Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perpanjang SIM C dan A Trenggalek Terbaru: Alur dan Biaya

Sebagai warga negara yang patuh terhadap aturan perundang-undangan, memenuhi kelengkapan administrasi dalam berkendara adalah salah satu kewajiban. Tatkala masa berlaku SIM akan habis, seyogyanya kita segera melakukan perpanjangan. Disini akan saya bagikan pengalaman saat melakukan perpanjang SIM A di Polres Trenggalek.

Dengan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), pastinya kita akan lebih tenang ketika berkendara ke tempat manapun yang diinginkan tanpa khawatir lagi jika sewaktu-waktu menemukan kegiatan razia oleh kepolisian.

perpanjang sim c dan a trenggalek

Memiliki SIM tetapi sudah kadaluarsa, itu pun juga pasti akan membuat kita was-was. Inilah yang saya rasakan beberapa waktu lalu. Melihat masa berlaku SIM A saya yang sudah hampir habis, seketika saya cari-cari informasi tentang alur dan biaya perpanjang SIM A di Trenggalek agar saat proses mengurus nanti tidak tingak-tinguk.

Sebelum saya bagikan pengalaman mengenai teknis alur perpanjangan SIM A dan berapa biaya yang harus dikeluarkan, mungkin dari beberapa pembaca terbesit pertanyaan perpanjang sim apakah harus tes lagi? Berdasarkan pengalaman, bisa saya jawab tidak perlu. Kita tinggal mengurus administrasinya tanpa harus tes lagi.

Atau kalian juga terbesit pertanyaan perpanjang sim a dan c bersamaan berapa biaya yang dikeluarkan? Mengingat ada beberapa post test seperti tes kesehatan mata dan psikotest yang harus dipenuhi. Nanti di bawah akan terjawab.

Alur dan Biaya Perpanjang SIM C dan A Trenggalek

Meskipun pembahasan kali ini terlihat receh, karena proses perpanjang SIM kita lakukan lima tahun sekali, tidak menutup kemungkinan ada perubahan teknis dan biaya yang perlu diketahui agar saat mengurus di lokasi tidak kebingungan. Persyaratan administrasi yang harus dibawa cukup dua saja; SIM C/A asli dan KTP Asli. Dibawah ini penjelasan alur dan dan biaya perpanjang SIM C/A selengkapnya.

1. Parkir Kendaraan

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah sarapan terlebih dulu. Buat antisipasi, siapa tahu pada saat kamu mengurus perpanjang SIM ternyata antriannya panjang, repot juga kalau belum sarapan. Sesampainya di lokasi, parkirkan kendaraan di tempat parkir. Bukan berada di dalam area dalam kantor Polres, tempat parkir Polres Trenggalek sekarang berada di seberang jalan depan Polres, tepatnya di sebelah utara kantor.

Seperti tempat parkir pada umumnya, disini kamu akan diberi nomor parkir oleh petugasnya. Bawa nomor/kartu parkir, bayar belakangan saja. Biaya parkir Rp. 2000.

2. Isi Absensi di Pos Jaga

Sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan di lingkungan Polres, setiap pengunjung yang datang tanpa terkecuali diwajibkan untuk mengisi daftar hadir yang telah disediakan di Pos Jaga.

Kamu diminta mengisi nama, alamat, keperluan dan tanda tangan. Jika keperluan kamu untuk memperpanjang SIM, tulis saja “perpanjang sim”. Setelah itu kamu akan diberi id card sebagai tanda bahwa kamu sudah melalui proses pemeriksaan.

Sebagai tambahan informasi, pada saat pemeriksaan ini diharapkan kamu melepas jaket. Setiap pengunjung yang masuk ke area Polres tidak diperkenankan mengenakan jaket. Kalau pun bawa, tidak diperkenankan dipakai, cukup ditenteng saja.

3. Fotokopi Berkas

Alur selanjutnya, langsung saja kamu pergi ke tempat fotokopian yang berada di samping masjid area Polres Trenggalek. Siapkan SIM asli dan KTP asli kemudian bilang ke tukang fotokopi apa keperluan kamu, Perpanjang SIM C misalnya.

perpanjang sim c dan a trenggalek 1

Kemudian tunggu beberapa menit, berkas kamu sedang disiapkan oleh tukang fotokopi. Setelah selesai, kamu akan ditanya “sudah bawa bulpen?”. Jika belum sekalian beli pulpennya disini. Pada tahap ini kamu sudah memegang berkas lengkap yang memudahkan kamu untuk ke tahapan selanjutnya. Biaya yang dikeluarkan di tempat fotokopi sebesar Rp. 7000.

