Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Grogi Saat Wawancara Kerja? Lakukan Tips Ini untuk Mengatasinya

KANGIZZA - Memiliki pekerjaan tetap adalah cita-cita yang lumrah dari kebanyakan orang. Tapi pekerjaan yang nyaman dan gaji yang menyenangkan tidak serta mudah untuk didapatkan, butuh komitmen dan usaha yang ekstra agar bisa mendapatkannya.

mengatasi grogi saat wawancara kerja

Apakah Anda sedang mencari tips cara agar tidak gugup saat berbicara dalam wawancara?. Sekarang Anda sedang berada pada blog yang tepat.

Tidak jarang bagi sebagian orang, gugup berbicara saat interview kerja menjadi sebuah momok. Mungkin Anda juga mengalaminya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir. Karena dalam artikel ini saya akan membagikan tips kepada Anda agar tidak melakukan kesalahan fatal saat interview.

Ada beberapa tahapan ketika kita akan melamar pekerjaan di suatu tempat/kantor yang kita inginkan. Mulai dari membuat surat lamaran, membuat CV (curriculum vitae), melakukan tes tulis, tes wawancara, dan sampai kita diterima bekerja (Amiin... Harapan terakhirnya pasti dong ingin diterima :-D ). Dari beberapa tahapan tadi, yang menjadi momok paling menakutkan adalah menjawab pertanyaan pada saat interview. Banyak yang gugur pada bagian ini, kira-kira kenapa kok banyak yang gugur pada tes ini ???

Jika melihat dari beberapa orang yang saya temui alasan paling pokok kenapa selalu gagal pada tes wawancara ini adalah kurangnya rasa percaya diri, persiapan yang kurang matang, dan baru pertama kali di wawancara. Sedih juga ya... Ketika kita sudah melewati beberapa tahapan dan harus gagal karena tidak lolos pada saat tes wawancara saja :-( .

Tips Mengatasi Grogi Saat Wawancara Kerja

Dari sekian banyak pertanyaan yang sudah penulis simpulkan, intinya disini penulis akan membagikan tips cara agar tidak gugup saat berbicara dalam wawancara . Yuk langsung aja...

1. Persiapkan apa yang ingin disampaikan pada saat wawancara

Meskipun pada saat wawancara pertanyaan yang disampaikan selalu acak, tapi semuanya saling berkaitan. Biasanya di mulai dari siapa diri Anda, tempat tinggal Anda dimana, kegiatan apa yang sehari-hari Anda lakukan, atas motivasi apa Anda melamar pekerjaan disini, dan masih banyak lagi. Tapi intinya itu-itu saja.

2. Percaya diri

Jika Anda sudah mempersiapkan apa yang ingin disampaikan, yang kedua yang harus dilakukan adalah percaya diri. Kenapa ini menjadi penting ?? Karena sebagus apa pun persiapan Anda, jika Anda tidak percaya diri saat memaparkannya hasilnya akan kurang maksimal juga. Jadi percaya diri saja dengan apa yang sudah Anda persiapkan.

3. Belajar menggunakan bahasa yang baik dan benar saat wawancara

Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi nilai tambah untuk Anda pada saat wawancara, jadi mulailah belajar menggunakan bahasa yang baik dan benar. Bagaimana caranya?.

Tidak ada cara lain untuk belajar hal ini selain dengan banyak-banyak membaca buku guna menambah perbendaharaan kosa kata kita, dan membiasakan diri berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pembiasaan ini bisa kita lakukan saat berada di dalam forum-forum formal, seperti sesi diskusi dalam kelas perkuliahan atau saat berada di forum-forum musyawarah organisasi.

Dari ketiga hal tersebut jika Anda bisa menguasainya, tidak akan ada lagi grogi saat tes wawancara.

Poin penting yang tidak luput dari penilaian saat wawancara adalah etika, karena ini adalah cerminan dari kepribadian Anda. Jadi biasakanlah untuk selalu beretika baik dimana pun Anda berada.

Etika saat diwawancara bisa Anda lakukan seperti mengucapkan salam sebelum masuk ruang interview, duduk dengan posisi yang sopan, menjawab setiap pertanyaan dengan jelas, tidak memotong pembicaraan, bersikap objektif, dan fokus dengan pewawancara. Dan jangan lupa, selalu ramah jangan terlalu kaku :-D.

Ketika tips-tips diatas sudah anda siapkan dengan maksimal, jangan lupa untuk selalu berdoa. Baik sebelum wawancara, begitupun setelah wawancara.

Berikut doa agar tidak gugup saat interview kerja :

Rabbisy rahli shodri wa yassir li amri wahlul 'uqdatan min lisani yafqohu qouli.

Artinya:

" Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

Karena manusia hanya bisa berusaha, untuk hasilnya pasrahkan pada Yang Maha Kuasa. Dan selalu tancapkan keyakinan dalam diri Anda bahwa tidak ada hasil yang menghianati usaha.

Berdasarkan pengalaman penulis, hal-hal tersebut cukup sukses untuk mengatasi permasalahan dalam wawancara, dan alhamdulillah hasilnya pun memuaskan. Selamat berjuang dan berusaha.

Salam