Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukber Secara Virtual? Caranya Gimana? Ini Dia Tipsnya

bukber secara virtual

KANGIZZA - Ramadhan tahun ini kamu sudah dapet undangan bukber belum? Sudah coba bukber secara virtual? Ini bisa menjadi salah satu solusi biar acara bukber kamu tidak hanya sebatas wacana di group WA. 

Perlu diketahui sebelumnya bahwa di Indonesia sendiri memang mempunyai sebuah tradisi berbuka puasa dengan melibatkan banyak orang yang biasa disebut dengan buka bersama

Sudah bisa dipastikan kalau setiap setahun sekali di bulan Ramadhan kita selalu mendapatkan undangan untuk ikut acara buka bersama, baik itu dengan teman sekantor, teman main, alumni sekolah mulai dari SD sampai dengan kuliah, alumni pacar yang siapa tau bisa balikan, belum lagi dengan keluarga. 

Selain untuk menjalin tali silaturahmi, acara buka bersama ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk melepas rindu dengan teman atau saudara yang memang sudah jarang bertemu.

Buka Bersama Secara Virtual

Sejak pandemi covid-19 menyerang Indonesia kurang lebih dua tahun lalu, mau tidak mau tradisi buka bersama harus ditiadakan dahulu. Hal ini dilakukan karena memang aturan dari pemerintah Indonesia  yang melarang masyarakatnya untuk berkerumun, dan sebagai warga Indonesia yang baik tentu kita harus mentaati semua aturan yang dibuat oleh pemerintah. 

Karena tidak boleh berkerumun dengan banyak orang, dampaknya hampir semua kegiatan hanya bisa dilakukan secara online seperti belajar, bekerja, rapat, dan juga bersilaturahmi hanya bisa dilakukan lewat layar ponsel atau laptop.

Virus corona memang sudah sangat merubah kebiasaan masyarakat Indonesia dari semua sisi, dengan keadaan seperti ini kita dituntut untuk bisa beradaptasi untuk mencegah penyebaran virus yang sudah merenggut banyak nyawa ini. 

Namun yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bisakah acara-acara yang sudah menjadi tradisi kita seperti buka bersama bisa dilakukan secara virtual? Mengingat kita harus selalu mentaati prokes (Prosedur Kesehatan) 5 M : Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi. 

Menurut admin pribadi dengan melaksanakan acara buka bersama secara virtual merupakan salah satu pilihan yang tepat dan juga bijaksana dalam mendukung program pemerintah untuk menekan angka korban covid-19 di Indonesia.

Sama halnya seperti belajar dan juga bekerja secara virtual, kamu juga bisa melakukan acara bukber secara virtual, selain bisa menjangkau ke seluruh wilayah karena berbasis online kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk makan dan beli bensin, enak kan? Yang penting kamu dan teman-teman kamu harus menentukan aplikasi apa yang akan dipakai.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk melaksanakan acara bukber virtualmu, seperti aplikasi zoom, Cisco Webex, Skype, Whatsapp, dan lain sebagainya. Kamu tinggal menentukan satu aplikasi yang cocok dan sudah disepakati oleh semua teman-teman kamu.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah bisa seru bukber secara virtual? mengapa tidak? Tentu saja bisa dong!

Seru atau tidaknya sebuah acara itu tergantung kreatifitas kamu, bagaimana cara kamu sebagai panitia atau ketua mengemasnya. Bisa menggunakan peraturan misalnya semua peserta bukber harus selalu siap di depan layar gawai elektronik atau laptopnya masing-masing. Jangan tutup kamera agar semua peserta bukber bisa melihat wajah-wajah dari setiap masing-masing peserta bukber virtual.

Tips Bukber Secara Virtual

Ada banyak sekali ide yang bisa kamu gunakan untuk menambah keseruan bukber virtual. Mau tahu? Berikut beberapa tips agar acara bukber virtualmu semakin seru.

1. Tebak-tebakan

Untuk mengatasi kejenuhan sambil menunggu waktu berbuka tiba, kamu bisa membuat acara tebak-tebakan. Misalnya tebak suara peserta, tebak menu berbuka puasa atau bisa juga dengan tebak-tebakan receh seperti contoh siapa artis yang paling ditunggu di bulan puasa? Jawabanya Afgan maghrib.

2. Rasa kebersamaan

Nuansa kebersamaan akan lebih terasa ketika kita bisa makan bersama saat berbuka puasa, seolah kita mempunyai rasa yang sama dalam menjalani ibadah puasa. Atau ketika kita bisa saling memandang busana yang seragam baik itu warna, model, gaya atau apa saja yang bisa meninggalkan sebuah kesan tersendiri waktu dijepret oleh sebuah kamera. Iya kan? 

3. Saling mengirim makanan

Salah satu tips yang bisa menjadikan acara bukber virtual bisa menjadi lebih berkesan adalah dengan cara saling mengirimkan makanan. Selain bisa menjadi ladang pahala karena memberikan makanan kepada orang lain untuk berbuka puasa cara ini juga dapat memberikan kesan yang lebih mendalam untuk diingat di masing-masing peserta. Kamu bisa memanfaatkan layanan pesan antar makanan yang ada di daerahmu.

Itulah beberapa tips bukber secara virtual. memang akan sangat berbeda dengan bukber secara langsung namun tidak ada salahnya untuk mencoba mengingat pandemi covid-19 masih merajalela, ya setidaknya bisa sedikit mengobati rasa kerinduan dengan teman-teman seperjuangan. 

Kamu tidak bisa menghentikan matahari yang terbenam tetapi kamu bisa menghentikan virus corona dengan cara di rumah saja. 

Selamat mencoba bukber virtual, jangan lupa jaga kesehatan dan tetap semangat!

Salam.