4. Cek Kesehatan

Tahapan yang harus dilalui selanjutnya adalah cek kesehatan. Lokasi cek kesehatan untuk keperluan pembuatan SIM baru atau perpanjangan cukup jauh dari komplek kantor Polres. Ntah, saya sendiri kurang tahu alasannya apa kenapa lokasi cek kesehatan cukup jauh, yang jelas jika ke sini jalan kaki, lumayan capek.

Tempat untuk cek kesehatan terletak di sebelah barat Polres Trenggalek, utara jalan. Biar kamu tidak terlalu capek, bawa saja kendaraanmu di tempat parkir yang tadi. Bilang saja ke tukang parkirnya kalau mau digunakan untuk cek kesehatan, pasti diperbolehkan.

perpanjang sim c dan a trenggalek 2

Apa saja yang dicek di tempat tes kesehatan? Kesehatan secara umum terkhusus soal mata dan kemampuan membaca tulisan dari beragam jarak pandang. Nah, biaya yang dikeluarkan untuk tes kesehatan ini sebesar Rp.30.000.

5. Psikotest

Selesai dari cek kesehatan, kamu langsung lanjut saja ke ruangan sebelahnya untuk mengikuti tes psikotest. Masukkan berkas ke antrian, tunggu beberapa menit untuk mendapatkan giliran panggilan.

Pada tahap ini kamu diminta mengisi beberapa kuis yang disediakan oleh petugas. Ikuti seluruh alurnya sampai selesai sebelum kamu lanjutkan ke tahap berikutnya. Biaya psikotes sebesar Rp. 75.000.

6. Pembayaran ke Loket BRI

Setelah setiap tahapan di atas dilalui, untuk keperluan perpanjang SIM C maupun SIM A tidak perlu melakukan tes lagi. Selanjutnya langsung saja kamu tinggal diminta untuk membayar ke loket BRI yang berada di dalam kantor pelayanan SIM depan masjid Polres.

perpanjang sim c dan a trenggalek 3

Biaya perpanjang SIM C sebesar Rp. 75.000, sedangkan biaya perpanjang SIM A sebesar Rp. 80.000.

Antrikan berkas di loket pembayaran, tunggu beberapa menit untuk dipanggil. Biar prosesnya cepat, upayakan kamu sudah menyediakan uang pas guna mempermudah petugas memproses pembayaran kamu.

7. Foto SIM

Selanjutnya tinggal proses pemotretan untuk SIM kamu. Tunggu beberapa saat sampai nama kamu dipanggil oleh petugas untuk mendapatkan giliran foto. Tidak lama, cuma sebentar saja.

Setelahnya, kamu diminta menunggu di depan kantor pelayanan sampai ada pemanggilan untuk menerima bukti bahwa kamu sudah mengurus segala urusan administrasi perpanjang SIM.

Loh kok cuma bukti? SIM nya mana?. Tenang, informasi terbaru sesuai pengalaman saya beberapa mengurus perpanjang SIM di awal tahun; bahwa SIM tidak langsung jadi setelah kamu mengurus administrasinya. SIM yang sudah jadi bisa kamu ambil 3 minggu setelahnya.

Pastikan bahwa bukti kepengurusan administrasi perpanjang SIM kamu tersimpan dengan baik, jangan sampai hilang. Bukti inilah yang bisa kamu gunakan untuk mengambil SIM kamu yang sudah jadi.

Total Biaya Perpanjang SIM di Trenggalek

Berdasarkan rincian dari setiap alur sebagaimana pengalaman pribadi saat mengurus SIM A di Polres Trenggalek adalah sebagai berikut :

  • Parkir : 2.000
  • Fotokopi berkas + pulpen : 7.000
  • Cek Kesehatan : 30.000
  • Tes Psikotest : 75.000
  • Pembayaran loket BRI : 80.000

Sehingga total biaya yang harus kamu siapkan sebesar Rp.194.000, ini untuk perpanjang SIM A. Sedangkan untuk SIM C, ya tinggal dikurangi 5.000. Nah, bagaimana jika perpanjang sim a dan c bersamaan? Apakah juga harus membayar 2 kali cek kesehatan dan psikotest?

Terus terang, saya belum pernah ada pengalaman yang demikian. Namun kita bisa asumsikan, ketika proses perpanjang sim a dan c bersamaan semestinya kita tidak perlu melakukan cek kesehatan dan psikotest 2 kali. Wong isinya, juga sama.

Demikian artikel tentang perpanjang SIM C dan A di Trenggalek. Semoga pengalaman saya bisa bermanfaat, khususnya bagi warga Trenggalek. Salam.