Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Praktek dr. Riza Firman Satria, SpOG Spesialis Kandungan di Trenggalek

Menikah merupakan jalan untuk menuju impian yang setiap orang inginkan, yakni memiliki buah hati. Banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa segera diberikan momongan, seperti menjaga pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, olahraga rutin, menghindari rokok dan minuman alkohol, dalam rangka meningkatkan kesuburan suami dan istri.

jadwal praktek dr riza spesialis kandungan trenggalek

Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki jalan yang mulus-mulus saja untuk sampai bisa merasakan nikmatnya mendapatkan momongan. Ada yang lempeng-lempeng saja setelah menikah langsung hamil, ada yang menikah tapi harus menunggu beberapa waktu untuk bisa hamil, ada yang sudah hamil tetapi di tengah perjalanan harus keguguran.

Salah satu wujud usaha untuk menjaga kesehatan, khususnya bagi keluarga yang ingin memiliki buah hati adalah rutin memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Cek kesehatan kandungan kepada dokter spesialis penting untuk dilakukan agar kita mendapatkan pemeriksaan serta penanganan yang tepat – jika terdapat adanya gejala yang tidak normal dalam kandungan, terlebih saat hamil.

Apabila saat istri sedang hamil dan merasakan gejala-gejala seperti pusing, kaki bengkak, atau pendarahan, alangkah baiknya Anda segera periksakan ke dokter spesial kandungan. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi menghindari gejala-gejala tersebut yang dapat mengarah ke komplikasi kehamilan yang justru bisa mengancam kesehatan ibu hamil dan janin.

Mengenal Komplikasi Kehamilan Bagi Ibu Hamil

Agar kita bisa mengantisipasi terjadinya komplikasi kehamilan, maka kita perlu mengenali terlebih dulu macam-macam komplikasi yang bisa terjadi bagi ibu hamil, apa saja gejala yang muncul serta penyebabnya.

Melansir dari alodokter.com, berikut 5 macam komplikasi yang umum terjadi pada ibu hamil :

1. Hiperemesis Gravidium

Pernah mendengar istilah morning sikcness?. Hiperemesis Gravidium kurang lebih sama, hanya saja ia menunjukkan gejala yang lebih berat, seperti mual dan muntah dengan durasi yang lebih lama bahkan bisa sampai pada trisemester kedua dan ketiga.

Level keluhannya pun akan lebih hebat, ibu hamil akan mengalami dehidrasi sampai-sampai membuat sulit makan dan minum.

Belum diketahui secara pasti apa yang sebenarnya menjadi penyebab hiperemesis gravidarum, tetapi salah satu faktor yang diduga adalah adanya peningkatan hormon selama ibu hamil.

Karena penyebab pasti dari kondisi ini belum dipastikan, maka upaya pencegahannya pun juga belum dapat ditentukan. Sehingga, apabila istri Anda mengalami gejala seperti di atas, maka segera periksakan ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan ibu hamil untuk opname di rumah sakit guna memperoleh perawatan yang lebih intensif.

2. Keguguran

Sebagian orang masih banyak yang menganggap setiap bayi yang mati sebelum sampai dilahirkan disebut keguguran. Padahal, pengertian keguguran adalah kondisi kematian janin di dalam kandungan saat dimana usianya belum mencapai 20 minggu.

Gejala yang timbul dapat ditandai dengan adanya pendarahan dari vagian, perut terasa sangat nyeri atau kram, tubuh terasa lemas, punggung sakit dan terkadang bisa disertai demam.

Keguguran terjadi kebanyakan disebabkan adanya kelainan komponen genetik atau kromosom yang ujungnya dapat menggangu pertumbuhan janin. Faktor penyebab lainnya diantaranya kelainan autoimun (kekebalan tubuh), gangguan hormon, merokok, mengkonsumsi alkohol, kelemahan leher rahim dan kelainan rahim.

Ibu hamil yang memiliki penyakit tertentu seperti darah tinggi, gangguan tiroid dan diabetes, sangat beresiko tinggi mengalami keguguran saat hamil.

