Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penasaran Cara Upload Foto Dapat Uang? Begini Tutorialnya: Tips Bisnis Online

KANGIZZA - Siapa yang doyan foto-foto sebelum makan?. Kalau kamu doyan jajan dan makan-makan − ada acara nih supaya hobimu dengan upload foto dapat uang, modalnya pun sederhana, yakni cukup dengan Handphone saja.

Mungkin dari sebagian besar teman-teman akan menebak – ah, paling-paling jadi Selebgram, artis Tiktok, Influencer atau semacamnya – bisa saya berikan jawaban adalah “bukan”. Cara upload foto dapat uang yang akan saya bahas dalam artikel ini sama sekali tidak melibatkan platform sosial media mainstream manapun.

Penasaran bagaimana cara upload foto dapat uang?. Saya harap teman-teman bisa meluangkan waktunya untuk membaca penjelasan selengkapnya di bawah ini, selamat membaca.

Bisnis Online dapat Uang dengan Upload Foto

Jika kita amati, semakin kesini semakin banyak orang yang tertarik dan berusaha menjadi influencer di bidang kuliner. Setidaknya ada dua produk yang dijadikan konten, yakni dengan cara mengupload foto atau video makan-makan mereka ke sosial media mereka dan berharap bisa dapat banyak follower. Dari banyaknya follower ini yang kemudian membuka peluang mereka mendapatkan endorsment.

Nah, kalau alur diatas merupakan cara yang sudah banyak diketahui orang. Untuk kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman tentang bagaimana cara upload foto dapat uang selain dengan menjadi Selebgram atau Influencer.

Pernahkan teman-teman suatu ketika – sedang mencari bahan gambar untuk keperluan tertentu dan tanpa sengaja justru malah mengarah ke sebuah situs bernama shutterstock?. Ya, www.shutterstock.com. Benar di dalam situs ini teman-teman akan mendapatkan beragam foto yang ciamik dengan macam-macam kategori – namun sayang, teman-teman tidak bisa download gambar di dalamnya secara gratis.

Di situs shutterstock inilah saya akan berbagi tentang bagaimana cara kita bisa mudah mendapatkan uang dengan mengupload foto atau video ke dalamnya.

Apa itu www.shutterstock.com?

Sebelum melangkah ke tutorialnya, barangkali kita perlu mengetahui sekilas tentang situs shutterstock terlebih dulu. shutterstock.com adalah website marketplace yang menjual foto dan video yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan komersil seperti pembuatan iklan, artikel majalah, artikel koran, menu restoran, acara dokumenter TV dan sebagainya.

Disini teman-teman bisa menemukan berbagai foto dan video dalam berbagai kategori mulai dari bunga, binatang, pemandangan kota, orang dan sebagainya.

Upload Foto Makananmu dan Dapatkan Uang

Salah satu kategori potensial di dalam situs shutterstock.com yang bisa mendatangkan dolar adalah kategori makanan. Bagi teman-teman yang suka foto-foto saat sebelum makan, atau yang suka foto-foto makanan – sayang kan jika foto-fotonya hanya nongkrong di stori WhatsApp doang, mending kalian upload di Shutterstok dan bisa dapat uang.

Jadi, sistem yang digunakan Shutterstock adalah memperjual belikan konten yang berupa gambar atau video di dalam situs tersebut kepada pengunjung. Dengan membuat akun di situs shutterstock, maka teman-teman berpotensi mendapat uang sesuai ketentuan dengan cara mengupload foto atau video yang menarik dan unik di dalam situs. Nah, apabila dari pengunjung situs tertarik dengan konten teman-teman, maka mereka tidak bisa mengunduhnya secara gratis, tetapi harus membelinya.

Bagaimana cara mendapatkan foto-foto yang keren dan bisa menarik minat para pengunjung shutterstock?. Teman-teman tidak perlu bingung. Kalian bisa memanfaatkan handphone sebagai media untuk membuat konten foto atau video di situs ini. Kalian tidak perlu harus memiliki kamera DSLR yang harganya mahal, cukup dengan Handphone/ Smartphone. Saya rasa, kamera smartphone zaman sekarang sudah oke. 

Teman-teman tinggal banyak-banyak browsing saja untuk melihat-lihat contoh foto-foto yang keren dan latihan bagaimana shoot gambar menggunakan hp. Memainkan angle dan pencahayaan yang cukup, meskipun hanya menggunakan kamera hp – foto yang dihasilkan tidak kalah jauh dengan foto dari kamera DSLR yang profesional. 

Tapi saya tidak jago motret?

