Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkuat Internal Link Hapus Eksternal Link Agar Lolos Peninjauan AdSense

KANGIZZA - Menampilkan iklan AdSense di dalam halaman blog lebih-lebih mendapatkan penghasilan darinya adalah dambaan para blogger di seluruh dunia. Mengingat sekarang ini iklan AdSense tetap menjadi alternatif terbaik bagi para blogger untuk memperoleh passive income. Namun bagi sebagian blogger pemula, untuk mendapatkan persetujuan dari Google tentu memiliki tantangan tersendiri. Salah satu tips yang akan saya bagikan dalam artikel ini adalah peningkatan kualitas SEO dengan cara perkuat internal link hapus eksternal link agar blog segera di-acc oleh Google AdSense.

perkuat internal link hapus eksternal link

Sebelum kita masuk ke dalam langkah taktis tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas SEO blog dengan topik perkuat internal link hapus eksternal link ini, kita pahami terlebih dulu apa itu internal link dan apa itu eksternal link.

Apa itu internal link?

Sederhananya. internal link bisa kita pahami sebagai link yang mengarahkan satu artikel ke artikel lainnya di dalam blog kita sendiri.

Contohnya seperti ini, coba klik link berikut, amati kemudian kembali ke halaman ini yak, trik mengecilkan ukuran gambar blog yang benar. Sudah dibuka? Kemana link tersebut mengarah?. Kurang lebih seperti itulah yang dimaksud dengan internal link.

Prinsip dari internal link adalah apapun bentuk dan format link yang ada di dalam blog kita, yang jika diklik mengarah ke link artikel di dalam blog kita, itu disebut dengan internal link.

Cara Memperkuat Internal Link Blog

Beberapa cara bisa kita terapkan untuk memperkuat internal link dalam blog kita. Agar tidak repot dalam memahaminya, bisa perhatikan blog kangizza.com.

internal link eksternal link 1

1. Anchor Text

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat link di dalam artikel sebagaimana yang saya contohkan di atas. Kalau tidak salah, dalam blog diistilahkan dengan anchor text (mohon koreksi kalau saya salah). 

Kita bisa membuat link semacam ini dengan cara memblok terlebih dulu kata atau kalimat mana yang ingin kita sisipkan link. Kemudian pilih menu sebagaimana yang saya lingkari di atas. Maka sisipan link dalam artikel kita sudah jadi.

Kita bisa membuat anchor text di dalam artikel kita dengan tidak melulu harus saklek berupa text yang sama persis seperti judul artikel yang dituju. Kita bisa berimprovisasi dengan kalimat yang lain agar narasi yang kita terlihat lebih natural. Misalnya artikel yang ingin kita tuju adalah “Cara Scan Tanda Tangan dengan Aplikasi CamScanner dan Penerapannya pada Word”, kita tidak harus menuliskan persis demikian, tetapi cukup dengan anchor text seperti “cara scan tanda tangan” saja.

Atau contoh yang lain, misalnya kita merekomendasikan pembaca blog mengunjungi artikel yang agar mendapatkan pemahaman yang lengkap, bisa kita pilihkan kalimat “silahkan mengunjungi artikel lengkapnya disini”, “klik disini”, dan lain sebagainya, kita bisa kreasikan sesuai konteks narasi artikel yang kita buat.

2. Postingan Terkait, Artikel Terbaru, Baca Juga

Sering kan kita melihat postingan terkait, artikel terbaru, baca juga – saat kita mengunjungi suatu website. Nah, itu bisa dikategorikan sebagai internal link. Maka, untuk memperkuat internal link di dalam blog, setidaknya kita harus memasang fitur-fitur ini. Lantas bagaimana caranya?

Secara umum ada dua metode yang bisa kita lakukan untuk memasang fitur ini, yakni secara manual dan otomatis (klasifikasi ini istilah saya sendiri ya). Secara manual – kita bisa memasang script-script tertentu ke dalam blog sehingga bisa menampilkan fitur-fitur tersebut.

Cara yang pertama ini menuntut kita sedikit-sedikit harus paham pengkodean html, agak ribet sih memang. Tapi bagi kita yang mau mencobanya, ada tambahan ilmu di dalamnya. Kita bisa mencari banyak referensi yang membahas topik tersebut kemudian kita terapkan ke dalam blog.

Sedangkan untuk cara kedua lebih simpel, yakni dengan membeli template premium. Dengan memasang template premium – tentu kita mendapatkan fitur lengkap dari template tersebut, kalau cuma widget postingan terkait, artikel terbaru, baca juga ya pasti dapat. Mungkin kita tinggal poles-poles sedikit biar nampak lebih rapi.