3. Anemia

Kebutuhan darah akan terus meningkat untuk mensupport pertumbuhan janin pada ibu hamil. Tetapi, jika tubuh ibu hamil tidak mampu mencukupi produksi hemoglobin lebih banyak, maka hal ini bisa menyebabkan terjadi anemia.

Hemoglobin merupakan protein pada sel darah merah yang memiliki fungsi menghantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Tubuh memerlukan beberapa kandungan agar dapat memproduksi hemoglobin yang mencukupi, diantaranya zat besi, vitamin B12, dan asam folat.

Gejala anemia yang terjadi pada ibu hamil biasanya ditandai dengan pusing, letih, kulit pucat, sulit konsentrasi, bahkan bisa sesak nafas.

Bagi ibu hamil harus benar-benar mengkonsumsi makanan-makanan bergizi guna menghindari gelaja-gejala yang mengarah ke anemia. Sebab, anemia yang tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan bobot bayi rendah, kelahiran prematur sampai cacat lahir.

4. Perdarahan

Perdarahan pada trimester pertama dialami sekitar 25-40% ibu hamil. Pun demikian, tidak semua perdarahan saat hamil merupakan hal yang berbahaya. Perdarahan tersebut bisa disebabkan karena implantasi atau proses penempelan sel telur ke dinding rahim, atau karena hubungan seksual yang cukup kuat.

Tetapi, perdarahan pada ibu hamil bisa dikatakan berbahaya apabila diiringi dengan rasa kram pada perut dan nyeri hebat. Jika hal tersebut dialami ibu hamil, maka bisa jadi itu merupakan gejala keguguran.

Selain itu, perdarahan bisa juga terjadi akibat pertumbuhan janin abnormal atau kehamilan ektopik, seperti pada kasus hamil anggur.

Oleh karena itu Anda harus mewaspadai perdarahan yang terjadi pada ibu hamil, tidak boleh diremehkan, sekalipun hanya bercak darah yang jumlahnya sedikit.

5. Kurang Cairan Ketuban

Cairan ketuban berfungsi untuk melindungi janin dari infeksi dan benturan, menjaga agar suhu di dalam rahim tetap stabil, dan membantu organ-organ janin untuk berkembang. Janin berdiam diri di dalam cairan ini selama masa kehamilan.

Mulai awal kehamilan sampai 36 minggu, jumlah cairan ketuban terus akan berkurang sampai akhirnya janin lahir. Yang perlu diwaspadai adalah berkurangnya cairan ketuban yang terlalu cepat. Pasalnya kondisi ini bisa mengarah ke komplikasi kehamilan seperti bayi lahir prematur dan bayi sungsang.

Selain lima komplikasi kehamilan di atas, terdapat beberapa komplikasi lain yang perlu diwaspadai juga, diantaranya keracunan kehamilan (preeklamsia), eklampsia, sindrom HELLP, diabetes gestasional, infeksi saat hamil dan gangguan plasenta.

Supaya komplikasi-komplikasi di atas dapat dideteksi lebih awal dan dapat diantisipasi, maka ibu hamil perlu memeriksakan kandungan secara rutin ke dokter kandungan. Apabila ditemukan adanya komplikasi, maka dokter akan memberikan penanganan dengan tepat sesuai gejala gangguan yang terjadi.

Pun demikian, Anda tidak perlu khawatir terlalu berlebihan. Jika Anda terlalu khawatir yang berlebihan, itu dapat membuat stress pada janin yang pada ujungnya bisa mempengaruhi perkembangannya. Yang terpenting, bagi ibu hamil perlu menjaga pola hidup sehat dan periksakan diri secara rutin kepada dokter kandungan.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai dokter spesialis kandungan di wilayah Kabupaten Trenggalek dan sekitarnya, disini saya ada info mengenai hal itu yang barangkali bisa menjadi pilihan untuk memeriksakan kesehatan kandungan Anda.