Hmm... Jangan putus asa dulu. Coba teman-teman lihat contoh foto-foto kategori street food yang dijual di shutterstock ini.

indonesian street food shutterstock

Kalau melihat sekilas beberapa contoh foto street food di atas, saya rasa orang yang awam tentang dunia fotografi sekalipun bisa menghasilkan foto-foto keren seperti contoh diatas. Tapi perlu diingat – tetap harus banyak-banyak mencari sumber referensi foto sebagai inspirasi dan skill memotret selalu diasah supaya bisa mendapatkan foto yang berkualitas.

Memang dalam beberapa kategori foto di shutterstock membutuhkan perangkat yang lebih mendukung, misalnya kategori prawedding. Tentu foto-foto prawedding tidak cukup jika hanya bermodalkan kamera smartphone saja, kamera DSLR tentu menjadi senjata utama dan ditambah skill fotografi yang profesional pasti dibutuhkan.

Namun kembali ke tema awal, yakni tentang foto makanan. Saya yakin teman-teman bisa menyalurkan karya fotografi di shutterstock dengan bermodal kamera smartphone − memotret makanan-makanan di Indonesia sembari menghasilkan dollar.

Mengapa yang dipotret kok makanan Indonesia?. Nah, akan saya jelaskan di bawah ini.

Upload Foto Makanan Indonesia di shutterstock.com

Perlu dipahami, bahwa shutterstock tidak hanya menjual foto atau video soal makanan saja, melainkan foto apa saja yang memiliki nilai dan daya tarik bagi siapapun yang melihatnya.

Mengapa disini makanan Indonesia yang saya rekomendasikan sebagai konten foto yang kalian upload di shutterstock.com?. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber yang saya peroleh, koleksi foto makanan Indonesia di situs ini masih sedikit, hanya 9% makanan Asia dan bahkan untuk Indonesia sendiri masih sekitar 0,5% dari total foto koleksi di shutterstock secara keseluruhan. Artinya, nilai kompetisi untuk kategori makanan Asia, apalagi Indonesia masih sangat rendah. Nah, disinilah peluang kamu bermain bisnis online upload foto dapat uang dari situs marketplace foto ini.

Metode bisnis online ini bisa saya katakan sangat relevan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia zaman sekarang yang suka memotret makanan sebelum dimakan. Mungkin kalian yang baca artikel ini juga salah satunya. Dengan demikian, maka bermain bisnis online upload foto dapat uang dari situs shutterstock ini merupakan sebuah peluang besar bagi kita sebagai warga negara Indonesia.

Sebenarnya yang menjadi kunci adalah nilai kekhasan Indonesia itu sendiri. Tidak hanya foto soal makanan saja, melainkan hal-hal lain yang berbau Indonesia juga memiliki peluang besar untuk mendapatkan pundi-pundi dolar di shutterstock. Misalnya foto kota, jalanan di Indonesia, orang naik ojek, aktifitas di pasar atau apa saja yang memiliki kekhasan Indonesia.

Logikanya semacam ini, beberapa contoh diatas mungkin bagi kita dan sebagian besar masyarakat Indonesia adalah objek pemandangan yang biasa-biasa saja. Tetapi bagaimana dengan sudut pandang orang luar negeri?. Tentu kesannya berbeda. Bali misalnya, berapa banyak bule yang berkunjung dan berswafoto di area persawahan Bali?. Banyak banget, padahal itu cuma sawah, namun bagi para bule pemandangan sawah itu dinilai memiliki eksotisme tersendiri. Sedangkan sawah bagi kita?. Ya B aja.

Entry point-nya adalah, mereka akan menganggap sesuatu itu istimewa karena jarang melihatnya.

Sama halnya ketika kita melihat bakso, mie ayam, sate ayam dengan sambal kacangnya – jelas terasa biasa, bahkan jajanan kita sehari-hari ya makanan ini. Tetapi bagi perusahaan dan agency di luar negeri yang mencari foto dan video otentik dari Indonesia dan Asia, foto-foto yang kita anggap biasa itu bagi mereka adalah hal yang sangat berharga.

Apalagi Indonesia dengan jumlah penduduk hampir 290 juta merupakan negara besar yang banyak diincar oleh perusahaan-perusahaan internasional untuk memasarkan produk mereka. Jadi, kalau kalian bisa meluangkan waktu untuk mengambil foto atau video yang berkualitas saat di luar kantor, maka kalian punya peluang untuk menjualnya di shutterstock.

Cara Daftar Menjadi Kontributor shutterstock.com

Setelah memahami bagaimana bisnis online di marketplace foto di shutterstock dan alur sistem kita mendapatkan tambahan uang jajan di dalamnya, selanjutnya di bawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara daftar menjadi kontributor shutterstock.com.