3. Perbanyak Artikel

Cara nomor satu dan dua tidak akan bisa kita terapkan jika artikel di dalam blog hanya sedikit. Oleh karenanya wajib bagi kita terus produktif menulis artikel untuk mengisi konten di dalam blog.

Memperbanyak artikel merupakan kunci peningkatan kualitas SEO di dalam blog kita. Tetapi tidak hanya sekedar menulis ala kadarnya ya. Dalam konteks ini – memperkuat internal link blog – mengharuskan kita memiliki beberapa artikel yang membahas suatu niche atau topik tertentu.

Misalkan kita memiliki artikel tentang tips blog mudah diterima AdSense yang berisikan garis-garis besarnya saja, maka selanjutnya kita buatkan artikel-artikel yang berkaitan dengan itu – barangkali yang lebih detail seperti artikel yang kita bahas sekarang ini, perkuat internal link hapus eksternal link agar lolos peninjauan AdSense.

Intinya, dengan kita memiliki beberapa artikel yang saling ada keterkaitan, maka kita akan lebih mudah menyisipkan link satu sama lain artikel-artikel yang ada di dalam blog kita. Kira-kira demikian.

Apa itu Eskternal Link?

Jika internal link memiliki pengertian sebagai link yang mengarahkan satu artikel ke artikel lainnya di dalam blog kita sendiri, maka eksternal link adalah sebaliknya. Eksternal link adalah link di dalam blog kita yang mengarahkan keluar ke blog, web, atau situs lain.

Contohnya, silahkan klik icon salah satu sosial media yang ada di bawah. Kemana link-link icon sosial media mengarah?. Yups, kita akan dibawa berkunjung ke luar dari blog ini. Kurang lebih demikianlah yang dimaksud eksternal link.

Mematikan Eksternal Link

Mengapa kita harus mematikan eksternal link saat proses pengajuan AdSense?. Dengan mematikan eksternal link, blog kita di mata pihak AdSense akan lebih berkualitas. Sederhananya, blog kita lebih genuine dalam segi konten, karena tidak merekomendasikan pengunjung blog keluar mengunjungi blog lain. Kira-kira begitulah.

Lantas bagaimana cara mematikan eksternal link?. Kita tinggal memeriksa kembali artikel-artikel yang pernah dibuat – apakah di dalamnya tertanam eksternal link atau tidak – barangkali kita pernah kerjasama saling tanam link dengan sesama blogger ntah itu dengan cara guespost atau content placement.

Nah, jika kita menemukan eksternal link tersebut maka sebaiknya untuk sementara waktu dimatikan saja. Caranya bagaimana?. Jika eksternal link tersebut tertanam di dalam artikel, maka lakukan dengan cara sebaliknya – kembalikan dari cara memasang internal link sebagaimana yang dijelaskan di atas.

internal link eksternal link 2

Link-link yang mengarah ke sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan lain sebagainya juga termasuk ke dalam eksternal link. Oleh karenanya, apabila di dalam template blog kita terlanjur terpasang icon sosial media yang sudah tertanam link matikan saja dengan cara menghapusnya. Setelah lolos peninjauan baru pasang kembali.

Tips Perkuat Internal Link yang Jarang Orang Ketahui

Tips yang akan saya bagikan disini sebenarnya adalah tips dari salah satu mastah blogger profesional di Indonesia. Saat saya memproses blog pribadi untuk mengajukan Google AdSense – saya mencoba referensi terkait tips mudah blog diterima AdSense. Saya temukan, pahami dan saya praktekkan, dan alhamdulillah sebagaimana yang teman-teman lihat, blog saya sekarang bisa menampilkan iklan AdSense.

internal link eksternal link 3

Bagaimana tipsnya?. Sekarang coba teman-teman arahkan kursor ke menu-menu yang ada di atas dan klik. Kemana link menu itu mengarah?. Jika teman-teman mengkliknya maka akan paham dari apa yang saya maksud dengan tips yang jarang diketahui orang ini. Hehe

Pertahankan penataan menu seperti ini sampai kita mendapatkan persetujuan dari Google AdSense untuk menampilkan iklan. Setelah mendapat persetujuan, silahkan diotak-atik – dikembalikan sebagaimana penataan menu atau submenu yang teman-teman inginkan.

Sekian artikel kali ini mengenai perkuat internal link hapus eksternal link agar lolos peninjauan AdSense. Tips yang saya tuliskan di atas merupakan pengalaman pribadi saat mencoba peruntungan dengan Google AdSense. Selamat mencoba gaes.

Posting Komentar untuk "Perkuat Internal Link Hapus Eksternal Link Agar Lolos Peninjauan AdSense"