Jadwal Praktek dr. Riza Firman Satria, SpOG Spesialis Kandungan di Durenan Trenggalek

dr. Riza Firman Satria, SpOG merupakan salah satu dokter spesialis kandungan yang dinas di RSUD Soedomo Trenggalek. Beliau juga membuka praktek di klinik-nya sendiri yang berlokasi di Kecamatan Durenan.

jadwal praktek dr riza spesialis kandungan trenggalek 1

Adapun jadwal praktek dr. Riza sebagai berikut :

  • Senin : 05.30 - 07.00 WIB (pagi), 16.00 WIB - selesai (sore)
  • Selasa : TUTUP (pagi), 16.00 WIB - selesai (sore)
  • Rabu : 05.30 - 07.00 WIB (pagi), 16.00 WIB - selesai (sore)
  • Kamis : TUTUP (pagi), 16.00 WIB - selesai (sore)
  • Jumat : 05.30 - 07.00 WIB (pagi), 16.00 - selesai (sore)
  • Sabtu : 05.30 - 07.00 WIB (pagi), TUTUP (sore)

Perlu diketahui, klinik dr. Riza tutup (tidak melayani pasien) pada hari minggu dan tanggal merah.

Lokasi Klinik Kandungan dr. Riza

Tempat praktek dr. Riza sangat mudah untuk dapat Anda temukan, lokasinya strategis dijangkau dari semua arah. Lokasi klinik kandungan dr. Riza berlokasi di Desa Kendalrejo, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek. Tepat berada utara di jalan raya Durenan-Trenggalek.

jadwal praktek dr riza spesialis kandungan trenggalek 2

Tepatnya berada di sebelah utara atau depan SMA Negeri Durenan, tepat disamping sebelah barat balai desa Kendalrejo.

Jadi, Anda yang ingin memeriksakan kandungan ke klinik dr. Riza, banyak sekali tempat-tempat yang bisa Anda jadikan patokan untuk mempermudah pencarian menggunakan Google Maps.

Cara Pendaftaran Klinik Kandungan dr. Riza Firman Satria Spesialis Kandungan Terbaru

Beberapa waktu sebelumnya, memang banyak pasien yang sudah berobat ke klinik dengan cara mendaftar dan langsung ditangani di hari yang sama. Tetapi, barangkali karena jumlah pasien yang semakin banyak, teknis pendaftaran pun diubah untuk efektifitas penanganan pasien.

jadwal praktek dr riza spesialis kandungan trenggalek 3

Teknis pendaftaran terbaru di klinik dr. Riza yakni, bagi pasien yang akan memeriksakan diri ke klinik diharapkan konfirmasi terlebih dulu satu hari sebelumnya.

Bagian admin pendaftaran akan menerima pendaftaran Anda mulai hari minggu sampai hari Jumat.

Nah, bagi Anda yang ingin mendaftar, silahkan menghubungi kontak admin klinik spesialis kandungan dr. Riza Firman Satria di nomor whatsapp 081223143213. Konfirmasi pendaftaran bisa Anda lakukan pukul 10.00-15.00 WIB.

Oh ya, fyi, di klinik dr. Riza setiap pengunjung pasien disediakan air minum putih kemasan dan snack gratis yang bisa Anda ambil sambil menunggu antrian. Selain itu, di sana juga tersedia fasilitas kamar mandi bagi pasien. Jadi, jika sewaktu menunggu antrian kebelet, Anda tidak perlu bingung mencari toilet, Anda dapat menggunakannya secara gratis. Nggak kalah sama toilet yang ada di pom bensin.

Tidak hanya fasilitasnya saja yang ramah bagi pasien, dr. Riza sendiri orangnya juga ramah lho ketika bertemu dengan pasien. lantas, bagaimana dengan biaya periksa di klinik dr. Riza?. Anda tidak perlu khawatir, biayanya masih dalam kategori terjangkau.

jadwal praktek dr riza spesialis kandungan trenggalek 4

Demikian informasi yang dapat saya bagikan dalam artikel kali ini, semoga bermanfaat. Satu lagi, saya turut berdoa bagi wanita-wanita di dunia, terutama yang sekarang sedang merasakan nikmat hamil, semoga senantiasa diberikan kesehatan baik ibu dan adik bayi yang sedang dikandung.

Salam.