimaksudkan untuk menarik tuas pengunci pintu mobil. Apabila tuas berhasil ditarik, maka pastinya pintu mobil bisa dibuka.

Pertama, siapkan terlebih dulu tali rafia. Selanjutnya buat simpul dengan diameter lingkaran secukupnya sekiranya bisa nyantol pada tuas pintu mobil. Mungkin ini tahapan yang agak sulit, yakni memasukkan tali rafia melalui sela-sela pintu mobil. Yang paling mudah, tekniknya masukkan tali rafia melalui pojok bagian atas pintu mobil, gesek-gesek dengan pelan sampai tali rafianya masuk.

Setelah itu, targetkan simpul yang telah dibuat tadi pada tuas pintu mobil. Jika beruntung, maka pintu mobilmu akan terbuka. Masih bingung? Saya juga belum berhasil menggunakan trik ini. Oleh karenanya, lanjut ke cara yang kedua, wakakakakakak.

2. Menggunakan Penggaris

Nah, untuk yang kedua ini saya dapatkan referensinya dari Youtube, yakni dengan memanfaatkan penggaris. Penggaris disini adalah jenis penggaris besi, bukan yang terbuat dari plastik. Dimaksudkan dengan penggaris besi yang tipis, dapat digunakan untuk mencari pengait dalam pintu mobil.

Cara penggunaannya dengan memasukkan penggaris secara vertikal melalui sela-sela pintu mobil. Kemudian coba diraba-raba menggunakan penggaris tersebut, siapa tahu ketemu pengait pintunya.

Dan sayangnya, cara ini belum berhasil saya lakukan, walhasil percobaan kedua gagal. Jadi, lanjut ke tutorial ketiga, muehehe.

3. Menggunakan Kunci Motor

Situasi semakin dipenuhi kepanikan setelah dua cara diatas tidak mempan juga, pasalnya sedan Mazda ini malam harus segera dikembalikan ke pemiliknya. Lantas istri berinisiatif mencari informasi di group Facebook lokal seputar tukang kunci mobil. Di tengah pencarian itu, ia teringat jika memiliki teman yang orang tuanya memiliki bengkel mobil.

Tidak berfikir panjang, segera ia menelepon temannya untuk meminta bantuan, siapa tahu bapaknya bisa, soalnya juga sudah jam malam. Singkat cerita, bapak dari teman istri bersedia membantu, tetapi masih di luar rumah, kami diminta menunggu.

Nah, sebelum perbincangan di telepon di akhiri, teman istri ini teringat pengalaman bapaknya jika pernah menangani perihal cara membuka mobil yang kuncinya tertinggal di dalam. Ia menyarankan untuk mencoba membuka pintu mobil menggunakan kunci motor.

Tanpa berekspektasi berlebihan, masak iya kunci motor bisa dipakai buka pintu mobil, istri mengambil 2 kunci motor yang ada di rumah. Pertama, kunci sepeda motor bebek Honda Revo karbu, kedua kunci motor Honda Beat; kunci motor Revo yang berukuran pendek sedangkan Beat memiliki ukuran kunci yang panjang.

Masih tetap dengan nuansa pesimis, kunci pertama dicoba, jelas nggak bisa dong, masak iya pakai ginian pintu mobil bisa dibuka. Lanjut ke kunci kedua, mak jleb mak ceklek, terdengar suara keempat tuas pengunci pintu yang berhasil terangkat. Meskipun pada saat itu diiringi rintik gerimis, seketika nuansanya berubah seolah-seolah saya baru saja mendapatkan ‘kunci surga’.

Perasaan heran dan lega bercampur jadi satu, hanya dengan bermodal kunci motor Beat akhirnya pintu mobil yang terkunci dari dalam ini berhasil dibuka dan saya bisa segera mengembalikan mobil sedan ini ke pemiliknya.

Jadi, dapat disimpulkan mengatasi kunci mobil tertinggal di dalam dapat disiasati dengan memanfaatkan kunci motor Honda Beat untuk membuka pintunya. Tentunya ini tidak berlaku untuk semua tipe mobil ya. Kebetulan sesuai pengalaman pribadi, saya memakai mobil sedan Mazda keluaran tahun lama.

Demikian pengalaman saya mengenai cara mengatasi kunci mobil tertinggal di dalam, semoga bermanfaat bagi pembaca, dan yang terpenting jangan memanfaatkan tips ini untuk melakukan tindakan yang merugikan bagi orang lain, berdosa Anda!