Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganti Kaca Speedometer Motor Karena Baret dan Kusam? Jangan Terburu-Buru, Solusinya Disini

Jangan terburu-buru dulu mengganti kaca speedometer motor yang bermasalah seperti sudah buram atau pecah seribu. Memang benar sih, jika kaca speedometer motor terlihat kusam tentu akan mengganggu penampilan dan kenyamanan pengendara.

Tapi bukan berarti harus beli baru kan solusinya. Jika ada cara yang lebih murah meriah dan tepat, maka kita tidak perlu repot-repot merogoh kocek terlalu dalam.

ganti kaca speedometer motor

Kaca speedometer motor yang mengalami masalah seperti sudah kusam, buram atau pecah seribu − biasanya ditemukan pada motor-motor tua. Penyebab kaca speedometer retak seribu atau lainnya tidak lain adalah faktor umur motor dan lama pemakaian.

Dengan motor yang sudah tergolong tua tentu berbanding lurus dengan lama pemakaian. Semakin sering motor digunakan, maka seringkali faktor musim panas atau hujan pasti sudah menjadi makanan sehari-hari. Dari sinilah yang kemudian menjadi penyebab kaca speedometer motor berbahan mika itu terlihat kusam bahkan sampai terlihat garis-garis secara random yang diistilahkan pecah seribu.

Lantas bagaimana cara mengatasi kaca speedometer motor kusam, burah bahkan pecah seribu?.

Solusi Sebelum Ganti Kaca Speedometer Motor

Seperti kita ketahui, kaca pada speedometer motor umumnya terbuat dari sejenis plastik mika. Penggunaan motor yang sudah bertahun-tahun pasti akan membuat mika pada speedometer menjadi kusam bahkan pecah seribu.

Bagi sebagian pemilik motor, biasanya akan memilih untuk membelikannya yang baru agar tampilan motor lebih ngejreng. Tapi tunggu dulu, sebenarnya masih ada alternatif lain berupa cara menghilangkan baret pada mika speedometer.

Mau tahu bagaimana caranya?

Bisa dipastikan, cara yang akan kami bagikan tidak akan membuat kantong pembaca bolong. Bahkan kami menyebutnya sebagai tips nol rupiah. Karena memang sama sekali tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk mengatasi kaca mika speedometer yang buram.

Berikut ini langkah-langkah membuat kaca mika speedometer motor kembali bening tanpa goresan :

  1. Sediakan oli bekas secukupnya
  2. Oleskan pada kaca mika speedometer motor sampai merata
  3. Ulangi olesan oli bekas dua sampai tiga kali
  4. Diamkan selama lima sampai 10 menit
  5. Bersihkan olesan tadi menggunakan kain bekas
  6. Dan kaca speedometer motor sudah bening lagi seperti baru

Untuk hasil lebih maksimal, atau karena baret dan pecah seribu yang terlalu banyak − maka proses pendiaman olesan oli bekas pada kaca speedometer motor bisa dibuat lebih lama, misalnya semalam penuh dan baru keesokan paginya dibersihkan.

Bagi pengguna motor tua tentunya tips ini bisa dicoba. Jadi, meskipun motor sudah tua tetapi kalau rajin mendapat perawatan dari pemiliknya justru akan menjadi istimewa.

Gambar diatas adalah bukti bahwa tips ini manjur. Kondisi kaca mika sebelumnya lupa tidak kami foto, jadinya tidak bisa buat gambar before-after, hehe.

Kalau lihat motor Yamaha Nmax atau Honda PCX berseliweran di jalan raya kesannya paling biasa-biasa saja. Coba kalau yang lewat motor-motor lawas seperti Honda CB atau sepeda motor bebek 100 cc-an misal Supra Fit atau Honda Grand Bulus yang terawat dan komponennya masih lengkap, tentu kesannya lebih istimewa.

Ada dua hal yang harus dipenuhi pemilik motor-motor tua agar tetap istimewa.

Pertama, pastikan motor rutin perawatan di bengkel, paling tidak jangan sampai telat ganti oli. Apabila ada kerusakan sedikit saja pada komponen-komponen motor, maka sebaiknya segera diperbaiki.

Mengapa? Kalau sudah terlalu banyak yang rusak, biasanya kita akan males untuk menservice-nya karena menghitung pengeluaran biaya yang terlalu banyak.

Syukur-syukur kita bisa menjaga keorsinilan setiap onderdilnya, tentu motor tua semakin istimewa.

Kedua, agar tampilan motor tua tetap istimewa, sebagai pemilik kita wajib menjaga kebersihan motor. Bawa ke cucian motor jika memang sudah banyak kotoran yang menempel dan cukup dilap dengan kain setiap harinya untuk menghilangkan debu-debu tipis pada motor.

Kiranya demikian artikel mengenai cara menghilangkan baret pada mika speedometer kali ini. Silahkan menikmati artikel-artikel informatif lainnya dalam blog pribadi kangizza.com.

Salam.