  1. Silahkan masuk ke link shutterstock.com 
    upload foto dapat uang 1

  2. Klik pada menu ‘memulai’
  3. Lengkapi formulir pendaftaran dengan mengisikan nama lengkap, nama yang ditampilkan dalam akun, email dan password.
    upload foto dapat uang 2

  4. Berikan centang dalam persetujuan pendaftaran
  5. Klik lanjut
  6. Verifikasi pendaftaran shutterstock dengan masuk ke inbox gmail dan klik link verifikasinya.
  7. Saat login pertama kali di halaman utama kontributor shutterstock, teman-teman diminta untuk melengkapi form alamat lengkap seperti berikut,
    upload foto dapat uang 3

  8. Setelah itu selesai, kalian sudah resmi menjadi kontributor di shutterstock.com

Mulai Upload Foto dan Hasilkan Dolar di Shutterstock

Setelah membuat akun, langkah selanjutnya yang harus teman-teman lakukan adalah memulai mengupload konten foto di situs.

Ada dua cara yang bisa teman-teman pilih untuk dapat mengupload foto di shutterstock, yakni menggunakan PC dekstop/ laptop atau dengan handphone. Kalau di sini, saya lebih merekomendasikan teman-teman menggunakan handphone saja, karena lebih praktis dan bisa meningkatkan mobilitas teman-teman saat ingin mengunggah foto.

Nah, kalau mau pakai hp kalian bisa pergi dulu ke playstore untuk mengunduh aplikasi yang sudah disediakan oleh shutterstock. Ada dua aplikasi shuttertock di playstore, teman-teman pastikan bahwa yang didownload adalah aplikasi contributor shutterstock, bukan yang aplikasi shutterstock biasa – kalau yang biasa itu digunakan untuk membeli foto.

Aplikasi Shutterstock Contributor di Playstore seperti di bawah ini,

aplikasi shutterstock contributor playstore android

Selanjutnya kalau mau upload kalian tinggal Drag and drop aja file-nya dan sistemnya juga akan mendeteksi apakah file kita itu bermasalah atau tidak. Setelah foto diupload nanti juga akan ada panel yang mereview apakah fotonya bisa dijual atau tidak. Kemudian kalau sudah di approve, kita bisa memulai menawarkan foto kita kepada pembeli.

Untuk memperbesar kemungkinan ada yang membeli foto dan videonya, kalian bisa upload foto dan video sebanyak-banyaknya. Lagian juga upload foto di shutterstock ini gratis. Tetapi ingat, teman-teman juga harus menjaga kualitas foto. Jangan sampai objek yang diinginkan blur atau pencahayaannya kurang. Ya karena foto atau video di shutterstock ini rata-rata digunakan untuk kebutuhan media cetak, agensi iklan atau stasiun TV.

Beberapa ketentuan foto yang diunggah di shutterstock diantaranya seperti ukuran foto minimal 4 Mb. Dan yang pasti harus otentik, artinya foto yang akan kalian unggah adalah benar-benar hasil potret sendiri. Dilarang keras menggungah foto hasil comotan dari platform media lain, misalnya dari Google, Facebook, Instagram atau lainnya.

Teman-teman percaya diri saja dengan foto hasil potret teman-teman sendiri. Seperti yang saya rekomendasikan di awal, upload saja foto-foto yang menunjukkan kekhasan Indonesia, bisa makanan, budaya atau yang lainnya untuk membuka peluang mendapatkan uang lebih besar.

Cara Shutterstock Membayar Kontributor

Sebenarnya berapa penghasilan yang didapat oleh kontributor shutterstock?. Tidak ada pakem berkaitan dengan ini. Namun secara garis besar, prinsipnya sama dengan Blogger, Youtuber atau pekerja lepas digital lainnya – penghasilan akan berbanding lurus dengan seberapa berkualitas konten yang kita tampilkan. Berkaitan dengan Shutterstock, semakin banyak foto yang diunggah, semakin berkualitas foto yang kita hasilkan, maka semakin besar pula peluang foto kita dilirik oleh pengunjung, dan peluang foto kita dibeli akan semakin besar.

Shutterstock akan mencairkan penghasilan kita jika sudah mencapai 35 $ setiap bulannya. Apabila dalam satu bulan belum memenuhi ambang batas ini, maka akan diakumulasikan dengan penghasilan di bulan berikutnya.

Untuk metode pembayarannya, teman-teman bisa menggunakan PayPal yang kemudian disinkronkan dengan rekening bank yang dimiliki.

Nah, demikian informasi mengenai bisnis online dengan upload foto dapat uang di shutterstock.com. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman.

Salam.